uefau17.com

Profesor di Kampus Bergengsi Dikecam Usai Sarankan Lansia Jepang untuk Bunuh Diri - Lifestyle

, Jakarta - Seorang profesor di Yale University telah memicu kemarahan. Kecaman datang menyusul pernyataannya yang menyarankan warga lanjut usia atau lansia Jepang harus mengambil bagian dalam "bunuh diri massal" dengan mengeluarkan isi perutnya untuk membantu negara tersebut menangani populasinya yang menua dengan cepat.

Dikutip dari New York Post, Selasa, 14 Februari 2023, pria bernama Yusuke Narita adalah asisten profesor ekonomi di sekolah Ivy League. Pria berusia 37 tahun itu telah memperoleh ratusan ribu pengikut di media sosial saat dia menggembar-gemborkan solusi kontroversial sekaligus memicu kemarahan publik lewat berbagai wawancara dan publikasi, New York Times melaporkan.

"Saya rasa satu-satunya solusi sudah cukup jelas," kata Narita saat program berita di akhir 2021. "Pada akhirnya, bukankah itu bunuh diri massal dan 'seppuku' massal orang tua?" tambahnya, merujuk pada praktik mengeluarkan isi perut yang digunakan oleh samurai yang tidak dihormati pada akhir abad ke-19.

Tahun lalu, Narita menjawab pertanyaan seorang anak laki-laki tentang seppuku dengan memberi tahu sekelompok siswa tentang sebuah adegan dari "Midsommar". Ini adalah sebuah film pada 2019 di mana sekte Swedia mengirim salah satu anggota tertuanya untuk melompat dari tebing.

"Apakah itu hal yang baik atau tidak, itu pertanyaan yang lebih sulit untuk dijawab," kata profesor itu. "Jadi, jika menurut Anda itu bagus, mungkin Anda bisa bekerja keras untuk menciptakan masyarakat seperti itu."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Singgung Eutanasia

Dia juga telah membahas eutanasia, memprediksi bahwa "kemungkinan menjadikannya wajib di masa depan" akan menjadi bagian dari wacana publik. Narita mengatakan kepada Times bahwa komentarnya telah "diambil di luar konteks" dengan mengatakan dia merujuk pada upaya untuk mendorong orang tua keluar dari posisi kepemimpinan dalam bisnis dan politik.

"Saya seharusnya lebih berhati-hati tentang potensi konotasi negatifnya," katanya kepada surat kabar itu tentang frasa "bunuh diri massal" dan "seppuku massal", dengan mengatakan bahwa itu adalah "metafora abstrak".

"Setelah beberapa refleksi diri, saya berhenti menggunakan kata-kata itu tahun lalu," tambah Narita.

Di Jepang, sang profesor mendapatkan pengikut dari kalangan pemuda yang memercayai bahwa kemajuan ekonomi mereka telah dihalangi oleh orang tua yang berkuasa. Dalam bio Twitter berbahasa Jepang, ia menyertakan keterangan, "Hal-hal yang menurut Anda tidak boleh Anda katakan biasanya benar."

Para pencela Narita menolak pernyataan kontroversialnya. "Ini tidak bertanggung jawab," kata jurnalis Masaki Kubota, menurut Times, menambahkan bahwa orang "mungkin berpikir, 'Oh, kakek nenek saya adalah orang yang hidup lebih lama dan kita harus menyingkirkan mereka.'"

3 dari 4 halaman

Mengancam Keberadaan Lansia

Kolumnis Newsweek Jepang Masato Fujisaki mengatakan para pendukung Narita "percaya orang tua seharusnya sudah mati dan kesejahteraan sosial harus dipotong." Beberapa orang khawatir pandangan Narita mendapatkan daya tarik di negara di mana generasi yang lebih tua secara tradisional dihormati.

Pada 2013, Menteri Keuangan saat itu Taro Aso mengatakan para lansia harus "cepat mati" untuk menghemat biaya perawatan medis mereka. Tahun lalu, sebuah film distopia oleh pembuat film Jepang Chie Hayakawa disebut "Plan 75" membayangkan penjual menawarkan insentif kepada warga lanjut usia untuk melakukan eutanasia sendiri dan tidak lagi menjadi beban masyarakat.

Alexis Dudden, seorang sejarawan di University of Connecticut yang mempelajari Jepang modern, mengatakan kepada Times bahwa Narita "tidak berfokus pada strategi yang membantu seperti akses yang lebih baik ke penitipan anak atau penyertaan perempuan yang lebih luas dalam angkatan kerja atau penyertaan imigran yang lebih luas." Dia menambahkan: "Hal-hal yang mungkin benar-benar menyegarkan masyarakat Jepang."

 

4 dari 4 halaman

Perlukah Dilegalkan?

Beberapa survei di Jepang menunjukkan bahwa mayoritas penduduk mendukung legalisasi eutanasia sukarela, menurut surat kabar tersebut. Tetapi, Fumika Yamamoto, seorang profesor filsafat di Tokyo City University, mencatat bahwa setiap negara yang telah melegalkannya hanya "mengizinkannya jika orang tersebut menginginkannya sendiri."

Narita mengirim email ke Times bahwa "eutanasia (baik sukarela atau tidak) adalah masalah yang kompleks dan bernuansa. Saya tidak menganjurkan pengenalannya," jelasnya. "Saya memperkirakan ini akan dibahas secara lebih luas."

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit.

Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/ apps/details?id=com.tldigital. sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.   

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat