uefau17.com

Pasang Surut Hidup Macaulay Culkin, Bersinar karena Home Alone dan Meredup karena Konflik Keluarga - Lifestyle

, Jakarta - Home Alone jadi salah satu film yang kerap diputar setiap Natal tiba. Nama Macaulay Culkin pun kembali dibicarakan. Padahal, mantan bintang cilik kelahiran New York, 26 Agustus 1980 itu tak lagi aktif di layar lebar maupun layar kaca.

Dikutip dari iMDB, Minggu (25/12/2022), Culkin pertama kali masuk dunia hiburan di usia 4 tahun. Ia tampil di pertunjukan Off-Broadway, seperti The Nutcracker bersama New York City Ballet. Pada usia 8 tahun, ia membintangi film Rocket Gibraltar (1988) dan See You in The Morning (1989) yang mendapat ulasan positif dari The New Yorker dan The New York Times.

Namun, namanya baru melejit setelah membintangi Home Alone (1990) yang disutradarai oleh Chris Columbus. Sang sutradara awalnya mempertimbangkan aktor cilik lain sebagai pemeran utama. Namun, pilihan akhirnya jatuh kepada Mack, nama panggilannya, setelah ia dipanggil kembali untuk mengikuti proses casting berikutnya.

Mack saat itu diminta menghapal dua adegan. Sejak itu, Columbus yakin bahwa ia telah menemukan Kevin McCallister pada diri Culkin. Film itu juga dibintangi oleh saudara lelaki Culkin, Kieran Culkin, yang berperan sebagai sepupu Culkin di film itu.  

Film itu nyatanya sukses besar dengan meraup pendapatan kotor lebih dari 285 juta dolar AS di Amerika Serikat saja. Capaian itu menjadikan Home Alone sebagai salah satu film dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa. Sementara, Culkin menjadi salah satu bintang film terkenal sepanjang masa, termasuk menduduki ranking 2 di daftar 100 Bintang Cilik Terhebat versi VH1.

Bintang Culkin terus bersinar dengan membintangi film My Girl pada 1991. Berperan sebagai Thomas J. Sennett, ia memainkan karakter anak lelak yang alergi pada banyak hal. Meski dianggap kontroversial karena menampilkan adegan ciuman, film tersebut akhirnya meraih sukses.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesona Memudar

Pada 1992, ia membintangi film Home Alone 2: Lost in New York yang merupakan sekuel Home Alone. Film itu masih menghasilkan dengan meraup pendapatan kotor lebih dari 172 juta dolar AS hanya dari pasar Amerika.

Pada 1993, Culkin muncul di film The Good Son yang merupakan peran pertama yang berangkat dari komedi anak lucunya. Dia memainkan setan kecil pembunuh bernama Henry.

Dia mendapatkan peran tersebut ketika ayah sekaligus manajernya, Kit Culkin, mengancam akan menarik Mack dari produksi film Home Alone 2: Lost in New York kecuali dia diberikan peran utama anak laki-laki psikotik dalam The Good Son (1993). Dia juga diberi gaji 5 juta dolar AS untuk film tersebut.

Pada 1994, saat ia berusia 14 tahun, Culkin terlibat dalam produksi sejumlah film, yakni The Pagemaster, Getting Even with Dad, dan Richie Rich. Dia dibayar 8 juta dolar AS untuk dua film terakhir, yakni bayaran tertinggi yang pernah diberikan untuk bintang anak-anak.

Namun, nama besar Culkin tak mampu mendongkrak pendapatan film tersebut. Banyak orang meyakini Mack sudah kehilangan pesoanya karena ia tak lagi anak imut yang penonton lihat di film Home Alone. Di samping, saat itu ia mengalami kelelahan mental. Ia pun memutuskan mundur dari dunia akting di usia 15 tahun.

 

 

3 dari 4 halaman

Perebutan Harta

Di sisi lain, hidup Macaulay Culkin terjepit di antara konflik kedua orangtuanya. KitCulkin dan Patricia Brentrup yang tak pernah menikah itu saling memperebutkan hak asuh anak-anak mereka dan kekayaan Mack. 

Pada 1996, aktor muda itu mengaku tidak akan mendapat peran apapun sampai orangtuanya menyelesaikan sengketa hak asuh mereka. Kasus itu tidak terselesaikan hingga April 1997 ketika Kit Culkin menyerahkan kendali pada Brentrup. Kedua orangtuanya juga kehilangan hak mengatur keuangan Macaulay yang memindahkannya ke tangan akuntannya.

Macaulay keluar dari SMA di tahun ketiga ia bersekolah. Ia lalu memutuskan menikah dengan aktris Rachel Miner yang juga teman sekolahnya pada 1998. Usia Mack saat itu masih belum genap 18 tahun dan UU AS mewajibkan mereka yang menikah sebelum usia 18 tahun, wajib mendapat izin orangtua.

Pernikahan itu tak bertahan lama. Mereka berpisah pada 2000 karena perbedaan visi. Rachel ingin membangun keluarga, sementara Mack ingin kembali ke dunia akting. Pada 2001, ia kembali ke panggung dengan membintangi produksi teater London berjudul Madame Melville. Dengan perkiraan kekayaan 17 juta dolar AS, Culkin saat ini bisa hidup berkecukupan.

4 dari 4 halaman

Anak Pertama

Hidup Culkin sempat terpuruk. Pada 2012, ia terlihat di publik dengan kondisi badan super kurus dan dugaan kecanduan narkoba. Setelah itu, hidupnya kembali pulih, terutama setelah dikaruniai anak pertamanya bersama kekasihnya, Brenda Song.

Dilansir dari E! News, bayi berjenis kelamin lelaki itu lahir pada 5 April 2021 di Los Angeles. Persalinan Brenda Song berhasil disembunyikan dari media dan publik.

Ibu maupun si bayi kini dikabarkan dalam kondisi sehat. "Kami sangat berbahagia," tutur Culkin dan sang kekasih dalam sebuah pernyataan bersama.

Ada fakta menarik tentang si buah hati, yang kini menyandang nama Dakota Song Culkin. Nama itu diambil dari nama mendiang kakak perempuannya yang meninggal dunia pada 2008 lalu setelah ditabrak mobil.

Pada Januari 2021, Culkin dikabarkan bertunangan dengan kekasihnya. Dilansir dari People, aktris yang pernah tampil di serial ER ini terciduk tampil dengan sebuah cincin berlian yang melingkar di jari manis kirinya. Senin lalu, ia tertangkap kamera paparazi sedang berhalan-jalan di Beverly Hills, California, AS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat