uefau17.com

6 Fakta Menarik Norwegia, Negara Pelayaran Terkenal Sejak Era Viking - Lifestyle

, Jakarta Norwegia merupakan negara Eropa utara atau Nordik yang menempati bagian barat semenanjung Skandinavia. Hampir setengah dari penduduk negara itu tinggal di ujung selatan, di wilayah sekitar Oslo yang merupakan ibu kotanya. Sekitar dua pertiga dari Norwegia adalah wilayah pegunungan dan di garis lepas pantainya menjorok, dengan sekitar 50.000 pulau.

Secara letak, Norwegia berbatasan langsung dengan Laut Utara di barat daya dan Kepulauan Skagerrak di selatan, Laut Norwegia di barat, serta Laut Barents di timur laut. Sementara di sebelah timur, Norwegia berbatasan langsung dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia.

BACA JUGA: VIDEO: Momen IShowSpeed Panik Terjebak di Kerumunan Fans di Norwegia, Sampai Cedera

Dikutip dari Britannica, Kamis (3/11/2022), orang-orang Indo-Eropa menetap di pantai Norwegia pada zaman kuno, pemukiman permanen di dekat Oslo sekitar 6.000 tahun yang lalu. Pedalaman lebih jarang didiami penduduk karena iklim yang ekstrem dan medan yang sulit, bahkan saat ini penduduk negara itu dibangun di kota-kota pesisir seperti Bergen dan Trondheim.

Bergantung pada penangkapan ikan dan pertanian, orang Norwegia awalnya mengembangkan tradisi pelayaran yang mencapai puncaknya di era Viking. Dilemahkan oleh wabah dan kemerosotan ekonomi pada akhir abad dan didominasi oleh negara tetangga Denmark dan Swedia, orang Norwegia beralih ke perdagangan ikan dan kayu.

Norwegia modern yang memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1905, muncul sebagai pengangkut maritim utama untuk barang-barang dunia serta pemimpin dunia dalam pembuatan kapal khusus. Pada 1970-an eksploitasi minyak lepas pantai dan gas alam menjadi industri maritim utama dengan Norwegia muncul pada 1990-an sebagai salah satu pengekspor minyak bumi terkemuka dunia.

Masih banyak hal tentang Norwegia, berikut enam fakta menarik Norwegia yang dirangkum dari berbagai sumber pada, Kamis (3/11/2022). 

1. Sistem Pemerintahan

Norwegia menganut sistem pemerintahan monarki konstitusional turun-temurun. Pemerintah yang terdiri dari perdana menteri dan Statsrd (Dewan Negara), secara nominal dipilih oleh raja dengan persetujuan dari Storting (Stortinget), legislatif negara. Pada 2009 Lagting dibubarkan dan Storting menjadi sistem pemerintahan parlemen secara permanen.

Konstitusi Norwegia yang dirancang pada tahun 1814 ketika Norwegia meninggalkan persatuan 434 tahun dengan Denmark, dipengaruhi oleh tradisi politik Inggris, Konstitusi Amerika Serikat dan ide-ide Revolusioner Prancis. Amandemen dapat dilakukan oleh dua pertiga mayoritas di Storting.

Tidak seperti banyak bentuk legislatif parlementer, Storting tidak dapat dibubarkan selama masa jabatan empat tahun. Jika mayoritas Storting memberikan suara menentang tindakan yang dianjurkan oleh Statsrd, menteri yang bertanggung jawab atau seluruh Statsrd mengundurkan diri. Dalam masalah legislatif, raja memiliki hak veto yang ditangguhkan, tetapi, sejak persatuan 91 tahun dengan Swedia yang dibubarkan pada 1905, hak veto ini tidak pernah dilaksanakan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Etnis

Di sebagian besar Norwegia, inti populasi adalah Nordik dalam warisan dan penampilan. Sebanyak 60 dan 70 persen memiliki mata biru. Masuknya orang-orang dari Eropa selatan telah kuat di barat daya Norwegia. Sami, sebagai penghuni pertama negara itu tinggal di Norwegia.

Hanya sebagian kecil dari mereka yang masih mempraktekkan penggembalaan rusa secara tradisional di Dataran Tinggi Finnmark. Sami tiba di Norwegia setidaknya 10 ribu tahun yang lalu, mungkin dari Asia Tengah. Dahulu tunduk pada diskriminasi etnis yang meluas, bahkan secara resmi, Sami sekarang secara hukum diakui sebagai budaya yang berbeda dan telah diberikan otonomi tertentu melalui Parlemen Sami.

Pada dekade pertama abad ke-21, peningkatan jumlah imigran dari Afrika dan Timur Tengah mulai mengubah populasi Norwegia yang sebagian besar homogen menjadi populasi yang lebih beragam secara etnis.  Sementara untuk agama yang dianut, lebih dari empat perlima dari semua orang Norwegia adalah anggota gereja nasional Lutheran Injili, Gereja Norwegia yang diberkahi oleh pemerintah. Kelompok terbesar di luar pendirian ini adalah Pentakosta, Katolik Roma, anggota Gereja Bebas Lutheran, Saksi Yehova, Metodis, dan Baptis. Sebagai akibat dari imigrasi Asia, ada juga kelompok-kelompok kecil Muslim dan Buddha.

 

3. Sejarah

Jejak paling awal pendudukan manusia di Norwegia ditemukan di sepanjang pantai, ketika lapisan es besar pada zaman es terakhir pertama kali mencair antara 11.000 dan 8000 SM. Temuan tertua adalah alat-alat batu yang berasal dari 9500 hingga 6000 SM, saat ditemukan di Finnmark di utara dan Rogaland di barat daya.

Viking adalah suku bangsa dari Skandinavia yang berprofesi sebagai pedagang, peladang, dan paling terkenal sebagai perompak setelah gagal berdagang yang di antara tahun 800 sampai 1050 menjarah, menduduki dan berdagang sepanjang pesisir, sungai, dan pulau di Eropa dan pesisir timur laut Amerika Utara, bagian timur Eropa sampai ke Rusia, dan Konstantinopel. Mereka memanggil diri mereka sebagai Norsemen (orang utara), sedangkan sumber-sumber utama Russia dan Bizantium menyebut mereka dengan nama Varangian.

Sampai sekarang orang Skandinavia modern masih merujuk kepada diri mereka sebagai nordbor (penduduk utara). Bangsa Viking kerap menjelajah ke berbagai daerah seperti Inggris, Irlandia, Greenland, Amerika, dan Perancis memotivasi bangsa Viking membuat perkampungan.

Perkampungan atau pemukiman bangsa Viking tersebar diberbagai tempat. Di Inggris terdapat pemukiman viking di York, Lincoln, dan Derby. Di Irlandia terdapat dua pemukiman bangsa Viking, salah satunya Dublin.

Di Prancis Utara pun berdiri pemukinan Viking yang di sebut Norman. Bahkan, bangsa Viking di Kiev mendirikan kerjaan bernama Russ atau Rusia.  Adapun istilah Abad Viking telah dipakai untuk menyebut periode sejarah Skandinavia dari tahun 800-1066, yaitu sampai pada kematian dari Harald III Sigurdsson.

Sebutan Viking secara luas dapat pula digunakan untuk menyebut seluruh populasi Skandinavia pada Abad Viking beserta perkampungan-perkampungan sebarannya. Penjelajahan Viking semakin berkurang dan akhirnya berhenti selama proses Kristenisasi Skandinavia yang berlangsung secara bertahap.

3 dari 4 halaman

4. Bahasa

Sementara itu, Bahasa Norwegia termasuk dalam cabang bahasa Jermanik Utara dari kelompok bahasa Jermanik. Alfabet Norwegia memiliki tiga huruf lebih banyak daripada alfabet Latin. Bahasa Norwegia modern memiliki banyak dialek, termasuk bahasa Swedia dan Denmark, dipahami di ketiga negara Skandinavia ini.

Tradisi penulisan Norwegia kuno berangsur-angsur mati pada abad ke-15 setelah penyatuan Norwegia dengan Denmark dan pemindahan pemerintah pusat ke Kopenhagen. Dano-Norwegia berasal dari bahasa Denmark tertulis yang diperkenalkan selama persatuan Denmark dan Norwegia (1380–1814). Ketika pada tahun 1814 Norwegia mencapai kemerdekaan, persatuan linguistik dengan bahasa Denmark tetap ada.

Pada 1853 seorang ahli bahasa otodidak dari pedesaan, Ivar Aasen, membangun norma bahasa terutama dari dialek distrik pedesaan barat dan tengah. Standar ini melanjutkan tradisi Norwegia Kuno dan pada akhirnya dimaksudkan untuk menggantikan bahasa Denmark.

Setelah penelitian dan eksperimen yang panjang, ia mempresentasikan norma Norwegia Baru yang disebut Landsmål, tetapi sekarang secara resmi Nynorsk dalam tata bahasa, kamus, dan banyak teks sastra. Bahasa Norwegia Baru secara resmi diakui sebagai bahasa nasional kedua pada 1885.

Di abad ke-19, sebagian besar sastra Norwegia ditulis dalam norma bahasa Denmark yang dangkal, tetapi diberi pengucapan bahasa Norwegia dan memiliki banyak kata dan konstruksi non-Denmark. Norma lisan adalah kompromi Dano-Norwegia yang tumbuh di lingkungan borjuis perkotaan.

Pada 1840-an Knud Knudsen merumuskan kebijakan reformasi bertahap yang akan membawa norma tertulis lebih dekat dengan norma lisan dan menciptakan bahasa Norwegia yang khas tanpa gangguan radikal yang dibayangkan para pendukung Aasen's New Norwegian. Solusi ini didukung sebagian besar penulis baru dalam gerakan sastra yang kuat pada akhir abad ke-19.

Seperti bahasa Skandinavia lainnya, bahasa Norwegia telah kehilangan sistem kasus lama dan infleksi orang dan angka dalam kata kerja, dan memiliki artikel pasti yang ditunda. Bahasa Norwegia standar dan sebagian besar dialek memiliki nada kata yang khas.

 

4 dari 4 halaman

5. Kuliner

Mengutip Taste Atlas, Medisterkaker adalah hidangan tradisional Norwegia yang terdiri dari bakso babi. Meskipun ada banyak resep untuk bakso ini, biasanya dibuat dengan kombinasi daging babi giling, tepung, telur, garam, pala, jahe, susu, lada hitam, dan minyak.

Ada pula makanan terkenal lainnya, lapskaus yaitu semur tradisional yang berasal dari Norwegia. Rebusan biasanya dibuat dengan kombinasi daging sapi seperti domba, babi, dan ayam juga merupakan pilihan, bawang, kentang, wortel, seledri, rutabaga, kaldu, tepung, daun salam, thyme, garam, dan merica.

Ada juga Skillingsboller yaitu kue tradisional Norwegia dari gulungan kayu manis. Kue bundar ini biasanya diasosiasikan dengan Bergen. Gulungan dibuat dengan kombinasi tepung, susu, ragi, telur, gula, kapulaga, banyak mentega, dan almond cincang.

Nama skillingsboller berarti penny bun, biasanya dimakan sebagai camilan sore dengan secangkir kopi di sampingnya, tetapi beberapa orang suka memakannya dengan keju cokelat (Brunost). Lalu ada hidangan nasional Norwegia, fårikål, adalah daging kambing dan kubis rebus, biasanya disajikan dengan kentang rebus. Secara tradisional, rebusan ini adalah hidangan musiman musim gugur, tetapi kini  dimakan sepanjang tahun.

6. Pariwisata

Keindahan alam Norwegia yang keras telah menarik pengunjung dari seluruh dunia. Oleh karena lokasinya, negara Skandinavia ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat Northern Lights atau Aurora Borealis.

Kristiansand adalah kota paling selatan di Norwegia, dan kota yang paling disinari matahari di negara ini. Karena letaknya di paling selatan, banyak wisatawan domestik maupun internasional berlibur di Kristiansand saat musim panas. Dijuluki Norway’s Summer Paradise, Kristiansand mempunyai kawasan pesisir yang menawan dan menenangkan. Di Kristiansand juga terdapat restoran Under, yaitu restoran berbintang Michelin bawah laut terbesar didunia.

Sementara yang juga terkenal di Norwegia adalah Northern Lights adalah fenomena pancaran cahaya pada lapisan ionosfer karena interaksi antara medan magnetik dengan partikel solar dari matahari. Fenomena indah ini dapat kita lihat di Lyngenfjord, pegunungan dekat lingkaran artik yang eksotis dan menawan. Di Lyngenfjord, pelancong dapat menemukan gletser, lembah, dan fjord berukuran raksasa yang tersebar di pegunungan, semuanya menunggu untuk dijelajahi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat