uefau17.com

Amalan dan Doa Agar Selamat di Hari Kiamat - Islami

, Jakarta - Kiamat adalah keniscayaan dan pasti terjadi. Saat hari itu tiba, tiap manusia berharap menjadi yang diselamatkan.

Meski tak ada yang tahu kapan kiamat akan terjadi, namun tanda-tanda kiamat sudah mulai tampak dan semakin komplek. Kiamat adalah kepastian.

رَبَّنَاۤ  اِنَّكَ  جَا مِعُ  النَّا سِ  لِيَوْمٍ  لَّا  رَ يْبَ  فِيْهِ   ۗ اِنَّ  اللّٰهَ  لَا  يُخْلِفُ  الْمِيْعَا دَ

“Ya Tuhan kami, Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya. Sungguh, Allah tidak menyalahi janji.”(QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 9)

Mengutip almasoem.sch.id, orang berakal atau ulul albab adalah orang-orang yang yakin bahwasanya mereka kelak akan kembali kepada Allah, mereka yakin bahwasanya Allah akan mengumpulkan mereka kembali di hari kiamat nanti, mereka yakin bahwa Allah tidak akan menyalahi janji untuk membalas setiap perbuatan manusia di dunia. Setiap orang Islam wajib meyakini adanya hari kiamat atau hari akhir.

Allah SWT dalam Al Quran surat Al Hajj ayat 7 berfirman mengenai datangnya hari kiamat. Di hari kiamat itu tidak ada satu orang pun yang tak akan merasakannya

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Artinya: “Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.”

Sebagai umat Islam, tentu kita berharap agar kitalah yang diselamatkan. Karenanya, kita juga perlu melakukan amalan dan doa, selain berbuat baik dan melaksanakan kewajiban yang disyariatkan sebagai muslim.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amalan dan Doa yang Bisa Menyelamatkan di Hari Kiamat

Dalam Al Quran surat Al Ankabut ayat 7, Allah SWT berfirman mengenai amalan yang bisa menyelamatkan manusia dari hari kiamat.

Amalan tersebut yakni beriman dan berbuat baik.

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَنُكَفِّرَنَّ عَنْهُمْ سَيِّاٰتِهِمْ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَحْسَنَ الَّذِيْ كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

“Wallażīna āmanụ wa ‘amiluṣ-ṣāliḥāti lanukaffiranna ‘an-hum sayyi`ātihim wa lanajziyannahum aḥsanallażī kānụ ya’malụn.

Artinya:“Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, pasti akan Kami hapus kesalahan-kesalahannya dan mereka pasti akan Kami beri balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.”

Untuk itu, agar selamat di hari kiamat ada doa dan amalan yang bisa umat Islam lakukan. Berikut doa agar selamat di Hari kiamat

‎رَبَّنَا آمَنَّا فَاكْتُبْنَا مَعَ الشَّاهِدِينَ

“Rabbana amanna faktubna ma’as syahidin.”

Artinya:“Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Quran dan kenabian Muhammad),”.

Tim Rembulan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat