uefau17.com

Cara Praktis Masak Nasi Pakai Cangkir, Siapa Mau Coba? - Lifestyle

, Jakarta - Nasi menjadi salah satu makanan pokok banyak orang di beberapa negara, terutama di Asia. Di Indonesia, rasanya belum puas kalau tak makan nasi plus lauk-pauk yang sudah disiapkan.

Hal itu tak jauh berbeda dengan di Malaysia. Meski begitu, memasak nasi  putih sering dianggap bukan perkara mudah.

Walaupun sudah sering memasak nasi, terkadang sulit sekali rasanya untuk menakar seberapa banyak nasi yang harus dimasak. Komposisi antara beras dan air yang akan dimasak juga sering jadi masalah tersendiri.

Bila tak benar, nasi lebih mudah basi dan belum lagi jika sudah lama di dalam rice cooker, rasanya tidak enak. Ujung-ujungnya, nasi dibuang begitu saja dan jelas ini mubazir.

Sebuah video di TikTok baru-baru ini sukses mencuri perhatian banyak warganet karena memberikan tips berguna untuk memasak nasi secukupnya. Video tersebut diunggah oleh akun @mysumber.

Video yang diketahui berasal dari Malaysia ini menjelaskan bagaimana cara memasak nasi menggunakan mug atau cangkir. Cara melakukannya sangat sederhana dan hasilnya membuat orang takjub.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Langkah

Dikutip dari akun @mysumber pada Minggu, 8 November 2021, ada lima langkah untuk memasak nasi dengan praktis.

1. Cuci beras

2. Masukkan air ke dalam gelas berisi beras dengan perbandingan 2:1, yaitu air 2 beras 1.

3. Masukkan cangkir berisi nasi ke dalam rice cooker

4. Masukkan air ke dalam rice cooker listrik

5. Kemudian tekan cook dan tunggu selama kurang lebih 20 menit.

Hasilnya bisa dilihat, pria itu berhasil memasak nasi hanya seukuran cangkir dan cukup untuk sekali makan. Cara ini selain praktis, bisa menghemat beras dan memudahkan orang untuk mencuci tempat rice cooker-nya, karena tidak berkerak.

Melihat video inovatif ini banyak yang meninggalkan komentar takjub dan penasaran ingin mencobanya sendiri. "Terima kasih, informasi ini sangat bermanfaat. Saya sudah mencobanya sendiri di rumah dan memang benar hasilnya tak mubazir," komentar seorang warganet.

3 dari 4 halaman

Nasi Merah

Beberapa waktu lalu juga viral video memasak nasi dicampur dengan anggur merah. Video itu diunggah oleh akun TikTok @tiancj pada 28 Januari 2021.

Dengan menggunakan rice pemilik akun itu terlihat membuat nasi anggur merah berdasarkan permintaan warganet lainnya.  Minuman anggu merah sendiri cukup populer di Indonesia dan umumnya memiliki kadar alkohol sebesar 19,7 persen.

Setelah beberapa menit, warna beras mulai terlihat kemerahan. Sekilas mirip dengan nasi merah tapi warnanya lebih mencolok usai dicampur dengan anggur merah.  Uniknya lagi, si pemilik akun menyebutkan bahwa tekstur nasinya tetap pulen dan cenderung serupa dengan tape ketan.

Video tersebut mendadak viral dan banyak dibahas warganet. Tidak sedikit yang ikut penasaran dengan cita rasa dari nasi tersebut.

 

 

Kalau enggak sempet masak sendiri, yuk PO saja di ManisdanSedap, banyak masakan rasa rumahan yang pas buat lauk makan siangmu. Berasa dimasakin ibu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

4 dari 4 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat