uefau17.com

Daftar 20 Maskapai Terbaik Dunia 2022 Versi AirlineRatings.com, Siapa Nomor 1? - Lifestyle

, Jakarta - Di tengah musim perjalanan yang kacau di berbagai bandara, lembaga pemeringkat produk dan keselamatan penerbangan yang berbasis di Australia, AirlineRatings.com, baru saja merilis daftar maskapai terbaik dunia 2022. Qatar Airways menyabet posisi puncak itu dalam dua tahun berturut-turut.

Dikutip dari laman AirlineRatings.com, Jumat (15/7/2022), daftar itu disusun oleh editor global yang bepengalaman lebih dari 100 tahun di industri penerbangan. Mereka mengklaim menggunakan metodologi berbasis nilai yang objektif dengan kriteria meliputi penilaian keselamatan dan produk, ulasan penumpang, usia armada, profitabilitas, dan komitmen lingkungan.

Pemimpin redaksi Geoffrey Thomas mengatakan bahwa penghargaan itu mengapresiasi kinerja Maskapai Terbaik Dunia yang diraih maskapai berbasis di Doha. "Di setiap aspek, mutu tinggi adalah tujuan utama Qatar Airways yang dipimpin oleh Kepals Eksekutif Grup, Yang Mulia Akbar Al Baker," kata dia.

Menurut dia, kepemimpinan Al Baker dalam mencapai kesempurnaan telah mendorong banyak peningkatan di pesawat. Dampaknya, pelancong di seluruh dunia juga merasa lebih baik karena peningkatan layanan tersebut. 

"Keputusan Qatar Airways untuk tetap beroperasi selama pandemi menjadikannya sebagai maskapai internasional terbesar di dunia dan mencetak keuntungan besar, satu-satunya maskapai utama yang melakukan itu," kata Thomas kepada CNN Travel.

Qatar Airways, kata dia, merupakan maskapai pertama yang melengkapi audit keamanan IOSA yang diprioritaskan IATA. Maskapai itu juga yang pertama kali lolos audit Covid-19 dan mematuhi penilaian baik AirlineRatings dan Skytrax. Dengan pencapaian itu, maskapai tersebut berhasil menyabet gelar 'Maskapai Tahun Ini', 'Maskapai Terbaik di Timur Tengah, dan 'Kelas Bisnis Terbaik'.

"Memenangkan penghargaan ini merupakan bentuk dukungan lainnya atas segala hal yang kami perjuangkan sebagai maskapai penerbangan karena Qatar Airways berkomitmen penuh untuk memberikan pengalaman pelanggan yang tak tertandingi," kata Al Baker.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Besar

Menyusul Qatar Airways, ada Air New Zealand di posisi 2. Maskapai yang baru saja meluncurkan make-over besar-besaran itu meraih gelar Maskapai Terbaik di Pasifik, Kelas Ekonomi Premium Terbaik, dan Kelas Ekonomi Terbaik.

"Dalam banyak hal, maskapai ini telah menetapkan standa keunggulan selama 15 tahun terakhir. Kelas ekonomi premiumnya sangat luar biasa dan menjadi tolok ukur dalam industri, dan tanpa diragukan lagi merupakan nilai terbaik di langit," kata Thomas. Pada tahun lalu, maskapai itu juga meraih ranking 2.

Di posisi tiga dalam daftar AirlineRatings.com adalah Etihad Airways. Maskapai yang berbasis di Uni Emirat Arab itu juga meraih penghargaan sebagai Maskapai Ramah Lingkungan Tahun Ini. Itu karena komitmen mereka mengurangi emisi yang menjadi patokan untuk berbagai maskapai.

Korean Air menempati posisi keempat dengan memenangkan Maskapai Kargo Tahun Ini dan Maskapai Penerbangan Panjang Terbaik di Asia. Sementara, Singapore Airlines menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di daftar tersebut dengan menyabet Kelas Satu Terbaik dan Lounge Terbaik. Maskapai itu menduduki ranking 5 dalam daftar.

 

3 dari 4 halaman

Daftar 20 Maskapai Terbaik

Berikut daftar lengkap 20 Maskapai Terbaik Dunia 2022 yang disusun oleh AirlineRatings.com.

1. Qatar Airways

2. Air New Zealand

3. Etihad Airways

4. Korean Air

5. Singapore Airlines

6. Qantas

7. Virgin Australia

8. EVA Air

9. Turkish Airlines

10. All Nippon Airways

11. Cathay Pacific Airways

12. Virgin Atlantic

13. Japan Air Lines

14. JetBlue

15. Finnair

16. Emirates

17. Hawaiian

18. Air France/KLM

19. Alaska Airlines

20. British Airways

4 dari 4 halaman

Maskapai Bujet

AirlineRatings.com juga menyoroti kinerja maskapai bujet pada 2022. Sejumlah maskapai jadi bintang meski mereka tidak diranking selayaknya daftar Maskapai Terbaik Dunia. Alih-alih, mereka disusun berdasarkan abjad, yakni Allegiant Air, AirAsia, easyjet, Jetstar, Flair, Fly Dubai, Ryanair, Scoot, Southwest and VietJet Air.

"Di Eropa ada Easyjet dan Ryanair, di Asia/Pasifik AirAsia, Jetstar dan Scoot, sedangkan di Amerika bisa ditambahkan Flair, Frontier dan Spirit, ke Southwest. Semuanya menonjol," kata Thomas dalam pernyataan resminya.

Kepada CNN Travel, ia mengatakan daftar itu mencerminkan dampak lanjutan dari pandemi Covid-19 kepada industri penerbangan. Namun, tingkat keterlambatan dan pembatalan yang meningkat tidak memengaruhi ranking.

"Krisis dalam sektor perjalanan saat ini tidak berperan karena ini adalah peristiwa yang unik," kata Thomas, yang menyatakan peristiwa saat ini juga "sebagian besar bukan disebabkan oleh maskapai penerbangan".

Banyak ahli menilai masalah yang terjadi dalam sektor perjalanan saat ini berkaitan dengan kekurangan pegawai, masalah pengelolaan bandara, masalah tenaga kerja, dan cuaca. Secara umum, Thomas melihat ranking tersebut sebagai langkah positif yang diambil industri travel saat ini. 

"Hasilnya menyoroti standar penawaran yang sangat tinggi bagi wisatawan," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat