uefau17.com

Bukan Pakai Metode Siram, Ini Cara Praktis Masak Nasi Sampai Matang Sempurna Hanya 30 Menit - Citizen6

, Jakarta Sebagai sumber utama karbohidrat yang cukup terjangkau, nasi telah menjadi makanan pokok hampir seluruh masyarakat Indonesia. Karena itu pula tidak sedikit orang yang langsung memasak nasi dalam jumlah banyak untuk beberapa hari.

Tentu hal itu akan lebih mudah dilakukan dengan rice cooker berukuran besar, hanya saja harganya cukup mahal. Sebagai alternatif, kebanyakan orang akan menggunakan panci untuk memasak nasi dalam jumlah besar.

Namun, masak nasi dengan panci memakan waktu lebih dari satu jam dengan teknik siram yang cukup sulit.

Meski demikian, ada cara lain yang jauh lebih praktis untuk menanak nasi sampai matang sempurna hanya dalam tiga puluh menit. Cara ini dibagikan oleh warganet Instagram @resepmudahnusantara, yang dirangkum pada Sabtu (08/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Panaskan Air Sampai Mendidih

Pertama-tama, masukkan air sedikit saja ke dalam dasar panci yang biasa digunakan untuk masak nasi. Rebus air dengan api sedang sampai mendidih, lalu taruh saringan di atasnya setelah mendidih.

3 dari 11 halaman

Tuangkan Beras

Sebelum itu, pastikan beras sudah dicuci sampai benar-benar bersih terlebih dahulu. Tanpa perlu mematikan kompor, tuang beras ke dalam panci lalu sebar ke semua sisi panci sampai merata.

4 dari 11 halaman

Masak Nasi

Jika beras dirasa sudah rata di segala sisi panci, tutup panci tersebut lalu kecilkan volume api kompor. Biarkan proses memasak ini selama tiga puluh menit untuk menunggu beras matang.

5 dari 11 halaman

Aduk Nasi Secara Merata

Setelah tepat tiga puluh menit, matikan kompor lalu angkat tutup panci. Jangan lupa aduk-aduk nasi agar panas dan kematangan nasi tersebar secara merata.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Masak Nasi

7 dari 11 halaman

Berapa Takaran Beras untuk 2 Orang?

Untuk dua orang, biasanya diperlukan sekitar satu cangkir nasi mentah. Dari jumlah ini akan dihasilkan kurang lebih 2 hingga 3 cangkir nasi matang, yang cukup untuk satu kali makan.

8 dari 11 halaman

Berapa Lama Merebus Beras?

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, waktu yang diperlukan untuk memasak nasi sekitar 30 hingga 45 menit. Selanjutnya, nasi yang dimasak menggunakan penanak nasi hanya dapat bertahan selama 11 hingga 12 jam. Setelah melewati waktu yang dianjurkan, risiko munculnya bakteri menjadi sangat tinggi.

9 dari 11 halaman

Berapa Lama Menanak Nasi di Rice Cooker?

Setelah air mendidih, segera matikan api. Aduk sebentar, kemudian pindahkan beras yang sudah aron ke dalam panci rice cooker. Biarkan selama 15 menit hingga nasi matang dengan baik.

10 dari 11 halaman

Apakah Beras Harus Direndam Dulu Sebelum Dimasak?

Merendam beras sebelum dimasak dianggap bisa meningkatkan kualitas dan nilai gizi nasi. Ini karena proses perendaman dipercaya dapat membantu beras menyerap lebih banyak nutrisi.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Memasak Nasi dengan Kompor?

Durasi memasak nasi di atas kompor dapat berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, seperti jumlah nasi yang dimasak, jenis beras, dan tipe panci yang digunakan. Estimasi waktu memasak untuk jenis beras nasi putih biasa umumnya memerlukan sekitar 15-20 menit setelah air mendidih.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat