uefau17.com

Koleksi Sarimbit Baju Lebaran 2023 dari Ria Miranda, Terinspirasi dari Perajin Songket Minang - Lifestyle

, Jakarta - "Baju baru, alhamdulillah. Untuk dipakai di Hari Raya," itulah secuplik lirik lagu Baju Baru yang dinyanyikan Dhea Ananda yang menggambarkan tradisi memakai baju baru di hari Lebaran. Dilaporkan bahwa tingkat penjualan baju Lebaran 2023 meningkat sejak Februari 2023. Di antara banyak koleksi, jenis sarimbit alias baju muslim keluarga adalah yang terlaris di Tokopedia.

"Berbagai produk fashion muslim mengalami peningkatan transaksi yang signifikan di Tokopedia. Blus muslim meningkat dua kali lipat, gamis dan kaftan masing-masing 2,5 kali lipat, baju koko 3,5 kali lipat dan baju muslim keluarga empat kali lipat," kata Category Development Senior Lead Tokopedia, Aldhy Darmayo dalam Media Briefing Tokopedia Hadirkan Ramadan in Style 2023 untuk #LengkapiRamadan Masyarakat di Jakarta, Jumat, 31 Maret 2023. 

Sarimbit pula jadi kekhasan bagi brand modest fashion Ria Miranda. Chief Commercial Officer Ria Miranda Yaya Wulandari menyebut sarimbit dalam koleksi Raya sudah ada sejak 2015. Dari tahun ke tahun, koleksi sarimbit diakuinya selalu habis terjual.

Pada lebaran tahun ini, pihaknya menyiapkan dua jenis koleksi sarimbit, yakni reguler dan signature, yang bertema Sangsata, terinspirasi dari benang emas yang dipakai perajin songket di kampung halaman Ria Miranda di Sumatera Barat. Koleksi sarimbit reguler bersifat lebih massal dengan kuantitas yang diproduksi mencapai 50 ribuan potong.

Sementara, koleksi signature menyasar kalangan high end dengan jumlah produksi terbatas. Desainnya pun dibedakan dengan reguler lebih minim detail dan aksesori dibandingkan koleksi signature.

"Kita udah first launching (koleksi reguler) starting di tanggal 12 Maret... Koleksi Raya reguler udah launching semua, (koleksi) Ria Miranda Signature minggu ini," ucap Yaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tantangan Mendesain Koleksi Baju Lebaran Sarimbit

Yaya menjelaskan pihaknya menyiapkan lima varian koleksi sarimbit reguler yang terdiri dari busana untuk ibu, bapak, anak laki-laki, dan anak perempuan. Benang merah dari masing-masing varian adalah motif dasar dan warna senada.

"Tantangannya (merancang koleksi sarimbit) yang nge-matchingin style laki-laki agar masuk ke baju ibu. Baju ibu-ibu motifnya lebih heavy dan warnanya beragam dari pakaian untuk bapak-bapak, dan laki-laki enggak mau terlalu colorful. Enggak mungkin pakai bunga-bunga elemen dari perempuan dimasukkin ke baju laki-laki," ia menerangkan.

Pihaknya menyiasatinya dengan hanya mengambil detail songket untuk motif utama busana laki-laki, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Sementara, motif songket digunakan sebagai motif dasar yang dilapisi motif bunga-bunga dalam rangkaian busana perempuan dan anak perempuan. Koleksi sarimbit itu dijual secara satuan.

"Kalau tidak mau yang sarimbit, kita juga siapkan yang koleksi lain. Tetap bisa matching warna. Ibu-ibu yang enggak suka dress, bisa pilih top atau tunik yang matching warna dengan bapaknya," kata Yaya. Pilihan warna yang tersedia juga beragam, dari pastel, warna terang, hingga warna bold.

 

3 dari 4 halaman

Rentang Harga Koleksi Sarimbit Ria Miranda

Yaya menyampaikan proses produksi seluruh koleksi raya sudah diselesaikan. Range harga koleksi reguler variatif. Untuk busana perempuan dewasa, rentang harganya dari Rp750 ribu hingga Rp1,25 juta. Sementara, busana koko bapak di rentang harga Rp750 ribu hingga Rp900 ribu. 

"Untuk anak perempuan, dari Rp450 ribu sampai Rp700 ribu. Anak laki-laki juga sama," katanya.

Di sisi lain, ia menjelaskan harga koleksi Signature lebih tinggi dari koleksi reguler, tanpa menyebutkan detailnya. Itu, kata dia, karena prosesnya dibuat tangan oleh perajin lokal, khususnya saat pembordiran dan pemasangan payet. Di samping, pihaknya mengembangkan material kain sendiri yang jelas membutuhkan waktu.

Secara umum, permintaan konsumen untuk koleksi baju muslim Ria Miranda, kata Yaya, sudah terasa sejak awal 2023. Peningkatannya cukup signifikan. Dari Januari sampai Maret 2023, omzet meningkat 127 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.

"Ini mungkin orang merasa saatnya keluar rumah lagi. Sisi konsumtifnya meningkat, terlihat dari jumlah transaksi. Animonya sudah terlihat dari awal tahun," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Permintaan Baju Lebaran pada Ramadhan 2022

Sementara itu, Aldhy menyatakan tren belanja produk fashion muslim lewat Tokopedia meningkat pesat memasuki awal Ramadhan. "Fesyen, termasuk Fesyen Muslim, menjadi salah satu kategori yang paling banyak diburu masyarakat selama awal Ramadan 2023. Tren ini sama seperti tahun lalu," jelas Aldhy. 

"Berkat inisiatif Hyperlocal dan berbagai manifestasinya, seperti Dilayani Tokopedia**, kami melihat adanya peningkatan tertinggi jumlah penjual produk fashion muslim selama awal Ramadan 2023 di Tasikmalaya (Jawa Barat), Bandung (Jawa Barat), Cirebon (Jawa Barat), Surakarta (Jawa Tengah) dan Surabaya (Jawa Timur) dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat," papar Aldhy.

Peningkatan tertinggi jumlah pembeli produk fesyen muslim di awal Ramadan 2023 terjadi di Banyuwangi (Jawa Timur), Serang (Banten), Balikpapan (Kalimantan Timur), Makassar (Sulawesi Selatan), hingga Medan (Sumatera Utara) dengan rata-rata peningkatan hampir dua kali lipat.

Sedangkan, Banyuwangi (Jawa Timur), Subang (Jawa Barat), Balikpapan (Kalimantan Timur), Bandar Lampung (Lampung) dan Makassar (Sulawesi Selatan) menjadi wilayah dengan peningkatan transaksi produk fashion muslim tertinggi. Rata-rata peningkatannya dua kali lipat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat