uefau17.com

5 Bahan Makanan yang Bisa Jadi Pembersih Alat Rumah Tangga - Lifestyle

, Jakarta - Bahan makanan umumnya digunakan untuk membuat makanan. Namun, ada fungsi lain dari bahan makanan yang mungkin belum banyak diketahui.

Terkadang ada beberapa hal yang luput dari perhatian kita. Misalnya saja dalam mengatasi sesuatu yang sebetulnya caranya sangat sederhana dan bahkan bisa menghemat biaya. Salah satunya dalam hal membersihkan noda pada peralatan rumah tangga Anda.

Yang menarik, untuk urusan bersih-bersih ini, ternyata ada beberapa bahan makanan yang tidak hanya berfungsi untuk kita konsumsi tapi juga untuk pembersih. Dilansir dari Times of India, berikut lima bahan makanan atau minuman yang ternyata bisa dijadikan pembersih.

Saus tomat

Siapa sangka kalau saus tomat bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada peralatan tembaga. Tapi jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat setelah menggosok lapisan tembaga tersebut dengan saus tomat.

Baking soda

Anda bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan wastafel di rumah. Caranya mudah saja, gosok wastafel dengan baking soda sampai bersih.

Rendaman air beras

Untuk membersihkan botol kaca, Anda bisa menggunakan bahan makanan berupa rendaman beberapa butir beras, tapi tidak perlu banyak-banyak. Cukup dengan setengah botol kecil air hangat. Setelah itu, tutuplah botol dengan penutupnya lalu kocok dengan keras. Lalu, bersihkan dengan air seperti biasa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Oatmeal/Bubur Gandum

Oatmeal atau bubur gandum bisa dipakai untuk membersihkan tangan. Caranya, campur oatmeal dengan air, lalu gosok tangan Anda untuk menghapus semua kotoran dan kuman.

Teh hitam

Anda punya banyak benda berkarat? Hilangkan saja dengan teh hitam. Caranya, seduh teh hitam lalu biarkan sampai dingin. Setelah itu rendamlah alat-alat itu pada air teh tadi, kemudian lap dengan kain.

Kalau menggunakan bahan makanan atau minuman ini Anda anggap boros, cobalah sesekali saja. Setidaknya kita tahu kalau ada barang-barang di sekitar kita yang sebenarnya memiliki manfaat tersembunyi. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat