uefau17.com

Mudah dan Murah, Tips Kulit Tetap Sehat Saat Berpuasa - Islami

, Jakarta Puasa ramadhan menjadi momen penting umat muslim dunia untuk melaksanakannya. Dalam puasa, umat muslim diwajibkan menahan lapar, haus dan hal lain yang membatalkan puasa.

Hanya saja, kondisi berpuasa membuat tubuh seseorang menjadi berubah. Seperti salah satunya tubuh akan merasa kehilangan banyak cairan atau dehidrasi.

Kondisi tubuh yang kurang cairan dapat menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, kusam, dan memperjelas garis-garis halus di wajah. Banyak orang berpendapat bahwa menjaga kesehatan kulit saat berpuasa dianggap sulit.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips dan cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit selama bulan puasa. 60 persen dari tubuh manusia ini terdiri dari air dan setiap sistem bergantung pada kadar air termasuk kulit.

Jadi ketika asupan air pada tubuh kita berkurang, tubuh akan menyerap kelembapan di kulit untuk memenuhi cairan tubuh. Kondisi tersebut mengakibatkan kulit menjadi lebih kering saat sedang puasa.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk tetap menjaga kesehatan kulit kamu selama puasa.

Cara-cara dibawah ini cukup sederhana tapi tetap bisa membuat kulit kamu tetap sehat dan lembab saat berpuasa:

Banyak Minum Air

Kunci utama dari menjaga kelembapan kulit adalah dengan tetap mengkonsumsi air yang cukup. Minumlah banyak air saat sahur dan berbuka puasa agar kulit kamu terhidrasi.

Kamu juga perlu memilih makanan yang berbasis air, seperti sup dan buah-buahan.

Jauhi Minuman Soda dan Kafein

Minuman yang mengandung sodan dan kafein dapat menyedot mineral dalam tubuh yang otomatis dapat menimbulkan efek negative pada kulit. Selain itu, kedua minuman ini sudah terbukti membuat tubuh cepat mengalami dehidrasi. 

Kurangi Produk Hewani

Banyak yang menganggap susu dan telur menjadi pemicu jerawat. Untuk menghindarinya, kamu perlu mengurangi mengkonsumsi produk hewani seperti telur dan susu untuk menjaga kesehatan kulit.

** bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Tepat

Pola makan yang tepat dapat melindungi kulit wajah saat berpuasa. Pastikan kamu mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin A, B, dan C ke dalam makanan berbuka puasa dan sahur. Vitamin-vitamin ini adalah pembangkit tenaga alami perawatan kulit dan dikenal ampuh dalam memudarkan bintik-bintik gelap serta mencerahkan kulit.

Pakai Pelembab

Kulit mudah kering selama berpuasa, sehingga kamu perlu menggunakan pelembap. Setelah mencuci wajah dengan air hangat, pastikan untuk melembabkan kulit untuk mengembalikan kelembaban karena kurangnya hidrasi selama puasa.

Pakai Tabir Surya

Tahukah kamu kalau paparan sinar matahari saat berpuasa lebih berbahaya dari biasanya? Selama puasa, kulit rentan mengalami dehidrasi dan lebih kering.

Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk ketika terkena paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, pastikan kamu memakai tabir surya sebelum beraktivitas.

Rawat Mata

Waktu tidur berubah selama bulan Ramadhan rentan menghasilkan lingkaran hitam di bawah mata. Berikan sedikit perhatian pada mata dengan meletakkan kantong teh di atas mata dan pastikan untuk tidur delapan jam setiap malam.

Cara ini akan merawat kulit selama bulan Ramadhan serta membuat kulit sehat dan tetap glowing saat puasa.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan kulit kamu selama menjalani puasa. Tetap sehat saat berpuasa tentu bukan sebuah pilihan tapi juga keharusan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat