uefau17.com

Top 3 Islami: Ucapan dan Twibbon Tahun Baru Islam 2023 hingga Amalan di Malam 1 Suro atau Muharram - Islami

, Jakarta - Pada 19 Juli 2023 ini, kita sudah memasuki tahun baru Islam 1445 Hijriyah. Momen penting ini menjadi pengingat bahwa nyaris 15 abad lalu, peristiwa hijrah menjadi salah satu episode penting lahir dan menyebarkan agama Islam di dunia.

1 Muharram ditetapkan sebagai awal tahun Islam oleh Khalifah Umar bin Khattab. 1 Muharram bukanlah hari pertama hijrah, namun lebih kepada ketetapan atau resolusi hijrah.

Kanal Islami menyajikan informasi-informasi menarik seputar tahun baru Islam 2023, mulai dari ucapan tahun baru Islam, Twibbon Selamat Tahun Baru Islam 2023 hingga amalan-amalan di malam 1 Suro atau 1 Muharram.

Artikel seputar tahun baru Islam ini menyita perhatian pembaca kanal Islami dan menjadi jajaran tiga artikel paling diminati. Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 70 Ucapan Tahun Baru Islam 2023, Kata-Kata Selamat 1 Muharram 1445 H Penuh Makna

Tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023. Umat Islam akan menyambut tahun baru ini dengan penuh suka cita. Hal ini karena tahun baru Islam termasuk salah satu momen penting bagi muslim di seluruh dunia.

Ada banyak cara untuk memperingati dan merayakan tahun baru 1 Muharram. Selain dengan membaca doa akhir-awal tahun dan mengerjakan amal saleh, umat Islam dapat memeriahkan media sosial (medsos) dengan ucapan-ucapan.

Membagikan ucapan selamat tahun baru Hijriyah di medsos merupakan bentuk syiar Islam. Kata-kata selamat ini bisa menjadi kepsyen di unggahan medsos atau dibagikan ke kerabat, saudara, teman, dan sahabat muslim lainnya lewat pesan singkat.

Bagi Anda yang ingin memberikan ucapan selamat tahun baru Islam tapi belum ada referensi dapat menggunakan contoh-contoh yang dibagikan . Kata-kata ini penuh doa dan sarat makna mendalam.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini kumpulan ucapan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H. Yuk meriahkan tahun baru Islam di medsos.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. 20 Link Twibbon Keren 1 Muharram Tahun Baru Islam 1445 H/2023, Yuk Meriahkan Medsos!

Sebentar lagi tahun 1444 Hijriyah berlalu dan akan beranjak memasuki tahun baru Islam 1445 H. Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 hijriyah jatuh pada Rabu, 19 Juli 2023.

Pada Selasa petang, 18 Juli 2023, umat Islam sudah memasuki malam pergantian tahun dan sudah memasuki tahun baru. Pasalnya, pergantian hari dalam kalender Hijriyah terjadi pada tenggelamnya matahari dan terbitnya bulan di ufuk timur.

Berbagai tradisi dilakukan oleh umat Islam untuk merayakan tahun baru Islam. Misalnya pawai obor.

Tentu ada sebagian dari kita yang tidak bisa mengikuti tradisi tersebut. Namun, jangan khawatir, kita tetap bisa merayakan tahun baru Islam dari rumah, salah satunya yakni dengan membagikan Twibbon.

Twibbon ini berisi ucapan selamat tahun baru Islam atau 1 Muharram. Twibbon tahun baru Islam ini bisa dibagikan ke saudara atau rekan dan bisa pula dibagikan di medsos.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. 10 Amalan Malam 1 Suro dalam Ajaran Islam, Berkah Luar Biasa Bulan Mulia

Sebentar lagi umat Islam akan meninggalkan tahun 1444 Hijriyah dan beranjak masuk ke tahun baru Islam 1445 Hijriyah. 1 Muharram, berdasar kalender resmi, jatuh pada Rabu 19 Juli 2023.

Itu artinya, pada Selasa malam, 18 Juli 2023, kita sudah memasuki tahun baru atau disebut sebagai malam 1 Muharram. Sebab, pergantian hari dalam kalender Hijriyah terjadi pada petang, karena mengggunakan penanggalan qamariyah atau lunar.

Kalender Hijriyah yang ditetapkan pada masa pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab ini lantas diadopsi oleh Sultan Agung menjadi kalender Jawa. Itu sebab, kalender Jawa dan kalender Hijriyah sama.

1 Muharram dalam kalender Hijriyah disebut sebagai 1 Suro dalam kalender Jawa. Pun begitu, Bulan Muharram disebut sebagai bulan Suro.

Setelah mengetahui persamaan ini, maka penyebutan malam 1 Suro dan malam 1 Muharram sebenarnya sama. Waktu pergantian tahunnya pun sama, yakni ketika matahari tenggelam dan bulan muncul di ufuk timur.

Dalam ajaran Islam, ada berbagai amalan yang dianjurkan di bulan Muharram. Amalan-amalan tersebut sudah bisa dilakukan pada malam 1 Muharram atau malam 1 Suro.

Berikut ini adalah penjelasan berbagai amalan malam 1 Suro:

Selengkapnya baca di sini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat