uefau17.com

Ragam Istilah untuk Hari Kiamat yang Menjadi Nama Surah dalam Al-Qur’an - Islami

, Cilacap - Hari kiamat merupakan peristiwa dahsyat yang menyebabkan hancurnya jagat raya ini. Sebagai muslim, kita wajib meyakini kepastian datangnya hari kiamat yang mencekam itu.

Sebab percaya kepada hari kiamat atau hari akhir merupakan rukun iman yang kelima. Dalam menerangkan peristiwa ini, Al-Qur’an tidak selalu menggunakan kata al-Qiyaamah.

Banyak varian kata dalam Al-Qur’an untuk menunjukkan makna kiamat itu sendiri, seperti al-Ghasiyah, al-Qaari’ah, Al-Haqqah, at-Taghabun dan lain sebagainya. Varian kata ini pula yang menjadi nama surah-surah Al-Qur’an yang berkaitan dengan kiamat.

Penggunaan kata yang tidak hanya satu untuk hari kiamat ini tentu saja mengandung maksud dan tujuan tertentu. Tentunya menarik untuk membahas arti ragam istilah untuk hari kiamat dalam Al-Qur’an yang sekaligus menjadi nama-nama surah dalam Al-Qur'an.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nama Lain Hari Kiamat yang Menjadi Nama Surah dalam Al-Qur'an 1-4

1. Al-Qiyamah

Kata Al-Qiyamah berarti hari kiamat. Istilah ini juga menjadi nama surah yakni surah Al-Qiyamah.

لَاۤ اُقۡسِمُ بِيَوۡمِ الۡقِيٰمَةِ

"Aku bersumpah dengan hari Kiamat," (QS. AL Qiyamah : 1)

2. Al-Qari'ah

Salah satu nama dari hari kiamat adalah Al-Qari'ah. Al-Qari'ah artinya adalah ketukan keras. Allah SWT berfirman,

 وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ

"Sudahkah sampai kepadamu berita tentang (hari Kiamat)?" (QS.Al Qari’ah: 3)

3. Al-Ghasiyah

Hari kiamat juga memiliki sebutan Al-Ghasiyah. Al-Ghasiyah sendiri memiliki arti peristiwa yang dahsyat, sebab di hari kiamat terjadi peristiwa besar yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Allah SWT berfirman,

  هَلْ أتىكَ حَدِیثُ ٱلْغَشِیَةِ

"Sudahkah sampai kepadamu berita tentang (hari Kiamat)?" (QS. Al-Ghasyiyah: 1)

4. Al-Haqqah

Sebutan lain dari hari kiamat adalah al-Haqqah. Al-Haqqah ini sendiri memiliki arti yang pasti. Sebab hari kiamat adalah hari yang pasti akan datang dan peristiwa yang pasti terjadi.

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْحَاۤقَّةُ ۗ 

"Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu?" (QS. Al-Haqqah: 3)

3 dari 3 halaman

Nama Lain Hari Kiamat dalam Al-Qur'an 5-6

5. Al-Waqiah

Al-Waqi'ah (Hari Kiamat) merupakan nama lain dari hari kiamat. Waqi'ah secara bahasa artinya kejadian, maksudnya ialah kejadian hari kiamat. Hal ini tertuang dalam surat Al-Waqi'ah ayat 1 yang berbunyi,

إِذَا وَقَعَتِ ٱلۡوَاقِعَةُ

“Apabila terjadi hari kiamat,” (QS. Al-Waqi’ah: 1).

6. At Taghabun

Selain disebut sebagi yaumul qiyamah, hari kiamat juga disebut sebagai At-Taghabun. At-Taghabun artinya adalah hari ditampakkannya kesalahan.

Sebab pada hari ini akan diungkapkan semua kesalahan yang telah dilakukan semua manusia selam masih hidup di dunia.

Allah SWT berfirman,

 یَوْمَ یَجْمَعُكُمْ لِیوْمِ ٱلْجَمْۖعِ ذَلِكَ یوْمُ ٱلتَّ غَابُۗنِ وَمَن یؤْمِنۢ بِ َّ ٱﷲِ وَیَعْمَلْ صَٰلحًا یُكَِّ فرْ عَنْهُ سَیِّ ـََٔاتِهۦِ وَیُدْخِلْهُ  جََّٰ نتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَرُ خَلِدِینَ فِیهَآ أَبدًۚا ذَلِكَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِیمُ

"(Ingatlah) pada hari (ketika) Allah mengumpulkan kamu pada hari berhimpun, itulah hari pengungkapan kesalahan-kesalahan. Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan kebajikan niscaya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung." (QS. At Taghabun: 9).

Penulis : Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat