uefau17.com

Jangan Lupa Baca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat, Ini 5 Keutamaannya - Islami

, Jakarta - Membaca Al-Qur’an adalah salah satu kunci dari ketenangan hati. Begitupun pada hari tertentu kita dapat membaca dan juga mengamalkannya. 

Seperti anjuran membaca surah al-Kahfi pada hari Jumat. Surah ini terdiri dari 110 ayat dan termasuk golongan surah makkiyyah.

Dari Ibnu Umar, mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: 

“Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat.” (HR. Muslim)

Dengan membaca surah ini niscaya akan dapat menyinari di hari kiamat kelak dan diampuni segala dosa. Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa keutamaan yang didapat apabila rutin membaca surah Al-Kahfi:

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi

1. Mendapatkan ridho Allah SWT

Setiap muslim tentu berharap untuk senantiasa mendapatkan keridhoan dari Allah SWT. Dengan ridho-Nya hidup akan terasa lebih tentram dan nyaman. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Siapa yang membaca surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

2. Terhindar dari perbuatan buruk

Adapun hal ini menjadi salah satu keistimewaan dalam membaca surah al-Kahfi, karena pada dasarnya surat ini sendiri memiliki kisah yang penuh pelajaran. Demi menjaga tauhid dan agamanya, para pemuda Ashabul Kahfi melarikan diri dari pemimpin yang zalim. Kemudian Allah-lah yang memberi mereka petunjuk terbaik sehingga dapat terhindar dari hal yang buruk.

Hal inilah yang menjadikan pelajaran bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan harus berlandaskan keimanan kepada Allah SWT, agar senantiasa mendapat keberkahan dan kebahagiaan. 

3. Diberi rasa sakinah

Keutamaan surah al-Kahfi juga akan membuat seseorang merasa tenang secara individu, maupun merasa sakinah dalam berkeluarga.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:

اقْرَأْ فُلاَنُ ، فَإِنَّهَا السَّكِينَةُ نَزَلَتْ لِلْقُرْآنِ ، أَوْ تَنَزَّلَتْ لِلْقُرْآنِ

Artinya: “Bacalah terus hai Fulan. Sesungguhnya awan itu adalah ketenangan yang turun saat engkau membaca Alquran atau turun kepada Al-Qur’an,” (HR Bukhari dan Muslim).

3 dari 3 halaman

Keutamaan Lainnya

4. Dipancarkan cahaya di hari kiamat

Orang yang membaca surah al-Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat, maka Allah akan memancarkan cahaya baginya kelak di hari kiamat.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

Artinya: “Barang siapa membaca surah al-Kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq,” (HR Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi).

5. Pengingat terhadap hari kiamat

Keutamaan surah al-Kahfi juga menjadi pengingat kita terhadap hari kiamat. Hal ini tertulis dalam ayat 47 yang berbunyi,

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ ٱلْجِبَالَ وَتَرَى ٱلْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا

Artinya: “Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat