uefau17.com

9 Tiara Kerajaan Inggris yang Paling Ikonik, Salah satunya Bikin Lady Diana Pusing Kepala - Lifestyle

, Jakarta - Wajah Putri Beatrice tampak berseri-seri dalam balutan gaun pengantin milik Ratu Elizabeth, tapi juga memakai tiara yang sama yang dipakai Ratu pada hari pernikahannya. Hari itu ia juga mengenakan gaun dan tiara tersebut, untuk menikah dengan Edoardo Mapelli Mozi. 

Menurut aturan berpakaian kerajaan Inggris, hanya wanita yang sudah menikah yang bisa mengenakan tiara. Pakar etiket Grant Harrold juga mengatakan bahwa tradisi itu menjadi tanda status untuk wanita yang sudah menikah.

Dilansir dari The Sun, Rabu, 29 Juli 2020, berikut beberapa tiara kerajaan paling ikonik dan makna di baliknya. 

Girls of Great Britain dan Ireland Tiara

Tiara ini yang paling terkenal karena dikenakan oleh Ratu Elizabeth dan terdapat pada mata uang Inggris. Tiara itu diberikan oleh Ratu Mary kepada cucunya, Pangeran Philip yang kemudian diberikan kepada Ratu Elizabeth pada hari pernikahannya pada 1947. 

Tiara itu sempat dipakai Ratu Mary pada pernikahannya pada 1893. Dalam tiara itu terdapat 13 berlian yang salah satunya sangat berharga.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Lover’s Knot Tiara

The Lover's Knot kadang-kadang disebut sebagai Cambridge Lover's Knot merupakan favorit almarhumah  Putri Diana. Tiara tersebut merupakan hadiah dari Ratu Elizabeth pada hari pernikahannya dengan Pangeran Charles pada 1981.

The Duchess of Cambridge, Kate Middleton, juga telah memakai tiara ini dalam berbagai kesempatan, seperti saat ke Istana Buckingham untuk jamuan negara pada 2015. Tiara terbuat dari berlian dan mutiara gantung, perak dan emas, dan beratnya sempat membuat Putri Diana sakit kepala.

3 dari 7 halaman

The Diamond Bandeau Tiara

Pernikahan Meghan Markle dengan Pangeran Harry terjadi di Windsor pada 19 Mei 2018 yang mengejutkan masyarakat ketika dia tiba di Kapel St George dengan gaun adat Givenchy.

Tapi, tiara berlian dan platinum menakjubkan yang dikenakan Meghan di hari pernikahannya. Ikat kepala bertatahkan berlian dibuat pada 1932, dan milik nenek Ratu, Ratu Mary. Batu tengah adalah bros yang terbuat dari 10 berlian yang diberikan dari Mary of Teck pada 1893.

4 dari 7 halaman

The Greville Emerald Kokoshnik Tiara

Tiara ini berbentuk bando ini dikenakan Putri Eugenie pada hari pernikahannya pada 2018. Benda ini dilengkapi permata zamrud cabochon 93,70 karat, berlian mawar, enam zamrud yang lebih kecil. Tiara diciptakan pada 1919 oleh Boucheron untuk Margaret Greville.

The Cartier Halo Tiara

Tiara ini pilihan Kate Middleton pada hari pernikahannya dengan Pangeran William. Sebelum dipakai Kate, tiara ini pemberian George VI pada Ratu Mary pada 1936. Kemudian diberikan kepada Ratu Elizabeth II pada hari ulang tahunnya yang ke-18 dan diwariskan kepada Putri Anne. Tiara ini memiliki lebih dari 1.000 intan, 739 berlian yang sangat bagus dan 149 baguette cut.

5 dari 7 halaman

Queen Mary's Fringe Tiara

The Princess of York sempat meminjam tiara ini yang dikenakan neneknya untuk pertama kali pada 1961. Tiara ini kemudian dikenakan pada hari pernikahannya pada 1947. Ratu Elizabeth sempat meminjamkan tiara ini kepada Putri Anne dalam pernikahannya dengan Mark Phillips pada 1973.

Tiara ini dibuat dari berlian pada 1919 untuk Ratu Victoria kemudian diberikan kepada Ratu Mary saat pernikahannya. Tiara ini terbentuk dari 47 batang berlian, emas, dan perak.

6 dari 7 halaman

The Lotus Flower Tiara

Kate Middleton sering memakainya di berbagai acara resmi anggota kerajaan. Seperti banyak tiara kerajaan, tiara ini awalnya adalah kalung mutiara dan berlian yang dibuat oleh Ibu Ratu menjadi Lotus Flower tiara pada 1923.

Putri Margaret diwarisi tiara ini dari ibunya pada 1959, tepat sebelum dia menikah dengan Antony Armstrong-Jones. Dia juga pernah meminjamkannya kepada menantunya, Serena Stanhope, untuk pernikahannya dengan putra Margaret, Viscount Linle pada 1993.

7 dari 7 halaman

Spencer Tiara

Secara teknis, tiara ini bukan bagian dari koleksi kerajaan karena ini milik keluarga Diana. Dia mengenakannya pada hari pernikahannya dengan Pangeran Charles. Seiring waktu berjalan, tiara ini sudah seperti tiara kerajaan.

Tiara itu belum pernah terlihat sejak kematian Diana sampai Celia McCorquodale mengenakannya untuk pernikahannya pada Juni 2018. Dalam beberapa tahun terakhir, Kate Middleton lebih sering memakainya di berbagai acara penting kerajaan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat