uefau17.com

Gambaran Beratnya Umat Islam Hadapi Fitnah Kubra Dajjal Jelang Kiamat - Islami

, Jakarta - Salah satu tanda kiamat kubra ialah munculnya Dajjal. Dalam beberapa hadis, Rasulullah SAW menjelaskan kemunculan mahluk ini sebagai salah satu tanda datangnya hari kiamat.

Munculnya Dajjal di tengah-tengah manusia ini menyebabkan banyak terjadi fitnah. Bahkan dijelaskan bahwa fitnah terbesar dan terberat dalam sejarah perjalanan umat manusia ialah fitnahnya Dajjal laknatullah.

Saking beratnya menghadapi fitnah Dajjal ini, dalam sholat, baik fardlu maupun sunah ketika tasyahud akhir kita membaca doa untuk memohon perlindungan Allah SWT agar terbebas dari fitnah Dajjal menjelang kiamat.

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر ومن عذاب النار ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari azab Jahannam, dari azab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal."

Lantas seperti apa gambaran beratnya umat Islam ketika menghadapi fitnah kubra ini?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beratnya Menghadapi Fitnah Dajjal

Mengutip Tesis Baiq Siti Hajar yang berjudul "Dajjal dalam Al-Qur'an dan Hadis" ini, saking beratnya menghadapi fitnah Dajjal ini, Rasulullah SAW mawanti-wanti jika mendengar tentangnya untuk segera meninggalkannya.

Sebab jika tidak, ia akan terpengaruh dengan tipu dayanya sehingga nantinya akan menjadi pengikutnya.

Siapa mendengar Dajjāl, hendaklah ia menjauhinya. Demi Allah, ada seorang lelaki yang datang kepadanya dengan penuh percaya diri sebagai mukmin, namun ternyata lelaki itu mengikutinya juga, karena tipu daya yang dilakukannya.”

Dajjal merupakan mahluk Allah yang mengaku sebagai tuhan. Ia datang sembari membawa hal-hal yang luar biasa. Padahal semua itu hanyalah kebatilan.Manusia akan mengikuti Dajjal setelah melihat kejadian-kejadian luar biasa yang dilakukan oleh Dajjal ini.

3 dari 3 halaman

Keajaiban Dajjal sehingga Banyak yang Jadi Pengikut

Ibnu Katsir menyebutkan bahwa melalui Dajjal, Allah akan menguji hambahamba-Nya yang beriman. Dajjāl akan melakukan aksi-aksi luar biasa.

Dia akan memerintah langit menurunkan hujan, lalu memerintah bumi memberikan hasil bagi mereka yang mau mendengar suaranya.

Dajjal itu benar dan bahwa dia merupakan makhluk yang dipergunakan oleh Allah untuk menguji hamba-hamba-Nya dan di berikan beberapa kekuasaan seperti menghidupkan orang yang dibunuhnya, menumbuhkan dan menyuburkan bunga-bunga, memiliki surga dan neraka, sungai, memerintahkan langit untuk menurunkan hujan dan bumi untuk menumbuhkan tanaman.

Kemampuan luar biasa yang dilakukan Dajjal ini sebenarnya merupakan kehendak Allah SWT. Allah berkuasa mencabut kehebatan Dajjal ini sehingga pada akhirnya ia tidak lagi melakukan hal-hal yang menakjubkan ini.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat