uefau17.com

8 Fakta Film Home Alone yang Mungkin Belum Kamu Ketahui, Yuk Simak! - Citizen6

, Jakarta- Jika mendengar Hari Natal atau liburan Tahun Baru, pasti identik dengan film Home Alone yang tidak pernah absen ditayangkan di TV Nasional.

Sembari minum cokelat panas dan jamuan Natal, Home Alone memang film yang pas untuk menemani kita semua.  

Dirilis sejak 1990 silam, film ini telah lebih dari 30 tahun menemani berbagai generasi di penghujung tahun. Film ini pertama kali dibintangi oleh Macaulay Culkin sebagai Kevin McCalilister yang fenomenal. 

Disutradarai oleh Chris Columbus, film ini juga memiliki sekuel dengan sejumlah pemain yang berbeda, yaitu Home Alone (1990), Home Alone 2: Lost in New York (1992), Home Alone 3 (1997), Home Alone 4: Taking Back the House (2002), dan Home Alone 5: The Holiday Heist (2012), dan Home Sweet Home Alone (2021).

Film Home Alone sendiri membawakan kisah seorang anak laki-laki, Kevin McCallister yang ditinggal sendiri di rumah. Di usianya yang masih 8 tahun, bocah malang itu mesti berhadapan dengan perampok yang berniat jahat.

Tapi, akhirnya Kevin berhasil mengamankan rumahnya sekaligus perampok tersebut melalui jebakan-jebakan cerdasnya. 

Saking ikoniknya film ini, kini, rumah Home Alone secara resmi disewakan untuk menginap. Keseruan petualangan Kevin kini sudah bisa dirasakan langsung oleh penggemar. 

Selain latar tempat yang kini disewakan, tahukah kamu beberapa fakta menarik di balik film Home Alone? Mengutip Insider, Minggu (25/12/2022), berikut sederet fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui tentang film Home Alone, pembuatannya, hingga pemainnya:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Butuh Berminggu-minggu untuk Menemukan Rumah McCallister

Butuh beberapa minggu bagi sutradara Chris Columbus dan krunya untuk menemukan rumah McCallister untuk "Home Alone. Hal itu disampaikan Entertainment Weekly.

Akhirnya, mereka memilih sebuah rumah di Winnetka, Illinois, Amerika Serikat karena mereka pikir rumah itu hangat dan mengancam.

"Saya mengambil beberapa gambar dan mengirimkannya ke John, dan saya ingat John berkata: 'Ini sempurna. Ini persis seperti yang saya bayangkan tentang rumah itu,'" katanya.

3 dari 9 halaman

2. Memegang Rekor Selama 30 Tahun

Forbes melaporkan bahwa hingga 2017, "Home Alone" memiliki total pendapatan tertinggi di satu wilayah untuk komedi live-action, dengan $285,7 juta.

Film ini memegang rekor mengesankan ini selama 27 tahun, sampai film Tiongkok "Never Say Die" melampauinya pada 2017.

Terlepas dari itu, "Home Alone" masih menjadi salah satu film komedi live-action terlaris di AS.

4 dari 9 halaman

3. Adik Culkin Muncul Dalam Film

Dalam kredit akting pertamanya, adik laki-laki Culkin, Kieran, muncul sebagai sepupu Kevin, Fuller, dalam "Home Alone."

Kakak beradik ini muncul bersama di layar lagi dalam "Home Alone 2: Lost in New York."

5 dari 9 halaman

4. Ditulis dalam Waktu Seminggu

John Hughes, yang juga menulis film laris tahun 1980-an seperti "The Breakfast Club," "Pretty in Pink," dan "Sixteen Candles," membuat draf pertama skenario untuk "Home Alone" hanya dalam sembilan hari.

Menurut artikel majalah Chicago yang sama - yang ditulis oleh putranya, James - film ini ditulis setelah perjalanan keluarga ke Eropa sebagai tanggapan atas kecemasan ayahnya yang parah.

"Saya akan pergi berlibur," kata Hughes kepada majalah Time pada tahun 1990, "dan membuat daftar segala sesuatu yang tidak ingin saya lupakan. Saya berpikir, 'Baiklah, sebaiknya saya tidak melupakan anak-anak saya'. Lalu saya berpikir, 'Bagaimana jika saya meninggalkan anak saya yang berusia 10 tahun di rumah? Apa yang akan dia lakukan?"

6 dari 9 halaman

5. Colombus Seharusnya Menyutradarai Film Hughes yang Berbeda

Menurut majalah Chicago, Columbus awalnya mengerjakan "Christmas Vacation" - yang juga ditulis oleh Hughes - tetapi dia akhirnya menelepon penulis untuk memberitahukan bahwa dia tidak bisa bekerja dengan aktor Chevy Chase.

"John sangat pengertian. Sekitar dua minggu kemudian, saya mendapatkan dua naskah di rumah mertua saya di River Forest. Salah satunya adalah 'Home Alone,' dengan catatan dari John yang menanyakan apakah saya ingin menyutradarai," kata Colombus.

"Saya berpikir, 'Wow, orang ini benar-benar mendukung saya ketika tidak ada orang lain di Hollywood yang mau.'"

7 dari 9 halaman

6. Candy Sebagian Besar Berimprovisasi

Columbus mengatakan kepada Jason Guerrasio dari Insider pada 2020 bahwa aktor komedi legendaris John Candy datang ke lokasi syuting siap untuk berimprovisasi.

"Dia berada di film hanya satu hari, tetapi itu menghasilkan begitu banyak improvisasi yang hebat. Tidak ada satu pun adegan yang ada di dalam naskah," katanya.

"Kisah pemakaman-parlor, itu semua diimprovisasi pada pukul 04:30 pagi," sambungnya.

8 dari 9 halaman

7. Peran Robert De Niro

Sebelum Joe Pesci mengambil peran Harry dalam "Home Alone," tim produksi mengincar Robert De Niro.

Namun menurut Columbus, aktor tersebut tidak pernah secara serius mempertimbangkan untuk mengambil peran tersebut. 

"Itu dibicarakan sedikit secara internal, tetapi ketika Pesci mengatakan ya, saya terpana," katanya kepada Insider.

9 dari 9 halaman

8. Animasi Efek BB-gun

Ketika Home Alone keluar pada 1990 dan anggaran yang dikeluarkan sudah banyak, tim produksi perlu kreatif untuk membuat efek-efek khusus pelengkap film. 

Selama adegan di mana Kevin menembak Marv di kepala dengan pistol BB, sebenarnya itu adalah adegan animasi. 

"Kami membayar seorang pria yang tinggal di ruang bawah tanah ibunya di Chicago sebesar $600 untuk melukis dengan tangan BB yang masuk ke kepala Marv. Jadi itu adalah efek animasi. Seorang pria dengan kuas di ruang bawah tanah selama enam frame melukis BB dengan tangan, "kata Columbus kepada Insider.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat