uefau17.com

Doa Tobat yang Bisa Umat Muslim Baca untuk Memohon Ampunan kepada Allah SWT - Islami

, Jakarta Setiap orang pasti tidak pernah luput dari kesalahan begitu pula dengan umat muslim. Sebagai manusia biasa, umat muslim juga tentu pernah melakukan dosa baik yang disadari maupun tidak. 

Dosa yang dilakukan pun bermacam-macam mulai dari dosa kecil hingga dosa besar. Dengan begitu, penting bagi setiap umat muslim untuk bertobat kepada Allah SWT. Memohon ampun atas berbagai kesalahan yang telah dilakukan dan meminta perlindungan Allah agar bisa kembali ke jalan-Nya yang baik dan benar. 

Dalam hal ini, tobat bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya ialah membaca doa tobat. Dilansir dari NU Online, terdapat dua bacaan doa tobat yang bisa dipraktikkan sehari-hari, yaitu doa tobat untuk pengakuan dosa dan doa tobat yang dibaca Nabi Adam. Berikut bacaannya: 

Doa Tobat untuk Pengakuan Dosa

“Ilahi lastu lil Firdausi ahla, Wa la aqwa ala naril jahimi. Fahab li taubatan waghfir dzunubi, Fainnaka ghafirudz dzanbil ‘azhimi.”

Artinya: “Ya Tuhanku, aku bukanlah penghuni yang pantas masuk surga-Mu. Namun aku pun tidak sanggup masuk neraka jahim. Maka dari itu, bukalah pintu taubat-Mu. Ampunilah segenap dosaku. Karena sungguh Engkau ialah Zat yang maha pengampun.”

Doa Tobat Nabi Adam

"Rabbanaa zhalamnaa anfusanaa wa illam tagfirlanaa watarhamnaa lanakuunanna minal khaasiriin."

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mandi dan Sholat Tobat

Sementara itu dilansir dari Merdeka.com, ada cara yang bisa dilakukan lagi untuk bertobat yaitu dengan mandi tobat dan sholat tobat. Berikut ini langkah-langkahnya:

Mandi Tobat

Mandi taubat dilakukan dengan urutan dan tata cara tertentu. Tentunya sebelum melakukan mandi tobat, Anda perlu membaca niat mandi taubat terlebih dahulu sebagai salah satu syarat yang perlu dipenuhi. Lafal niat mandi taubat adalah sebagai berikut:

 

Nawaitul ghusla littaubati ‘an jami’idzunuub

 

Artinya: Aku berniat mandi taubat dari segala dosa dhahir dan batin.

Selanjutnya, berikut tata cara mandi taubat yang bisa Anda lakukan:

  1. Membaca doa niat mandi taubat.
  2. Membasuh kedua telapak tangan hingga sela-sela jari, kemudian dilanjutkan dengan membasuh kedua tangan sebanyak 3 kali.
  3. Membasuh organ intim menggunakan air dengan tangan kiri hingga bersih.
  4. Membasuh seluruh anggota badan dengan air, kemudian membersihkan dengan sabun mandi. Pastikan seluruh bagian tubuh basah terkena air.
  5. Selanjutnya berwudhu, tata caranya sama seperti berwudhu saat hendak sholat.
  6. Berikutnya membasuh sela-sela rambut dengan air hingga merata, dan dilanjutkan dengan mengguyur kepala sebanyak 3 kali.
  7. Setelah itu, mengguyur bagian tubuh dengan air, dimulai dari bagian kanan terlebih dahulu dilanjutkan bagian kiri.
  8. Terakhir, membersihkan kaki hingga bagian sela-sela sampai bersih.

 

3 dari 3 halaman

Sholat tobat

Sholat tobat dilakukan dalam dua rakaat dengan niat untuk bertobat kepada Allah SWT. Sholat tobat ini termasuk shalat sunah yang cara pelaksanaannya sama seperti ibadah shalat pada umumnya. Diawali dengan niat, takbirarul ihram, rukuk, i’tidal, sujud, hingga tahiyat akhir. Adapun lafal niat shalat tobat adalah sebagai berikut:

 

“Ushallî sunnatat taubati.”

 

(Artinya: Saya berniat shalat sunnah taubat)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat