uefau17.com

Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington D.C AS Gelar Rangkaian Malam Ramadhan hingga Kompetisi Voli - Islami

, Washington - Atase kebudayaan dari Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington, D.C. AS, menyelenggarakan Ramadhan Volleyball Championship Cup dan rangkaian malam Ramadhan. Gelaran ini bekerja sama dengan klub mahasiswa Saudi di ibu kota.

Selain itu juga ada acara Bazaar Ramadhan pada Senin, 17 April 2023 di Washington, DC.

Acara dan festival untuk perayaan bulan suci ini selalu tersedia setiap tahun di berbagai macam negara, dan ini menarik komunitas Muslim maupun non-Muslim yang ingin merasakan hidangan dan nuansa Ramadhan.

Dilaporkan oleh media Arab, Arab News, Rabu (19/4/2023), bazaar tersebut mencakup 30 paviliun perbelanjaan serta tenda Ramadhan yang menyajikan hidangan perayaan populer dari berbagai daerah Arab.

Ini merupakan salah satu dari banyak acara yang diselenggarkan oleh Kedutaan Arab Saudi selama bulan ini.

Dikabarkan bahwa banyak anggota fakultas universitas, serta mahasiswa yang belajar bahasa Arab, terlihat hadir meramaikan acara.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Acara Ramadhan Kedutaan AS

Sementara itu, Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia menyelenggarakan acara bertema Ramadhan pekan lalu.

"Hari ini kita merayakan tiga hal penting, yaitu Ramadhan, produk agrikultur AS, serta Bulan Warisan Nasional Arab Amerika," kata Duta Besar AS, Sung Y. Kim ketika membuka acara "Ramadhan Delights with U.S" di @america, Mall Pacific Place Lantai 3.

Acara "Ramadhan Delights with U.S." ini diadakan untuk memperingati bulan suci Ramadhan, serta Bulan Warisan Nasional Arab Amerika (National Arab American Heritage Month/NAAHM), dan juga untuk mempromosikan produk-produk pertanian AS di Indonesia.

NAAHM dirayakan setiap bulan April, tahun ini NAAHM jatuh pada bulan Ramadhan sehingga menjadikan acara ini lebih istimewa lagi.

Dalam demonstrasi memasak hidangan Timur Tengah pada perayaan ini, koki menggunakan bahan-bahan masak bernuansa Ramadhan yang merupakan produk agrikultur dari AS. Dilanjutkan sesi berbuka puasa bersama.

Klik untuk baca selengkapnya mengenai perayaannya, teknologi pertanian AS, serta kurma impor.

 

3 dari 4 halaman

Pasar Malam Ramadhan Sydney

Negara Australia, tepatnya di Sydney, selalu dimeriahkan dengan salah satu acara kuliner tahunan yakni Lakemba’s Ramadan Night Markets atau Pasar Malam Ramadhan Lakemba.

Pasar itu menyajikan beraneka ragam hidangan bernuansa Ramadhan, buka menjelang iftar (buka puasa) hingga pukul tiga subuh di saat umat Muslim sahur.

Namun hidangan Ramadhan yang dijual di sana jauh berbeda dengan yang biasa dijual di Indonesia. Makanan dan minuman di Pasar Malam Ramadhan Lakemba berasal dari berbagai macam negara.

Ada makanan asal India, kopi dari Turki, es krim Suriah, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, umat Muslim yang tinggal di Australia khususnya Sydney tidak perlu bingung lagi untuk membeli makanan iftar dan sahur di mana. Anda bisa berkunjung ke Pasar Malam Ramadhan Lakemba untuk berbuka puasa ataupun hanya sekedar mencicipi hidangan bernuansa Ramadhan.

Untuk melihat daftar makanan dan minuman populer yang dijual di Pasar Malam Ramadhan Lakemba, klik di sini.

4 dari 4 halaman

Ramadhan Jazz Festival

Untuk negara Indonesia sendiri, Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bekerja sama dengan WartaJazz menggelar kegiatan tahunan bernama “Ramadhan Jazz Festival 2023”.

Acara ini kembali digelar ke-12 kalinya untuk memeriahkan bulan Ramadhan 1444 H, dan membawa tema Harmony Our Culture dengan tagline #ItsAllAboutUs yang diharapkan dapat membawa pesan cinta dan kedamaian untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Mundur ke 11 tahun yang lalu, RICMA mendapatkan tawaran Warta Jazz dari sebuah celotehan di Twitter untuk bekerja sama dan menggarap kegiatan yang menyedot perhatian banyak anak muda. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dakwah syiar masa kini sekaligus meningkatkan tali silaturahim dan menambah pengetahuan ke-Islam-an kita bersama.

Islam juga mengajarkan hamba-Nya untuk saling mengingatkan, tolong menolong, serta saling berbuat baik yang dilandasi rasa cinta kasih.

Mengutip firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surah Ibrahim ayat 4, yakni “Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka. Maka Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Dia- lah Rabb YangMaha Kuasa lagi Maha Bijaksana”.

Dengan bahasa yang baik serta dilandasi ketulusan cinta kepada Allah SWT dan sesama, maka diharapkan pesan damai dan harmoni Ramadhan Jazz Festival dapat diterima tidak hanya oleh warga Jakarta, namun seluruh elemen masyarakat Indonesia dan dunia.

Untuk melihat beberapa penampilan dari acara Ramadhan Jazz Festival 2023, selengkapnya ada di sini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat