uefau17.com

Doa Panjang Umur untuk Orang Tua, Anak, dan Diri Sendiri Lengkap Beserta Artinya - Islami

, Jakarta Doa panjang umur perlu dikenali oleh setiap muslim. Doa ini tentunya tidak hanya permintaan seorang hamba kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk dipanjangkan umurnya, namun juga disertai dengan permintaan untuk selalu diberkahi dalam kehidupan.

Doa panjang umur bisa diucapkan untuk diri sendiri maupun orang lain. Selain melafalkan doa panjang umur untuk diri sendiri, kamu tentunya juga ingin mengucapkan doa ini untuk orang-orang tercinta, seperti kedua orang tua, saudara, dan orang-orang terdekat.

Panjang umur merupakan salah satu nikmat dari Allah SWT yang tentunya harus dimanfaatkan seorang muslim sebaik-baiknya untuk beribadah. Doa panjang umur bisa kamu ucapkan kapan saja, seperti setelah sholat.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Minggu (19/3/2023) tentang doa panjang umur.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Panjang Umur untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, doa panjang umur dapat ditujukan pada diri sendiri ataupun orang lain. Doa panjang umur ini juga merupakan permintaan agar kehidupan kamu selalu diberikan keberkahan dan kenikmatan oleh Allah SWT.

Berikut lafal doa panjang umur bahasa Arab:

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Doa panjang umur latin:

“Allaahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a'maalanaa, wa wassi' arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa 'anisy-syarri ab'idnaa, waqdhikhawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka 'alaa kulli syai-in qodiir.”

Arti doa panjang umur: 

"Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

3 dari 5 halaman

Doa Panjang Umur untuk Orang Tua

Doa panjang umur untuk orang tua juga bisa kamu lafalkan setiap harinya setelah sholat. Doa panjang umur untuk orang tua mungkin sudah tidak asing lagi karena sudah sering dibacakan setelah sholat berjemaah di masjid. Berikut lafal doa panjang umur untuk orang tua tulisan Arab:

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Doa panjang umur untuk orang tua latin:

“Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati al ahyaa’I minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adhiimi.”

Arti doa panjang umur untuk orang tua:

"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

4 dari 5 halaman

Doa Panjang Umur Singkat

Doa panjang umur yang singkat juga bisa kamu lafalkan secara rutin. Doa singkat ini tentunya akan lebih mudah untuk kamu hafal. Berikut doa panjang umur singkat bahasa Arab:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Doa panjang umur singkat latin:

“Allahumma aktsir mali wa waladi wa barik li fima a’thoitani wa athil hayati ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amali waghfirli.”

Arti doa panjang umur:

"Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau berikan padaku. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku."

5 dari 5 halaman

Doa untuk Orang Tua

Doa Mohon Ampunan untuk Orang Tua

Kamu juga perlu mengenali doa memohon ampunan untuk kedua orang tua. Berikut doanya:

"Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa"

Artinya:

"Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil."

 

Doa untuk Kesembuhan Orang Tua

Doa untuk kesembuhan orang tua yaitu sebagai berikut:

“Allahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama”

Artinya:

"Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat