uefau17.com

Kandungan dan Keutamaan Surah Al-A'la, Wahyu yang Paling Dicintai dan Sering Dibaca Rasulullah SAW - Islami

, Jakarta - Setiap surah di dalam Al-Qur'an memiliki keutamaannya masing-masing. Firman-Nya diturunkan untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi di antara manusia pada saat itu. Salah satu surah yang memiliki kandungan dan keutamaan luar biasa adalah surah Al-A'la.

Surah Al-A'la merupakan surah ke-87 dalam Al-Qur'an yang memiliki arti Yang Paling Tinggi. Nama surah ini diambil dari ayat pertama yang berbunyi sabbikhisma rabbikal-a'la. Surah Al-A'la juga dikenal dengan nama surah sabbik.

Surah Al-A'la termasuk wahyu Allah ke-7 yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW. Surah ini turun setelah surah At-Takwir. Surah yang terdiri dari 19 ayat ini memiliki kandungan yang luar biasa. Sebagai umat Muslim sudah selayaknya mengetahui isi kandungan dari kitab sucinya, termasuk kandungan surah Al-A'la.

Mengutip dari laman dream.co, berikut kandungan dan keutamaan surah Al-A'la yang ternyata merupakan firman Allah yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaminan Allah kepada Nabi SAW

Kandungan surah Al-A'la berisi tentang penyucian, penetapan keesaan serta kuasa Allah SWT yang menciptakan serta memberi tuntunan wahyu kepada para utusan-Nya dengan tujuan menuntun manusia ke jalan yang benar.

Sebab turunnya surah Al-A'la telah dijelaskan dalam suatu riwayat dari At-Thabrani yang bersumber dari Ibnu Abbas. Ia berkata bahwa setiap kali Malaikat Jibril datang membawa wahyu kepada Rasulullah, beliau SAW selalu membaca kembali berulang-ulang wahyu itu karena khawatir lupa.

Menanggapi kondisi tersebut, Allah SWT menurunkan firman-Nya yaitu surah Al-A'la sebagai jaminan bahwa Rasulullah tidak akan lupa atas setiap wahyu yang turun kepadanya.

Menurut Prof. Quraish Shihab dalam tafsir Al Misbah, surah Al-A'la merupakan salah satu surat dalam Al-Qur'an yang paling dicintai sekaligus paling sering dibaca oleh Rasulullah SAW. Beliau sering membaca surah ini pada rakaat pertama sholat Jumat, sholat Ied, sholat witir dan sesekali pada saat sholat Maghrib.

Banyak dalil yang menjelaskan tentang hal tersebut, salah satunya dalam hadis riwayat Imam Ahmad dari Ali bin Abi Thalib.

Ali bin Abi Thalib berkata: "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mencintai surat ini yaitu sabbihisma Rabbikal a'laa." (HR Ahmad no. 742 akan tetapi sanadnya lemah).

Meskipun sanad dari hadis tersebut lemah, namun banyak nilai positif yang bisa diambil. Salah satunya karena bacaan Al-Qur'an dalam sholat bernilai ibadah yang besar sekali pahalanya

3 dari 3 halaman

Surah yang Sering Dibaca Rasulullah

Surah Al-A'la termasuk surah yang sering dibaca Rasulullah pada saat sholat, yaitu sholat witir, sholat ied, dan sholat jumat. Sebagaimana hadis dari Ubay bin Ka’ab ia berkata:

"Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sholat witir dengan membaca Sabbihisma Rabbikal ala dan Qul Yaa Ayyuhal Kaafiruun, dan Qul Huwallahu Ahad." (HR Ibnu Majah no 1171, Abu Dawud no 1423. Demikian juga diriwayatkan dari Ibnu Abbas dalam al-Musnad no 15355 dan at-Tirmidzi no 462)

Selain itu, terdapat pula riwayat yang menyebutkan bahwa surah Al-A'la selalu dibaca oleh Nabi SAW dalam sholat-sholat Ied, demikian juga dalam sholat Jumat.

An-Nu’maan bin Basyiir berkata: “Adalah Rasulullah tatkala sholat ied (idul fitri dan idul adha) dan sholat Jumat beliau membaca Sabbihisma Rabbikal alaa dan Hal Ataaka Hadiitsul Ghoosyiah." An-Nu’man berkata, "Dan jika berkumpul antara ied dan Jumat dalam satu hari maka Nabi membaca kedua surat tersebut juga pada dua sholat tersebut (sholat ied dan sholat Jumat)." (HR Muslim no. 878)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat