uefau17.com

5 Tips Memilih Water Heater yang Cocok untuk di Rumah - Lifestyle

, Jakarta Kebutuhan water heater atau mesin pemanas air di Indonesia terus meningkat. Tak hanya di gedung-gedung perkantoran dan hotel, penggunaan water heater juga semakin digemari di hunian tinggal seperti perumahan dan apartemen.

Alasan umum peminat water heater meningkat adalah untuk mempermudah aktivitas mandi si kecil dan juga untuk mendapatkan manfaat dari mandi air hangat. Mulai dari memberikan efek relaksasi, melepaskan racun, meredakan pilek dan sakit kepala, memperlancar sirkulasi darah, mengusir stres dan masih banyak lagi. Mereka yang tinggal d daerah dataran ingin dan bersuhu dingin, kehadiran water heater sangat penting agar bisa mandi di malam hari dengan aman tanpa khawatir terserang flu.

Secara umum, water heater merupakan mesin atau alat yang menggunakan proses termodinamika dengan menggunakan sumber energi untuk memanaskan air di atas suhu awal. Ada dua jenis water heater yang paling banyak beredar di pasaran yakni water heater listrik dan water heater gas.

Memilih water heater yang tepat untuk kamar mandi rumah kerap menjadi dilema tersendiri. Terutama jika mengincar pemanas air listrik, maka harus benar-benar diperhitungkan penggunaannya agar tak boros listrik. Dikutip dari Energy Saver, ini ada beberapa pertimbangan sebelum memilih jenis dan model pemanas air terbaik untuk rumah.

1. Ukuran

Bagian pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran pemanas air. Jangan terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil. Dengan begitu Anda bisa menyediakan air panas yang cukup sekaligus efisien.

2. Daya Listrik

Setelah memperhatikan ukuran, coba bandingkan berbagai jenis water heater yang dicari. Penting juga untuk memastikan daya listrik dari produk pemanas sesuai dengan watt listrik di rumah Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Hemat Energi

Untuk menekan biaya listrik per bulan, alangkah baiknya memilih water heater yang hemat energi. Jika ingin lebih hemat, water heater gas jadi pertimbangan. Namun, untuk lebih aman dan nyaman, water heater listrik jadi pilihan. Terlebih sekarang ini bermunculan water heater yang dilengkapi teknologi hemat listrik.

4. Harga

Setiap rumah tangga tentu memiliki budget dan batas masing-masing. Jika ada dana lebih besar, beli water heater dengan spesifikasi mumpuni yang umumnya jauh lebih hemat listrik.

5. Garansi

Pastikan produk yang Anda beli memiliki garansi yang cukup panjang, misalnya sampai 10 tahun untuk kerusakan mesin. Tanyakan detail garansi apa saja yang didapatkan dan bagaimana proses klaimnya. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, bermunculan water heater yang semakin canggih dan aman. Termasuk water heater yang dilengkapi thermostat dan lapisan bahan stainless steel yang tidak mudah terbakar. 

Sebagai informasi, adanya thermostat membuat Anda bisa langsung mandi air panas tanpa perlu menunggu lama. Hal ini karena thermostat menjaga suhu air sesuai dengan pengaturannya. Misalnya, saat suhu pada tangki diset 70 derajat celcius, thermostat akan memerintahkan air untuk memanas sampai suhu tersebut. Jika sudah mencapai, thermostat akan memerintahkan untuk berhenti. Saat suhu air mulai turun, thermostat akan kembali mengulang perintahnya dan demikian seterusnya.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat