uefau17.com

Mimpi Menggali Sumur, Benarkah Berkaitan dengan Wanita Kaya? - Islami

, Jakarta - Mimpi menggali sumur sering dihubungkan dengan simbolisme yang berkaitan dengan penjelajahan batiniah atau pencarian akan sumber daya spiritual atau emosional yang lebih dalam.

Dalam konteks kesehatan dan kesejahteraan, tafsir mimpi ini bisa memiliki beragam makna. Beberapa penafsir mungkin menganggapnya sebagai pertanda bahwa seseorang sedang mencari pemulihan atau penyembuhan dari masalah fisik atau mental.

Umumnya, melalui gambaran menggali sumur, mimpi ini bisa menggambarkan usaha untuk mengakses atau menemukan sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Bagi sebagian orang mimpi menggali sumur juga dapat diartikan sebagai simbol upaya untuk menciptakan fondasi yang kuat atau memperkuat dasar-dasar kehidupan seseorang.

Lalu bagaimana tafsir mimpi menggali sumur ini dalam Islam?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tafsir Mimpi Berdasar Literatur Kitab Klasik

Mengutip Bincangsyariah.com, arti mimpi menggali sumur dipercayai sebagian orang memiliki makna penting di dunia nyata. Bahkan, arti mimpi menggali sumur selalu dikaitkan dengan kesehatan dan kesejahteraan. Lantas, bagaimana arti mimpi menggali sumur dalam Islam?

Dalam literatur kitab klasik, dijumpai beberapa keterangan mengenai tafsir mimpi menggali sumur dalam islam. Menurut keterangan ulama, air dalam mimpi merupakan lambang adanya pasangan yang baik dan kaya. Sedangkan sumur dalam mimpi melambangkan harta, ilmu, pernikahan, laki-laki gagah, penjara, belenggu, atau penipuan.

Sebagaimana dalam kitab Mu’jam Tafsirul Ahlam, halaman 112 berikut,

بئر : الماء في المنام امرأة ضاحكة مستبشرة. وإذا رأته امرأة فهو رجل، حسن الخلق والبئر مال أو علم أو تزوج أو رجل ضخم أو سجن أو قيد أو مكر.

Artinya : “Tafsir mengenai sumur. Air dalam mimpi melambangkan wanita yang tersenyum dan gembira. Jika seorang wanita yang mengalami mimpi, maka dia adalah laki-laki yang berakhlak baik. Sumur dapat berarti harta, ilmu, perkawinan, laki-laki gagah, penjara, belenggu, atau penipuan.”

3 dari 3 halaman

Jika Laki-laki, Maka akan Menipu Wanita Kaya untuk Dinikahi

Berdasarkan keterangan ulama, seseorang yang bermimpi menggali sumur dan di dalamnya ada air, maka hal itu pertanda dia akan menipu wanita kaya yang dinikahi, karena menggali itu dapat berarti penipuan. Jika tidak ada air di dalamnya, maka wanita tersebut tidak mempunyai harta.

Sebagaimana dalam lanjutan keterangan kitab Mu’jam Tafsirul Ahlam, halaman 112 berikut,

ومن رأى أنه احتفر بئراً وفيها ماء تزوج امرأة موسرة ومكر بها لأن الحفر مكر. فإن لم يكن فيها ماء فإن المرأة لا مال لها. وإن رأى أنه شرب من مائها، فإنه يصيب مالاً من مكر إذا كان هو المحتفر، وإلا فعلى يد من احتفرها أو سميه أو عقبه بعده.

Artinya : “Barangsiapa melihat bahwa dia telah menggali sumur dan di dalamnya ada air, maka ia akan menikahi wanita kaya dan dia akan menipunya, karena menggali itu dapat berarti penipuan. Jika tidak ada air di dalamnya, maka wanita tersebut tidak mempunyai harta.

Jika dia melihat bahwa dia meminum airnya, maka pertanda dia akan mendapatkan harta dari hasil penipuan jika dia yang menggalinya, jika tidak, maka harta itu akan berada di tangan orang yang menggalinya, atau yang menggantikannya setelah dia.”

Berdasarkan keterangan diatas, seseorang yang bermimpi menggali sumur dan di dalamnya ada air maka hal itu pertanda dia akan menipu wanita kaya yang dinikahi, karena menggali itu dapat berarti penipuan. Jika tidak ada air di dalamnya, maka wanita tersebut tidak mempunyai harta.

Bagi seseorang yang bermimpi menggali sumur hendaknya selalu berdoa kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala macam perbuatan yang dilarang oleh Allah termasuk juga dalam melakukan penipuan terhadap sesama. Wallahu a'lam.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat