uefau17.com

12 Rabiul Awal 1445 H Jatuh Tanggal Berapa Masehi? Ini Jadwal Maulid Nabi 2023 - Islami

, Jakarta - Terdapat perbedaan pendapat mengenai tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW. Namun, mayoritas ulama sepakat bahwa Rasulullah SAW lahir pada hari Senin, tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah. 

Hingga kini, setiap tanggal 12 Rabiul Awal umat Islam di berbagai belahan dunia merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peringatan hari kelahiran manusia agung ini dikenal dengan Maulid Nabi.

Untuk merayakan Maulid Nabi, seorang muslim penting mengetahui 12 Rabiul Awal bertepatan tanggal berapa dan hari apa dalam kalender Masehi. Mengingat terdapat perbedaan setiap tahunnya antara kalender Hijriyah dengan Masehi.

Jika mengacu pada kalender 1445 H yang diterbitkan Kementerian Agama Republik Indonesia, 1 Rabiul Awal 1445 H jatuh pada hari Ahad, 17 September 2023. Dengan demikian, 12 Rabiul Awal 1445 H atau peringatan Maulid Nabi tahun ini bertepatan dengan hari Kamis, 28 September 2023.

Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, tanggal 28 September 2023 adalah hari libur untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peristiwa Penting pada Rabiul Awal

Mengutip situs Tambakberas.com, ada beberapa peristiwa penting yang terjadi pada bulan Rabiul Awal. Peristiwa-peristiwa ini penting diketahui muslim agar semakin mengenal tentang Islam dari sisi historisnya.

Pertama adalah kelahiran Nabi Muhammad SAW pada Senin, 12 Rabiul Awal tahun Gajah. Rasulullah SAW lahir saat pasukan Gajah yang dipimpin Abrahah menyerang Ka'bah di Makkah. Peristiwa tentara bergajah ini diabadikan dalam surah Al-Fil.

Kedua adalah peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Peristiwa ini terjadi pada Senin, 12 Rabiul Awal setelah 13 tahun Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi nabi dan rasul.

Peristiwa penting yang ketiga adalah wafatnya Rasulullah SAW di Madinah, yang terjadi pada hari Senin, 12 Rabiul Awal 23 H. Rasulullah SAW wafat dengan mewariskan kemakmuran, kebahagiaan, serta kasih sayang yang sempurna.

Allah SWT berfirman:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيْتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِينًا

Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.“ [QS. al Maidah: 3].

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat