uefau17.com

7 Ciri Pemukiman yang Ada Wali Allah-nya, Terasa Tenang dan Sejuk hingga Terhindar Bencana - Islami

, Cilacap - Waliyullah adalah orang yang memiliki kemuliaan atau keistmewaan dari Allah SWT. Orang yang mendapat predikat wali Allah sebenarnya sama saja dengan kita sebagai manusia biasa hanya saja tingkat spiritual yang membedakan antara kita dengan wali Allah.

Setiap perilaku yang ada pada wali Allah merupakan tameng bagi wilayah yang didiaminya.

Ketika wali Allah berdiam di suatu wilayah maka wilayah tersebut akan mendapatkan efek nur ilahi yang segala kebaikan-kebaikan akan meliputi wilayah tersebut.

Wali Allah tersebut bisa secara sadar bahwa beliau adalah seorang Wali bisa juga seorang wali Allah tidak sadar bahwa ia adalah seorang yang mendapat predikat beruntung tersebut yang terpenting bagi orang tersebut berbuat kebaikan merupakan jalan hidup yang harus ia tempuh dan dapat memberi bermanfaat bagi setiap manusia di sekitarnya.

Alangkah beruntungnya ketika suatu pemukiman didiami oleh seorang wali Allah karena sudah pasti pemukiman tersebut mendapat keberkahan dari Allah SWT. Berikut ini ciri-ciri wilayah atau pemukiman yang ada waliyullahnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri Pemukiman yang Ada Walinya (1-4)

1. Tenang dan Sejuk

Tenang dan sejuk ini merupakan ciri pertama adanya waliyullah di wilayah tersebut. Tenang ini bisa didapatkan dari segi penduduknya yang selalu akur dan menciptakan kedamaian antar sesama tetangga ketika terjadi keributan tidak akan pernah sampai menjadi suatu hal yang dibesar-besarkan.

Sehingga ketenangan antar penduduk tercipta dengan sendirinya rasa keingintauan antar sesama penduduk juga tidak ada sama sekali masing-masing penduduk tersebut sibuk dengan aib masing-masing dan berusaha menutupi aib yang terjadi pada keluarganya dan yang paling penting sibuk dengan urusan agama lebih baik dibanding sibuk mengurusi urusan orang lain.

Udara di wilayah yang didiami Wali Allah akan terasa sejuk tidak panas juga tidak dingin sinar matahari terasa cukup untuk memenuhi kebutuhan wilayah tersebut serta hujan akan tiba ketika wilayah tersebut sudah terasa gersang sehingga kesejukan akan terus terasa di wilayah tersebut

2 Selalu Aman ketika Terjadi Bencana

Ciri selanjutnya ketika wali Allah mendiami suatu pemukiman adalah di wilayah tersebut selalu aman dari bencana yang terjadi.

Wilayah tersebut akan selalu terhindar dari bencana. Padahal di wilayah-wilayah lain sedang terjadi bencana misalnya terjadi gempa bumi di wilayah tersebut yang mengakibatkan seluruh rumah-rumah mengalami kerusakan, namun wilayah pemukiman yang didiami oleh Allah tidak akan mengalami kerusakan.  

Inilah bentuk perlindungan dari Allah kepada seorang wali Allah yang bermukim di wilayah tersebut, sehingga orang yang berada di sekitar kediaman Wali Allah mendapatkan manfaat perlindungan dari Allah SWT.

3 Tidak Pernah Kekurangan Air

 Wilayah yang didiami oleh seorang wali Allah tidak akan pernah kekurangan air. Wilayah itu akan terus dikucuri oleh air yang sangat melimpah, walaupun wilayah sekitar sedang terjadi kekeringan.

Tempat yang didiami oleh wali Allah ini air akan terus berlimpah ketika air merupakan sarana penting untuk bersuci sehingga Allah tidak akan membiarkan wilayah tersebut menjadi kekeringan.

4. Tidak ada Pasar

Ciri yang keempat adalah di wilayah tersebut tidak akan ada yang namanya pasar karena pasar merupakan tempat favorit bagi jin kafir.

Pasar juga tempat yang bisa memicu terjadinya kekotoran dan memicu aroma tak sedap sehingga Allah tidak akan membiarkan pasar ada di wilayah yang didiami oleh seorang wali Allah.

3 dari 3 halaman

Ciri 5-7

5. Terdapat Masjid yang Selalu Ramai Jemaah

Di mana ada Wali Allah di situ juga masjid akan berdiri kokoh namun kokohnya masjid bukan hanya dari bangunannya saja tetapi kokohnya masjid berdasarkan dari jamaah yang selalu ramai mengisi masjid ketika waktu salat tiba.

Ciri yang paling dominan adalah ketika waktu subuh dan Isya ketika dua waktu sholat itu tiba maka sekurang-kurangnya masjid akan terisi minimal hingga shaf laki-laki dan satu sap perempuan dan waktu salat yang lain akan terasa lebih ramai dibanding waktu Isya dan waktu subuh.

Meskipun seorang wali Allah melaksanakan salat di rumah, namun masjid di pemukiman itu akan selalu ramai dan hidup karena semua kalangan usia akan memenuhi masjid ketika waktu salat tiba sehingga suasana masjid akan selalu hidup.

6 Jarang Dimasuki oleh Pengemis

Bisa kita lihat di zaman sekarang ini banyak orang yang memanfaatkan situasi dengan cara mengemis karena mengemis merupakan jalan yang mudah untuk mencari uang. Para pengemis-pengemis palsu itu akan memasuki pemukiman-pemukiman warga untuk mendapatkan simpati dari warga tersebut namun hal ini tidak berlaku bagi pemukiman yang ditinggali seorang wali Allah.

Allah akan melindungi pemukiman tersebut dari pengemis-pengemis palsu itu. Tidak akan ada pengemis palsu yang bisa masuk ke wilayah itu karena malaikat selalu menjadi pagar perlindungan bagi wilayah tersebut.

Namun ketika pengemis yang benar-benar membutuhkan sudah pasti akan bisa masuk ke wilayah itu. Sebab di wilayah itu merupakan tempat yang tepat untuk seorang pengemis mendapatkan bantuan.

Terkadang Nabi Khidir juga akan singgah ke wilayah tersebut dengan menyamar menjadi seorang pengemis untuk sekedar melihat suasana Pemukiman yang mendapat berkah dari Allah subhanahu wa ta'ala

7 Terhindar dari Wabah Penyakit

Ciri selanjutnya adalah di wilayah tersebut jarang terjangkit suatu penyakit. Bahkan penduduk wilayah tersebut jarang ada yang sakit. Ciri yang paling mencolok adalah ketika ada warga yang meninggal dunia sudah bisa dipastikan orang yang meninggal di wilayah tersebut bukan karena suatu penyakit karena Allah tidak akan menimpakan suatu penyakit pada wilayah yang didiami oleh Wali Allah.

Demikian 7 ciri pemukiman atau wilayah yang terdapat wali Allah sebagaimana disarikan dari tayangan YouTube Maiora Media, Senin (30/10).

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat