uefau17.com

Tips Bikin Abon yang Enak dan Tahan Lama, Bisa untuk Sahur sampai Hidangan Lebaran - Islami

, Jakarta - Selama bulan puasa atau bahkan saat lebaran nanti, ada beberapa macam makanan yang bisa dijadikan stok dan bisa disantap sewaktu-waktu. Salah satunya adalah abon. Selain dikonsumsi langsung, abon juga kerap dijadikan lauk pendamping sepiring nasi hangat.

Tak hanya dari daging sapi, abon juga bisa dibuat menggunakan berbagai bahan seperti ikan dan daging ayam. Abon ayam sendiri rasanya tak kalah lezat dibanding abon sapi.

Tak ada salahnya kalau kamu mau bikin abon ayam sendiri. Dengan begitu jumlah abon bisa disesuaikan selera. Kalau banyak, tinggal disimpan jadi stok saat lebaran nanti untuk disantap dengan nasi maupun ketupat.

Cara membuat abon ayam terbilang mudah. Ayam yang sudah direbus, bisa disuwir-suwir, lalu dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah. Setelah itu, suwiran ayam digoreng beberapa kali hingga teksturnya kering. Abon pun sudah jadi.

Meski terlihat gampang, terkadang proses ini memerlukan waktu lama. Tapi ternyata ada cara praktis untuk membuat abon ayam yang salah satunya dibagikan oleh pemilik akun YouTube Santo Sapi.

Menurut akun tersebut, kamu tidak perlu menggoreng abon sampai beberapa kali agar teksturnya menjadi kering. Pertama-tama, bersihkan ayam terlebih dahulu lalu masukkan ke wajan untuk direbus. Jangan lupa tambahkan seikat lengkuas, daun salam, dan daun jeruk ke dalamnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Abon Harus Benar-benar Kering

Sambil menunggu ayam matang, siapkan terlebih dahulu bumbu halusnya. Masukkan bawang putih, kunyit, dan lengkuas. Blender hingga semua bahan tercampur merata. Sisihkan.

Jika ayam sudah matang, angkat dan tiriskan. Setelah agak dingin, suwir-suwir ayam dengan tangan. Agar teksturnya semakin halus, pria satu ini bahkan menumbuk suwiran ayamnya, lalu sisihkan lagi.

Panaskan sedikit saja minyak di wajan, lalu tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma wangi. Jika sudah, masukkan daun salam, daun jeruk, serai, irisan gula merah, dan kuah kaldu ke wajan, aduk-aduk hingga merata.

Usai air mendidih, masukkan daging ayam yang sudah ditumbuk tadi. Tambahkan garam dan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk dan masak hingga abon ayam kering selama sekitar 20 menit.  Masak terus abon hingga teksturnya menjadi benar-benar kering, karena jika terdapat kandungan air di dalamnya, abon menjadi mudah cepat basi saat disimpan.

Setelah matang dan benar-benar kering, matikan kompor lalu biarkan terlebih dahulu hingga dingin. Setelah dingin, abon ayam pun siap untuk disajikan maupun dijadikan stok. "Ini bisa awet sampai berbulan-bulan asal disimpan di dalam wadah kering. Apalagi kalau dimasukkan ke dalam kulkas," terangnya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat