uefau17.com

Terjun ke Bisnis Kecantikan, Cathy Sharon Justru Senang Punya Banyak Saingan - Lifestyle

, Jakarta Presenter yang merupakan mantan VJ MTV, Cathy Sharon kini tak begitu banyak muncul di televisi maupun aktif di dunia hiburan. Ibu dua anak tersebut justru tengah sibuk berbisnis di bidang kecantikan.

Jika melihat unggahan Instagramnya, tentu publik sudah tahu bahwa ia mendirikan sebuah label kecantikan bernama SADA by Cathy Sharon. Wanita berusia 40 tahun ini sering mempromosikan bisnis kecantikan miliknya tersebut berupa makeup mulai dari lipstik, lip tint, hingga eyeliner dan riasan untuk mata. 

Ketika ditanya soal alasan terjun ke bisnis, ia mengungkapkan hal itu adalah pengalaman yang mengajarkan dirinya banyak hal.  "Bagaimana caranya bekerja sama dengan sebuah tim. Belajar dari dulu di dunia entertainment ngurusin diri sendiri, kalau di sini ngurusin perusahaan adalah sebuah pohon beringin yang ada banyak orang bernaung di bawahnya," ungkap Cathy saat ditemui di kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan, Selasa (28/2/2023). 

Lantaran kini bekerja di perusahaan, maka ia pun sebisa mungkin memberikan keputusan-keputusan yang terbaik. Berbeda saat ia berada di dunia entertainment, Cathny kini cenderung memiliki banyak waktu sebab memang hal itu yang jadi alasannya terjun ke bisnis.

"Kalau dunia entertaint memang tidak ditinggalkan semua, saya masih kadang menjadi bintang tamu hal seperti itu. Tapi kalau syuting yang memakan waktu sudah tidak bisa," ungkapnya.

Meskipun terjun ke bisnis ada tantangannya salah satunya harus bersaing dengan banyak produk lainnya yang tak kalah bagus. "Kalau saya melihat dalam berbisnis kalau ada saingan justru malah seneng, berarti kan pertumbuhan ekonomi juga," sambung Cathy.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persaingan Membuat Lebih Baik

Apalagi bisnis kosmetik seperti yang digarapnya, justru baginya akan lebih meriah. "Kalau banyak saingan maka kualitas produk kita akan lebih baik," tukasnya. 

Dengan adanya persaingan produk yang ada semakin baik dan mungkin bisa menjadi sebuah produk global tidak hanya skala nasional.  Lebih lanjut, sebagai pebisnis, Cathy mengungkap tidak akan menggunakan produk yang dirinya sendiri tidak cocok menggunakan. 

"Jadi saya menjadi barometer paling tinggi. Kalau saya tidak puas tidak akan mengeluarkannya jadi saya akan selalu mencoba mengeluarkan produk yang berkualitas dan membuat saya ingin menggunakan setiap hari," sebutnya lagi. 

Adapun setelah tak lagi di dunia hiburan sistem kerja dari jam 9 pagi ke jam 5 sore juga sudah menjadi kebiasaannya. Begitu juga yang berubah adalah caranya berpakaian. Cathy mengaku kini lebih sering tampil dengan office look. "Saya melihatnya style saya berubah justru karena saya sekarang pergi ke kantor,"

Melihat fesyen dirinya yang sekarang dari 10 tahun yang lalu ia kini lebih banyak mencari outfit berupa kemeja. Seperti tampilan yang lebih modest wear, lebih tertutup, karena sering berada di dalam ruang ber AC. 

"Nggak beda-beda jauh hanya lebih panjang, lebih office wear," kata Cathy. 

3 dari 4 halaman

Berbisnis Tak Mudah

Sementara itu mengutip kanal Showbiz , 26 Agustus 2023, selama tiga tahun terakhir, Cathy Sharon jadi business woman. Ia mendirikan brand kosmetik Sada yang sukses di pasar. Bagi kakak Julie Estelle, berbisnis merupakan keluar dari zona nyaman. Puluhan tahun menekuni modeling, akting, dan presenting, sekarang Cathy Sharon jualan.

Cathy mengenang, setelah menjadi single mom, ia tak punya banyak waktu buat anak-anak. Kini jadi titik balik Cathy Sharon untuk mencari pendapatan yang berkelanjutan untuk diri sendiri dan keluarga tanpa terlalu sering meninggalkan anak-anaknya. Akhirnya ia menekuni bisnis di bidang kecantikan.

“Beauty kenapa jadi ide pertama karena di entertainment ada elemen kostum dan makeup. Kita bertemu penata rias tiap hari, makeup tiap hari. Actually waktu gue kerja di MTV, sering banget makeup sendiri pagi-pagi karena gue malas bangun pagi,” katra Cathy Sharon.

Ketika jadi VJ MTV, ia belajar trik merias wajah. Kenangan tersebut membuatnya tertarik mencoba berbisnis kosmetik merek Sada. Seiring waktu, Sada jadi salah satu linis kosmetik rintisan artis yang sukses. Tetapi, kesuksesan ini bukan tanpa rintangan.

4 dari 4 halaman

Me Time

Ia menyambung, "Buat saya yang lumayan menantang kalau dulu saat jadi entertainer terbiasa diurus. Kalau ini, kan kita harus mengurus dan mengatur orang lain. Mengatur perusahaan dan tim. Mengatur orang itu ternyata melelahkan."

Karenanya, Cathy Sharon berupaya menciptakan keseimbangan hidup salah satunya dengan me time. Ada empat kegiatan me time ala Cathy Sharon.

"Me time buat gue tentu saja kumpul bareng anak-anak. Selain itu sebagai perempuan, jelas shopping dan traveling. Gue senang banget. Menurut gue saat kita berpergian, itu membuka mata dan pikiran untuk inspirasi. Dan satu lagi, gue suka makan,” Cathy menambahkan.

Me time versi Cathy tak sampai mengobrak-abrik kantong. Ternyata, ia berkomitmen mengelola keuangan berdasarkan skala prioritas dari belanja, menabung, sampai investasi. Mematuhi skala prioritas secara konsisten adalah kunci keuangan yang sehat. 

Tak kalah penting dalam berbisnis dan mengelola keuangan yaitu hati-hati membuat keputusan lalu mengaturnya saksama. "Selain disiplin gue harus konsisten dengan rencana keuangan. Jangan hari ini ya besok enggak,” sebut Cathy.  

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat