uefau17.com

Kembali Mengingat Tanda-Tanda Kiamat, Waspada Ada yang Sudah Terjadi - Islami

, Jakarta - Kedatangan hari kiamat masih menjadi misteri bagi manusia. Tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan kiamat akan terjadi kecuali Allah SWT.

Dalam Al-Qu'ran dan sejumlah hadis, Allah SWT senantiasa memberikan gambaran mengenai hari akhir yang akan terjadi suatu hari nanti.

Allah SWT pun senantiasa memberikan petunjuk dan tanda-tanda tibanya hari kiamat kepada umatnya agar senantiasa tetap waspada dan menjaga ibadahnya.

Salah satunya Al-Quran Surat Al-Aʽrāf ayat 187 ketika Rasul SAW ditanya kapan terjadinya kiamat.

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ

Artinya, “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat, ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sungguh pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku. Tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia.’”

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi

Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap terkait tanda-tanda hari kiamat baik yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi menurut Agama Islam.

Tanda hari kiamat yang sudah terjadi

Dikutip dari Islampos.com berikut tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi.

1. Bulan terbelah,

2. Meninggalnya Nabi Muhammad SAW,

3. Suatu bentuk kematian yang akan membunuh ribuan Muslim. (Dimengerti untuk merujuk pada wabah Amwas selama kekhalifahan ‘Umar ibn al-Khattab.)

4. Pertempuran besar di Madinah (dipahami sebagai pertempuran al-Harrah selama kekhalifahan Yazid, 63 H).

5. Penaklukan Muslim atas Yerusalem.

6. Penaklukan Muslim atas Konstantinopel.

7. Dua kelompok besar Muslim yang berperang.

8. Perang antara orang Islam dan orang bermata kecil, memakai sendal dari rambut (diartikan untuk menyebut invasi Mongol Tatar di tanah Islam.)

9. Perjanjian damai antara Muslim dan non-Muslim dari ras kuning (Cina, Mongol, dan lainnya)

10. Tiga puluh penipu muncul, masing-masing menganggap dirinya sendiri adalah seorang nabi.

 

3 dari 3 halaman

Tanda-tanda Kiamat yang akan Terjadi

Salah satu hadits sahih yang berkaitan dengan kiamat (as-sāʽah) yang pasti adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Sahihnya dan juga diriwayatkan oleh beberapa perawi hadits serta diakui oleh para ulama adalah hadits berikut.

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Artinya, “Dari Hudzaifah bin Asid Al-Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya'juj dan Ma'juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka,” (Lihat Abul Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim An-Naisaburi, Al-Jāmi’us Ṣaḥīḥ, [Beirut, Dārul Afaq Al-Jadidah: tanpa tahun], juz VIII, halaman 178).

Tanda-tanda kiamat dalam hadits ini disebut sebagai tanda-tanda kiamat kubra (hari akhir). Ada sepuluh tanda kiamat yang disebutkan dalam hadits ini. Namun yang disebutkan dalam hadits tersebut hanya ada delapan:

1. Munculnya kabut (dukhan)

2. Munculnya Dajjal

3. Munculnya Dabbah

4. Terbitnya matahari dari barat

5. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

6. Munculnya Isa bin Maryam

7. Adanya tiga gerhana, di timur

8. Gerhana di barat

9. Gerhana di jazirah Arab

10. Adanya api yang muncul dari Yaman kemudian menggiring manusia menuju tempat berkumpul.

Demikian penjelasan terkait tanda-tanda hari kiamat menurut Agama Islama yang perlu umat muslim ketahui.

Adapun tanda-tanda kiamat yang telah disebutkan di dalam Al-qur'an maupun hadist bertujuan agar orang mukmin tidak hanya menghabiskan waktunya untuk memikirkan kiamat. Namun senantiasa menjadikan hal tersebut sebagai peringatan terhadap diri sendiri untuk terus meningkatkan ibadah dan ketakwaan terhadap Allah SWT. Wallahu A'lam

Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat