uefau17.com

Ramai Tradisi Ziarah Kubur Jelang Ramadhan, Ini Hukumnya - Islami

, Jakarta - Ziarah kubur, salah satu tradisi yang kerap dilakukan umat muslim di Tanah Air menjelang bulan suci Ramadhan. Tradisi ini seakan menjadi hal yang perlu dilakukan saat memasuki Ramadan untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal. Maka tak heran, apabila banyak tempat pemakaman umum yang membeludak dibanjiri para keluarga.

Berziarah kubur menjelang Ramadhan, baik ke makan orangtua atau para ulama, salah satunya bertujuan agar peziarah selalu diingatkan kepada akhirat. Hal demikian sebagaimana dijelaskan Imam Ibnu Hajar al-Haytami dalam kitab ‘al-Fatawa al-Fiqhiyah al-Kubra’.

Sementara itu, Syekh Nawawi al-Bantani menjelaskan bahwa hikmah disunnahkan ziarah kubur ke makam orang tua setiap hari Jumat adalah Allah mengampuni dosa-dosanya dan dirinya dicatat sebagai anak yang taat dan berbakti kepada kedua orang tuanya. Demikian dilansir dari nu.or.id.

Hal ini sebagaimana termaktub dalam kitab Nihayatuz Zain. Dengan begitu hal tersebut menjadi kesempatan bagi siapa saja yang merasa kurang dalam pengabdian kepada orang tua semasa hidupnya untuk senantiasa berbakti dan mengabdi kepada mereka.

Demikian pula yang disabdakan Rasulullah SAW:

"Siapa berziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya setiap hari Jum’at maka Allah mengampuni dosa-dosanya dan dia dicatat sebagai anak yang taat dan berbakti kepada kedua orang tuanya."

Bahkan, ada pula yang menyebut bahwa ziarah kepada orang tua dapat pahala haji yang disediakan oleh Allah SWT. Hal ini terdapat dalam kitab Al-maudhu’at berdasar pada hadits Ibn Umar ra.

Rasulullah SAW bersabda "Barang siapa berziarah ke makam bapak atau ibunya, paman atau bibinya, atau berziarah ke salah satu makam keluarganya, maka pahalanya adalah sebesar haji mabrur. Dan barang siapa yang istiqamah berziarah kubur sampai datang ajalnya maka para malaikat akan selalu menziarahi kuburannya."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Ada Larangan Ziarah Kubur di Bulan Ramadhan

Memang, pada asalnya, ziarah kubur di bulan suci Ramadhan ataupun di Hari Raya, sebenarnya tidak ada perintah dan tidak ada larangan.

Namun, karena tidak adanya larangan, orang yang suka ziarah mengambil inisiatif alangkah indahnya jika dapat mengirim doa pada hari-hari yang penuh rahmat dan ampunan (hari-hari bulan Ramadhan) dan hari yang bahagia (Idul Fitri).

Hal demikian sebagaimana ditulis KH Munawwir Abdul Fattah Pengasuh Pesantren Krapyak Yogyakarta dalam "Ziarah Kubur di Bulan Ramadan dan Hari Raya."

3 dari 4 halaman

Doa Ziarah Kubur, Adab, hingga Hal-Hal yang Disunahkan Dilakukan saat ke Makam

Kebiasaan ziarah kubur memang seolah telah menjadi tradisi yang dilakukan oleh umat muslim di tanah air. Itu mengapa penting bagi kamu untuk mengetahui doa ziarah kubur yang kerap dilakukan jelang bulan suci Ramadhan seperti sekarang.

Selain membersihkan makam, beberapa amalan juga dianjurkan ketika berziarah kubur.

Dalam Shahih Muslim dipaparkan bahwa, setiap kali keluar rumah pada akhir malam menuju Baqi’ (makam para sahabat di Madinah yang kini menjadi makam Rasulullah sendiri), Rasulullah SAW menyapa penduduk makam dengan kalimat berikut:

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalâmu‘alaikum dâra qaumin mu’minîn wa atâkum mâ tû‘adûn ghadan mu’ajjalûn, wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn

Artinya: Assalamu’alaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.

Usai membaca salam ini, Rasulullah SAW lalu menyambungnya dengan berdoa "Ya Allah, ampunilah orang-orang yang disemayamkan di Baqi’.

Doa ziarah kubur ini bisa kita ganti dengan memohonkan ampun kepada para ahli kubur tempat peziarah berkunjung.

Berikut ini adalah doa Rasulullah SAW ketika ziarah. Doa ziarah kubur hingga adab ini bisa dilakukan baik ketika ke makam orang tua, saudara maupun orang lain dihimpun  dari berbagai sumber:

4 dari 4 halaman

Doa Ziarah Kubur Saat ke Makam

Berikut doa ziarah kubur yang bisa kamu baca saat ke makam:

A'udzubillahi minasyaithoonir rojim. Bismillahirrohmannirrohim. Alhamdullilahi robbil 'alamin, hamdan syakiriin, hamdannaa'imiin, hamdan yuwaafiini'amahu wayukaafii mazidah, yaa robbanaa lakal hamdu kamaa yanbaghi lijalali wajhika wa'adzimi sultonik, allohumma shoolli wasalim 'ala sayyidina muhammad wa'ala alii sayyidina muhammad.

Alloh humma taqobal wa ausil sawaaaba maa qoro'nahu minal qur'anil 'adzim, wa maa halalna wa maa sabahna wamastaghfarnaa wamaa sholaina 'ala sayyidina muhammad sollallohu'alaihi wasallam, hadiyatan wasilatan, warohmatan nazilatan wa barokatan samilatan ilaa hadhoroti habibina wasafi'ina waquroti a'ayuninaa sayyidina wamaulanaa muhammadin sollallohu 'alaihi wa sallam, wa ila jami'ii ikhwanihi minal anbiyaai walmursaliina wal auliyaai, wassuhadai, wassolihina, wassohabati wattabi'ina wal'ulamail 'alimina wal mushonnafiinal mukhlisiina wa jami'il mujaa-hidiina fi sabilillahi robbil 'alaminn, wal malaikatil muqorrobina khusushan ila sayyidina syaih abdul qodir jailanii.

Summa ilaa jami'i ahlil qubur, minal muslimiina wal muslimati, wal mu'miniina wal mu'minaati, min masaarikil ardhi ila maghoribiha barriha wabahriha khusushan ila aabaaina wa ummahaatiinaa, wa ajdaadina, wanakhussu khusushan manijtama'naa hahunaa bisababihi waliajlihi.

Alloh hummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu anhu wa akrim nuzulahu wawasi' madkholahu, waghsilhu bilmai wassalji wal barodi wanaqihi minal khotooya, kama yunaqqo saubul abyadzu minaddannasi wa abdilhu, darron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wa zaujan khoiron min zaujihi wa adkhilhul jannata wa 'aidhu min 'adzabil qobri wa fitnatihi wa min 'adzabinnar, allohhumaghfir lihayyina wa mayyitina wa sahhidiina wa ghoniina washogiirona wa kaabirona wadzakirona wa ansana, allohumma man ahyaitahu minna fa ahyihi 'alal islami wa man tawafaitahu minna fatawafahu alal iiman allohumma la tuhrimna ajrohu wa laa tudillanaa ba'dahu birohmatikayaa arhamarroohimiin, wal hamdu lillahi robbil 'aalamiin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat