uefau17.com

Ribuan Jemaah Haji Indonesia Jalani Sholat Jumat Perdana di Masjid Nabawi - Islami

, Jakarta Ribuan jemaah haji asal Indonesia menjalani sholat Jumat perdana di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, pada hari ini, Jumat (26/5/2023). Jemaah haji Indonesia terlihat begitu antusias berjalan kaki mendatangi masjid nabi.

Meski jarak hotel para jemaah haji Indonesia relatif dekat dari Masjid Nabawi, yakni hanya sekitar 100 meter, mereka tetap memilih berangkat lebih awal agar masih kebagian tempat dalam masjid. Apalagi jemaah haji dari berbagai belahan dunia juga sudah mulai berdatangan di Madinah.

Seperti yang dilakukan Tajul Abrari. Jemaah asal embarkasi Aceh (BTJ) ini antusiasme melaksanakan salat Jumat perdana di Masjid Nabawi, meski baru saja tiba di hotel tempatnya menginap. Dia dan beberapa temannya segera berangkat sholat Jumat di Masjid Nabawi sebagai rangkaian ibadah ibadah Arbain.

"Insyaallah langsung salat Jumat," kata dia saat ditemui di hotel dekat Masjid Nabawi.

Sukarman (70), jemaah haji Indonesia kloter pertama asal DKI Jakarta ini juga tidak mau ketinggalan untuk ikut Sholat Jumat di Masjid Nabawi.

Jemaah haji yang menginap di Artal International Hotel Company ini juga menuturkan bahwa sholat Jumat di Masjid Nabawi ini bagian dari ibadah arbain yang telah ia jalani sejak tiba di Madinah, Rabu 24 Mei 2023.

Apalagi jarak antara tempat penginapan dan masjid cukup dekat. "Mumpung di sini (Madinah) saya ingin perbanyak ibadah," ucap warga Cengkareng, Jakarta Barat tersebut.

Hal senada dikatakan Abu Salam Sayuti, jemaah haji Kloter 2 asal Cianjur, Jawa Barat. Ditemui di Pos 21, Abu yang mengalami sakit di bagian pinggangnya ini juga mengaku akan melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Nabawi.

Namun karena sakit, dia memilih untuk beristirahat di Pos 21. Sementara rombongannya tetap melanjutkan ke masjid, "Saya baru sampai semalam. Tadi saya sama rombongan memang ingin Jumatan di masjid," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masjid Nabawi Dipenuhi Jemaah Haji

Berdasarkan pantauan , jemaah haji dari berbagai negara termasuk Indonesia secara berkelompok menuju Masjid Nabawi untuk menunaikan shalat Jumat.

Mereka bergegas berjalan kaki dari tempat hotelnya menginap yang tersebar di lima sektor sekitar Masjid Nabawi. Pada pukul 11.00 Waktu Arab Saudi (WAS), pelataran Masjid Nabawi sudah disesaki jemaah dari berbagai penjuru dunia. Begitu pun di dalam area masjid.

Jemaah yang baru tiba langsung diarahkan naik ke lantai atas Masjid Nabawi. Hingga adzan zuhur berkumandang, jemaah masih terus berdatangan.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga Jumat siang tercatat sudah 13.407 jemaah haji Indonesia dari 34 kloter yang telah tiba di Madinah. Mereka tersebar di berbagai penginapan di sekitar Masjid Nabawi.

Jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang pertama sudah tiba di Madinah sejak 24 Mei 2023. Mereka akan tinggal lebih kurang 9 hari. Setelah itu, secara bertahap jemaah diberangkatkan ke Makkah Al Mukarramah mulai 2 Juni 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat