uefau17.com

5 Keutamaan Luar Biasa Sholat Fardhu di Awal Waktu, Amalan yang Pertama Dihisab pada Hari Kiamat - Islami

, Jakarta - Umat Islam wajib menjalankan sholat fardhu lima waktu. Sholat juga merupakan rukun Islam.

Saking pentingnya, sholat juga disebut tiang agama. Sholat juga menjadi ibadah atau amalan yang pertama kali dihisab pada hari kiamat.

Jika sholatnya baik, niscaya akan memengaruhi amal dan perbuatan lainnya.

Dalam Al-Qur'an disebut pula waktu sholat. Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا

“Sesungguhnya shalat memiliki waktu yang telah ditetapkan bagi orang beriman.” (QS. An Nisaa’: 103)

Rasulullah SAW juga sangat memperhatikan waktu sholat. Secara detail Rasulullah SAW bersabda,

عَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ عَمْرِوٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ نَبِيَّ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( وَقْتُ اَلظُّهْرِ إِذَا زَالَتْ اَلشَّمْسُ  وَكَانَ ظِلُّ اَلرَّجُلِ كَطُولِهِ  مَا لَمْ يَحْضُرْ اَلْعَصْرُ  وَوَقْتُ اَلْعَصْرِ مَا لَمْ تَصْفَرَّ اَلشَّمْسُ  وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْمَغْرِبِ مَا لَمْ يَغِبْ اَلشَّفَقُ  وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلْعِشَاءِ إِلَى نِصْفِ اَللَّيْلِ اَلْأَوْسَطِ  وَوَقْتُ صَلَاةِ اَلصُّبْحِ مِنْ طُلُوعِ اَلْفَجْرِ مَا لَمْ تَطْلُعْ اَلشَّمْسُ )  رَوَاهُ مُسْلِمٌ

"Dari Abdullah Ibnu Amr Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Waktu Dhuhur ialah jika matahari telah condong (ke barat) dan bayangan seseorang sama dengan tingginya selama waktu Ashar belum tiba waktu Ashar masuk selama matahari belum menguning waktu shalat Maghrib selama awan merah belum menghilang waktu shalat Isya hingga tengah malam dan waktu shalat Shubuh semenjak terbitnya fajar hingga matahari belum terbit.” Riwayat Muslim.

Lantas, kapan sebaiknya pelaksanaan sholat fardhu. Maka jawabannya adalah melaksanakan sholat di waktu yang telah ditentukan, atau di waktu yang tepat.

Namun begitu, Rasulullah SAW juga menyebutkan keutamaan sholat di awal waktu. Berikut ulasannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Keutamaan Sholat Fardhu di Awal Waktu

Mengutip rumaysho.com Rasulullah SAW bersabda bahwa sholat di awal waktu itulah yang paling afdhol,

عَنْ أُمِّ فَرْوَةَ قَالَتْ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَىُّ الأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ « الصَّلاَةُ فِى أَوَّلِ وَقْتِهَا

Dari Ummu Farwah, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol. Beliau pun menjawab, “Shalat di awal waktunya.” (HR. Abu Daud no. 426. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Berikut adalah keutamaan sholat fardhu di awal waktu, mengutip Unwaha.ac.id:

1. Dicintai Oleh Allah SWT

Bukti seorang muslim mencintai Allah SWT adalah dengan bergegas menjalankan ibadah solat 5 saat waktunya sudah tiba. Jika Anda mencintai Allah SWT, maka Allah SWT pun akan mencintai Anda juga. Untuk itu, jaga solat Anda agar Anda bisa terus rajin solat di awal waktu. Tak ada salahnya meninggalkan segala pekerjaan saat waktu solat telah kamu tiba.

2. Mendapatkan Balasan Surga

Balasan bagi muslim yang menyegerakan solatnya adalah surga. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy, bahwa Rasulullah SAW bersabda : Allah Ta’ala berfirman: ‘Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu solat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktu solat pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaga solatnya, maka dia tidak mendapatkan apa yang aku janjikan’.

 

3 dari 3 halaman

3. Dosanya Akan Diampuni Oleh Allah SWT

Keutamaan sholat 5 waktu di awal adalah dosanya akan diampuni oleh Allah. Sebab orang yang solat tepat waktu adalah orang yang memprioritaskan Allah SWT di atas segalanya, dan mengikhlaskan waktunya untuk menghadap Allah SWT, maka dosa-dosanya akan digugurkan

Pekerjaan di dunia bisa dikejar, tapi waktu sholat yang terlewat jelas tak akan Anda dapatkan kembali.

4. Memperoleh Pahala Kebaikan yang Amat Besar

Sholat 5 waktu di awal jelas memiliki pahala yang amat besar. Untuk itu jangan sampai Anda menyia-nyiakan kesempatan ini untuk memperoleh pahala kebaikan.

Sholat lima waktu juga tidam akan menghabiskan semua waktu Anda. Setelah selesai solat, Anda masih bisa menyelesaikan semua kegiatan atau pekerjaan Anda.

5. Akan Mendapatkan Sembilan Macam Kemuliaan

Bagi Anda yang menyegerakan sholat 5 waktu, maka Anda akan mendapatkan sembilan kemuliaan, yaitu dicintai oleh Allah SWT, badannya akan selalu diberi kesehatan, diana pun keberadaannya selalu dijaga oleh para malaikat, rumahnya akan selalu diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri seorang muslim yang shalih, hatinya akan dilunakkan oleh Allah SWT, dipermudah saat akan menyeberang jembatan Shirath seperti kilat, dia akan diselamatkan Allah SWT dari panasnya api neraka, dan Allah SWT Akan menempatkannya di surga-Nya.

Itu adalah 5 keutamaan bagi umat muslim yang bisa menjaga sholatnya. Semoga bisa menjadi motivasi Anda untuk selalu rajin sholat 5 waktu di awal. Wallahua'lam.

Tim Rembulan

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat