uefau17.com

6 Tanda Datangnya Kematian Sejak 100 Hari Pertama Menurut Imam Al-Ghazali - Islami

, Jakarta - Setiap manusia akan meninggal. Kapan, di mana, dan kondisi seperti apa seseorang akan berpulang hanya Allah SWT yang mengetahui. 

Ajal kita mungkin saja sudah dekat. Bisa hari ini, esok, lusa, atau mungkin juga masih lama. Semua itu adalah rahasia Allah SWT yang sudah tercatat di Lauhul Mahfudz.

Kematian tidak mengenal usia. Ada yang meninggal saat masih dalam kandungan, usia balita, menginjak dewasa, bahkan ada pula yang meninggal di usia tua.

Penyebab kematian juga bisa beragam. Ada yang karena sakit, kecelakaan, atau terkadang ada pula yang tiba-tiba.

Memang kematian seseorang tidak ada yang tahu selain Allah SWT. Meski demikian, ada hamba-hamba Allah SWT yang dengan keimanan dan ketakwaan kepada-Nya bisa peka terhadap tanda-tanda kematian yang akan mendatanginya. 

Imam Al-Ghazali merupakan salah satu hamba Allah yang mengetahui tanda-tanda kematiannya, sehingga ia bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi sakaratul maut. Adapun tanda-tanda datangnya kematian menurut Imam Al-Ghazali yang dilansir dari Islampos.com adalah sebagai berikut.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Menjelang Kematian

1. Tanda-Tanda Kematian 100 Hari Pertama

Setelah waktu Ashar, seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki seolah bergetar hingga menggigil.  Bagi mereka yang menyadari tanda ini tentu akan memanfaatkan waktu hidupnya dengan sebaik mungkin untuk mencari bekal yang akan dibawa mati nanti.

2. Tanda Kedua 40 Hari Sebelum Kematian

Tanda kedua ini menjelang ajal menjemput ini lazim terjadi setelah waktu Ashar. Pada bagian pusat akan terasa berdenyut.  Selain itu diriwayatkan pula bahwa sebelum ajal menjemput telinga terasa berdengung secara terus menerus.

3. Tanda Ketiga Tujuh Hari Sebelum Kematian

Bagi orang yang tengah sakit keras selera makan akan meningkat pada hari ketujuh menjelang kematian. Biasanya ingin menikmati makanan tertentu sesuai keinginannya.

3 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Menjelang Kematian

4. Tanda Keempat 3 Hari Sebelum Kematian

Lazim dirasakan adanya denyutan pada tengah dahi, nafsu makan menurun atau bahkan tidak mau makan.  Mata akan terlihat memudar sehingga tidak lagi bersinar, hidung perlahan turun, telinga terlihat layu dan telapak kaki sukar ditegakkan.

5. Tanda Kelima Sehari Sebelum Kematian

Lazim terasa sebuah denyutan pada bagian ubun-ubun sesudah waktu Ashar. Ini pertanda bahwa tidak akan menemui waktu Ashar di keesokan harinya.

6. Tanda Akhir di Mana Kematian Telah Datang

Terasa dingin di bagian pusat hingga turun ke pinggang selanjutnya menjalar naik ke bagian halkum. Jika demikian, harus senantiasa berdzikir dan mengucapkan kalimat syahadat secara terus menerus sampai malaikat maut menghampiri dan menjemput ruh untuk kembali kepada Allah yang memilikinya.

Terlepas dari tanda-tanda itu, ada kalanya kematian datang mendadak. Saat pagi hari kita masih bertemu, namun ternyata siang harinya sudah berpulang. Tentu semua ini sudah menjadi ketentuan-Nya. Kita tidak bisa menghindar dari kematian. 

Allah SWT berfirman:  “Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak dapat (pula) memajukannya.”  (QS.  Al-A’raf:  34).

Semoga kita bisa mempersiapkan sebaik mungkin sebelum kematian tiba. Saat berpulang kepada-Nya semoga kita bisa mendapat predikat meninggal husnul khatimah. Aamiin. Wallahu’alam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat