uefau17.com

Jokowi Pakai Sepatu Lokal Saat Kunjungan ke Lampung, Sempat Dipakai Waktu Ketemu Elon Musk - Lifestyle

, Jakarta - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Lampung beberapa hari lalu menyisakan berbagai cerita menarik. Selain mobil dinasnya yang hampir terperosok saat menyusuri jalan rusak, penampilan Jokowi juga ikut mencuri perhatian.

Meski hanya mengenakan kemeja putih dan celana hitam yang kerap jadi andalannya,  Jokowi terlihat modis dengan sneakers hitam yang ia kenakan. Hal itu terlihat dalam sebuah foto yang ia bagikan di akun Twitternya pada 5 Mei 2023.

Dalam potret tersebut, Jokowi yang mengenakan peci hitam sambil tersenyum terlihat sedang memakai kaus kaki berwarna putih usai melakukan sholat Jumat di di Masjid Raya Airan, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat siang, 5 Mei 2023.  Di depannya, terlihat sepasang sepatu hitam.

Jika dilihat lebih dekat, sepatu tersebut kerap dikenakan Jokowi di beberapa kesempatan, salah satunya saat bertemu CEO Twitter Elon Musk di tahun lalu.  Sepatu atau sneakers tersebut adalah salah satu koleksi dari NAH Project, yaitu brand sepatu lokal ternama asal Bandung yang memproduksi sepatu dan apparel dengan kualitas Global Standard dengan berbagai jenis dan model.

Koleksi tersebut memiliki detail warna hitam hingga bagian talinya dan bagian sol sepatunya berwarna putih. Koleksi NAH Project yang dikenakan Jokowi ternyata adalah koleksi yang cukup murah yaitu seharga Rp400 ribuan.

Tak hanya Jokowi, penampilan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang duduk di sebelah Jokowi juga ikut mencuri perhatian. Meski kompak mengenakan kemeja putih dan celana hitam serta peci hitam seperti Jokowi, ia terlihat modis memakai sneakers brand lokal asal Bandung, Compass.

Menteri yang akrab dipanggil Zulhas ini terlihat mengenakan koleksi Retrograde dari Compass. Model sepatu berwarna biru ini mirip koleksi merek Gazelle yang populer pada 80 dan 90an di Indonesia. Harga sepatu yang dikenakan Zulhas sedikit lebih mahal dari harga sneakers yang dikenakan Jokowi, yaitu sekitar Rp500 ribu. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Sepatu Zulkifli Hasan

Pertemuan Presiden Jokowi dan Elon Musk di tahun lalu mencuri atensi banyak pihak. Momen ini tercatat berlangsung di Markas SpaceX, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022, waktu setempat.

Kunjungan Jokowi ke pabrik produksi roket itu ternyata juga menarik perhatian publik Malaysia. Gara-garanya adalah sepatu yang dipakai kedua kepala negara. Warganet membandingkan milik Jokowi dengan Perdana Menteri (PM) Malaysia pada saat itu, Ismail Sabri Yaakob.

"Sahabat Twitter, mau kasih tahu sepatu yang dipakai Jokowi tempo hari ketika bertemu Elon Musk di USA itu adalah merk Project NAH buatan Bandung, Indonesia," tulis akun Twitter @syedakranim dalam bahasa Melayu, Senin, 16 Mei 2022.

"Harganya sekita RM112 (senilai sekitar Rp375 ribu). Pria ini (Jokowi) benar-benar mau majukan negaranya, sehingga hal kecil ini pun dia pikirkan," sambungnya. Cuitan itu sontak menarik banyak respons dari warganet Malaysia maupun Indonesia.

"Coba ya aku screenshoot mau dikasih ke Perdana Menteri Malaysia sama menteri-menteri lain," komentar seorang warganet. "Pak Jokowi sederhana dan jadi tendsetter ya," komentar warganet lainnya. 

3 dari 4 halaman

Pernah Ditegur Jokowi Soal Sepatu

Masih soal sepatu Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan atau Menko Luhut mengaku pernah ditegur Presiden Jokowi karena kerap memakai sepatu impor ketimbang buatan dalam negeri. Sepatu yang dikenakan Luhut itu bermerek Salvatore Ferragamo buatan Italia.

"Pernah Presiden (Jokowi) tegur saya, Pak Luhut pakai sepatu apa?. Saya bilang, Salvatore Ferragamo. Dulu saya nggak pernah pakai sepatu dalam negeri karena nggak cocok menurut saya. Jadi, saya pakai sepatu brand," ujar Luhut dalam acara Anugerah Bangga Buatan Indonesia (ABBI) 2022 melansir kanal Bisnis , Rabu (14/12/2022).

Mendapati jawaban tersebut, Presiden Jokowi meminta Luhut untuk mencoba menggunakan sepatu produk dalam negeri. Luhut memaklumi keinginan Jokowi tersebut demi mendukung produk UMKM yang berkualitas baik. Luhut mengaku tak butuh waktu lama untuk menemukan sepatu lokal yang berkualitas baik.

Meski tak menyebutkan nama mereknya, ia mengakui sepatu lokal yang dikenakan lebih nyaman ketimbang sepatu buatan Italia tersebut. Luhut pun mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk mau membeli produk-produk buatan UMKM domestik, sebab kualitas produk lokal kini bisa bersaing dengan brand internasional.

4 dari 4 halaman

Sepatu Iriana Jokowi Saat ke Bali

Di sisi lain, sepatu yang dikenakan Iriana Jokowi beberapa kali jadi sorotan. Apa yang dikenakan ibu tiga anak ini bisa selalu menarik perhatian banyak orang. Saat mendampingi Jokowi saat kunjungan kerja ke Bali pada 13 Maret 2023 lalu.

Ia terlihat mengenakan atasan gaun tangan panjang warna merah muda dan putih serta hijab warna ungu serta masker warna putih. Iriana melengkapi penampilannya dengan sneakers cokelat muda dan bawahan kain etnik dengan warna dasar cokelat. Sementara, Jokowi mengenakan beskap putih dan kain etnik berwarna senada dengan sang istri.

Ia melengkapi penampilannya dengan udeng (ikat kepala khas Bali) dan sepatu sandal warna hitam. Yang menarik, sepatu yang dikenakan Iriana bukan sneakers biasa karena setelah ditelurusi merupakan keluaran brand mode mewah dari Inggris, Burberry.

Sneakers dengan warna dasar cokelat dengan garis warna merah, hitam dan putih merupakan tipe House Check Low-Top Sneakers. Dilihat dari laman Farfetch, harga sepatu itu adalah 539 dolar AS atau sekitar Rp8 juta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat