uefau17.com

Top 3 Islami: Karomah Kiai yang Tahu Adiknya Hendak Wafat, Khutbah Jumat Maulid Nabi dan Rabiul Awal - Islami

, Jakarta - Rabiul Awal telah tiba. Pada bulan ini ada satu momen spesial yang disambut bahagia, Maulid Nabi, 12 Rabiul Awal.

Momen peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini disambut umat Islam sedunia.

Para pembaca rupanya juga telah menunggu momen ini. Terbukti, sejumlah artikel terkait Rabiul Awal dan Maulid Nabi menjadi sorotan.

Salah satunya adalah khutbah Jumat mengenai cara mencintai Rasulullah SAW dengan sholawat. Artikel ini menjadi salah satu dari tiga artikel paling menarik perhatian pembaca kanal Islami .

Artikel kedua yakni karomah Mbah Hafid Nogosari yang bisa mengetahui bahwa adiknya akan meninggal di tanah suci. Sementara, artikel ketiga juga sama masih terkait dengan Maulid Nabi, yakni bagaimana meneladani sifat Rasulullah SAW.

Selengkapnya mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Khutbah Jumat Singkat Maulid Nabi: Cinta Rasulullah SAW dengan Sholawat

Bulan Rabiul Awal telah tiba. Pada bulan ini ada satu momen yang sangat ditunggu umat Islam dengan gembira, Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Tiap tahun, umat Islam di seluruh dunia memperingati Maulid Nabi. Momen gembira ini juga melahirkan berbagai tradisi di berbagai daerah di Indonesia. Itu adalah bentuk cinta Rasulullah SAW.

Dalam kesempatan ini, redaksi menyajikan naskah khutbah Jumat mengenai bagaimana melakukan tindakan untuk merepresentasikan kecintaan terhadap Rasulullah.

Kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW tak sekadar memperingati hari kelahirannya. Lebih dari itu, seorang muslim dianjurkan untuk melakukan kesunnahan, sebagaimana yang dicontohkan Nabi.

Salah satunya adalah melantunkan sholawat sebagai ucapan sehari-hari.

Khutbah Jumat ini dinukil dari laman banten.nu.or.id, dengan judul 'Khutbah Jumat: Mahabbah, Cinta Rasulullah', diolah dari Nidaul Ummah, PCNU Bantul, Jogja.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Kisah Karomah Langka Mbah Hafid Nogosari, Tahu Kematian Adiknya yang Hendak Berhaji

Banyak karomah yang dianugerahkan kepada wali-wali Allah. Karomah ini merupakan keistimewaan yang diberikan oleh Allah kepada para aulianya.

Melalui karomah ini, keyakinan orang awam dan kepercayaannya terhadap Allah akan makin tinggi. Sebab, seringkali karomah berupa sesuatu yang secara nalar muskil terjadi.

Hanya karena kekuasaan dan kehendak Allah-lah terjadi karomah, seperti yang diperlihatkan oleh para wali.

Karomah yang dimiliki oleh wali itu terkadang tidak hanya tampak ketika hidup saja. Tetapi setelah wafat, karomah waliyullah masih bisa dirasakan.

Salah satu ulama yang dikenal banyak memiliki karomah adalah, KH Ahmad Hafidudin bin Usman Basyaiban atau Mbah Hafid Nogosari. Selain alim, Mbah Hafid juga dikenal keramat.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Teks Khutbah Jumat 2023: Rabiul Awal Bulan Maulid Nabi, Momentum Meneladani Akhlak Rasulullah SAW

Rabiul Awal merupakan bulan ketiga dalam penanggalan kalender Hijriyah. Bulan in termasuk mulia karena di dalamnya banyak peridtiwa bersejarah Islam.

Salah satu peristiwa penting yang terjadi di bulan Rabiul Awal adalah lahirnya Nabi Muhammad SAW. Kelahiran Rasulullah SAW terjadi pada 12 Rabiul Awal tahun Gajah.

Saat ini kita sudah masuk bulan Rabiul Awal. Seyogyanya bulan Maulid Nabi ini dijadikan momentum umat Islan meneladani Rasulullah SAW.

Berikut ini teks khutbah Jumat 2023 sebagai pengingat umat Islam mengenal dan meneladani Nabi Muhammad SAW.

Semoga materi khutbah Jumat yang disusun Dosen Universitas Darussalam Gontor M. Taufiq Affandi ini bermanfaat untuk umat.

Selengkapnya baca di sini

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat