uefau17.com

6 Fakta Menarik Finlandia, Negara dengan Hutan Terpadat di Eropa - Lifestyle

, Jakarta - Finlandia, yang terletak di Eropa utara merupakan salah satu negara paling utara dan terpencil secara geografis di dunia dan tunduk pada iklim yang parah. Hampir dua pertiga dari Finlandia diselimuti oleh hutan lebat, menjadikannya negara dengan hutan terpadat di Eropa.

Mengutip Britannica, Jumat (4/11/2022), Finlandia juga membentuk perbatasan utara simbolis antara Eropa Barat dan timur dengan hutan belantara yang lebat dan Rusia di timur, Teluk Bothnia dan Swedia di barat. Sebagai bagian dari Swedia dari abad ke-12 hingga 1809, Finlandia kemudian menjadi kadipaten agung Rusia sampai, setelah Revolusi Rusia.

Finlandia mendeklarasikan kemerdekaan pada 6 Desember 1917. Luas Finlandia berkurang sekitar sepersepuluh selama tahun 1940-an, ketika wilayah itu diserahkan Petsamo (Pechenga). Sepanjang era Perang Dingin, Finlandia mempertahankan posisi politik yang netral, meskipun perjanjian 1948 dengan Uni Soviet dihentikan pada 1991. Hal itu mengharuskan Finlandia untuk menolak setiap serangan terhadap Uni Soviet yang dilakukan melalui wilayah Finlandia oleh Jerman atau sekutunya.

Masih banyak hal lain tentang Finlandia, berikut enam fakta menarik Finlandia yang dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat, (4/11/2022).

1. Sistem Pemerintahan

Finlandia dengan ibu kota Helsinki mengadopsi konstitusi republik pada 1919 telah diubah beberapa kali, terutama pada pertengahan 1990-an. Kekuasaan legislatif berada di parlemen unikameral (Eduskunta), yang anggotanya dipilih untuk masa jabatan empat tahun dan presiden, yang masa jabatannya enam tahun.

Kekuasaan eksekutif dibagi oleh presiden dan Dewan Negara, atau kabinet, yang rapatnya diketuai oleh presiden. Presiden mengangkat perdana menteri dan kabinet. Sebuah klausul dalam konstitusi menekankan bahwa menteri pemerintah bertanggung jawab kepada parlemen.

Masa jabatan enam tahun dan kemungkinan pemilihan kembali meningkatkan kekuasaan presiden dan menyediakan sumber stabilitas yang penting bagi negara, mengingat seringnya pergantian pemerintahan yang disebabkan oleh sistem multipartai. Dalam kasus kebuntuan total, presiden dapat menunjuk pemerintah sementara nonpolitik. Selain itu, presiden melakukan kebijakan luar negeri negara, tetapi keputusan tentang perjanjian utama dan pertanyaan tentang perang dan perdamaian harus disahkan oleh parlemen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sejarah dan Etnis

Sejarah Finlandia dimulai sekitar tahun 9000 SM seusai periode glasial akhir, wilayah ini telah dihuni oleh manusia semenjak itu. Kebudayaan Zaman Batu yang paling dikenal di Finlandia adalah kebudayaan Kunda, Keramik Sisir, Schnurkeramik, Kiukainen dan Pöljä.

Zaman Perunggu Finlandia dimulai sekitar tahun 1500 SM dan Zaman Besi dimulai dari sekitar tahun 500 SM hingga 1300 M. Kebudayaan Zaman Besi Finlandia terbagi menjadi kebudayaan Finlandia sendiri, kebudayaan Tavastia dan kebudayaan Karelia.

Wilayah Finlandia jatuh ke tangan Kerajaan Swedia dari abad ke-13. Kedatangan Swedia diiringi oleh penyebaran agama Kristen di antara orang-orang Finlandia. Seusai Perang Finlandia pada 1809, wilayah Finlandia terpaksa diserahkan kepada Kekaisaran Rusia, sehingga wilayah ini berubah menjadi Keharyapatihan Finlandia yang memiliki otonomi tersendiri.

Nasionalisme Finlandia mulai muncul pada abad ke-19.  Sementara itu, Finlandia merupakan bangsa asli Finlandia yang secara genetik dan budaya berasal dari suku Nordik. Bangsa ini terutama menghuni di Finlandia dengan penduduk kecil Bangsa Finlandia umumnya di Swedia, Norwegia, Amerika Serikat, Britania Raya, Rusia, Spanyol, Jerman, Australia dan negara lainnya menuturkan bahasa Finlandia.

3. Dikelilingi Hutan

Lanskap hutan dan air yang mengelilingi Finlandia telah menjadi sumber inspirasi utama bagi seni dan sastra Finlandia. Seniman dan arsitek hebat negara itu menjadikannya inspirasi, sebut saja nama Alvar Aalto, Albert Edelfelt, Akseli Gallen-Kallela, Juha Ilmari Leiviskä, dan Eero Saarinen serta musisi, penulis, dan penyairnya dari Jean Sibelius hingga Väinö Linna, Juhani Aho, Zacharias Topelius dan Eino Leino semuanya telah menggambarkan tema dan citra dari lanskap nasional Finlandia. 

Gagasan tentang alam sebagai rumah sejati orang Finlandia diungkapkan berulang kali dalam peribahasa dan kearifan rakyat Finlandia. Iklim yang keras di bagian utara negara itu, telah mengakibatkan konsentrasi populasi di sepertiga selatan Finlandia, dengan sekitar seperlima dari populasi negara itu tinggal di dan sekitar Helsinki, kota terbesar Finlandia dan benua Eropa paling utara.

Namun, terlepas dari kenyataan bahwa sebagian besar orang Finlandia tinggal di kota-kota besar, alam terutama hutan tidak pernah jauh dari pikiran dan hati masyarakatnya. Finlandia berhutan lebat dan memiliki sekitar 56 ribu danau, banyak sungai, dan daerah rawa yang luas dilihat dari udara, Finlandia terlihat seperti teka-teki gambar biru dan warna hijau yang rumit. 

 

3 dari 4 halaman

4. Perekonomian

Sebagai negara industri, Finlandia memiliki ekonomi pasar-bebas dengan produksi per kapita kira-kira sama dengan Britania Raya, Prancis, Jerman, dan Belgia. Sektor ekonomi terbesar adalah jasa, diikuti manufaktur yang penting untuk perdagangan internasional.

Dua industri pendorong utama adalah industri logam dan industri kehutanan. Industri logam termasuk galangan kapal, mobil, produk rekayasa (mesin dan elektronik), produksi logam (baja, tembaga, dan krom). Kapal cruise terbesar dunia dibangun di galangan kapal Finlandia.

Finlandia memiliki hasil alam berupa kayu dan beberapa sumber daya mineral dan air bersih. Kehutanan, pabrik kertas, dan sektor agrikultural adalah sektor sensitif bagi penduduk.  Perhutanan juga memainkan peranan yang penting bagi ekonomi negara ini, menjadikannya salah satu produsen kayu dunia dan menyediakan bahan baku dengan harga kompetitif bagi industri pemrosesan kayu.

Pada 1984, pemerintah melalui Kementerian Pertanian dan Kehutanan meluncurkan rencana Forest 2000 yang isinya menaikkan hasil hutan sebanyak 3 persen per tahun namun tetap menjaganya untuk rekreasi atau penggunaan lain. Finlandia dengan cepat terindustrialisasi setelah Perang Dunia II, level PDB per kapitanya menyamai Jepang atau Inggris di awal 1970-an.

 

4 dari 4 halaman

5. Kuliner

Makanan rumahan masyarakat Finlandia adalah Kesäkeitto, yaitu sup sayuran tradisional yang berasal dari Finlandia. Sup biasanya dibuat dengan kombinasi susu, kentang, wortel, kacang polong, kacang hijau, kembang kol, bayam, tepung, krim kocok, adas, garam, dan lada hitam. Sebelum disajikan, kesäkeitto dihias dengan tangkai rempah dill.

Masakan lainnya adalah Lapin Poron liha, yaitu daging yang berasal dari anak rusa yang berumur kurang dari satu tahun dan rusa dewasa yang merumput dengan bebas di kawasan peternakan rusa Finlandia. Iklim yang keras dan musim yang beragam dikombinasikan dengan pakan musim panas yang sangat bergizi membuat daging rusa menjadi produk kuliner yang unik.

Daging ini empuk, berwarna gelap dan sangat kaya akan vitamin dan mineral. Bahan makanan ini memiliki jumlah lemak yang sangat rendah, tetapi itu sama sehatnya dengan lemak ikan karena kandungan asam lemaknya yang sangat tinggi. 

Selain itu Finlandia punya bir gaya bir kuno yang dibuat oleh petani Eropa menggunakan biji-bijian. Bir ini dibuat dengan teknik yang tidak digunakan dalam pembuatan bir modern dan karena diseduh di berbagai wilayah Eropa, mencakup berbagai gaya berbeda yang biasanya sangat spesifik di tiap wilayah.

6. Pariwisata

Kepulauan Aland merupakan wilayah kepulauan yang berada di daerah perbatasan antara Finlandia dan juga Swedia. Kepulauan Aland terdiri berbagai pulau yang dimana suasana di pulau Aland benar-benar sejuk asri dan sungguh nyaman, cocok bagi wisatawan yang ingin mencari pemandangan alam dan kesejukan yang berbeda dari daerah perkotaan.

Tak hanya pemandangan serta suasananya, daya tarik lainnya dari Aland adalah objek wisatanya yang berupa berbagai museum di antaranya Museum Bahari, Museum Pammero, Museum Maritim, dan Museum Jan Karls Garden. Objek wisata museum tersebut akan membuat wisatawan mengerti sejarah dari Aland sendiri.

Selain itu Lapland merupakan sebuah pulau di Finlandia yang menjadi tempat untuk menyaksikan Northern Light atau cahaya hijau dari utara. Northern Light merupakan sebuah pemandangan cahaya hijau yang nampak seperti aurora yang bisa dinikmati di wilayah Lapland namun kemunculannya hanya berkisar antara bulan September hingga Maret saja.

Cahaya hijau ini tidak terus-menerus muncul dan kemunculannya terhitung sangat langka. Hal itu menjadi daya tarik dari Lapland sendiri untuk para wisatawan yang penasaran dan ingin menyaksikannya datang ketempat ini.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat