uefau17.com

Kata Tanya Kapan Digunakan Untuk Menanyakan Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya - Hot

, Jakarta Kata tanya merupakan kata yang digunakan untuk menanyakan sesuatu. Pengertian kata tanya bertujuan untuk mengungkapkan pertanyaan terhadap suatu hal. Bisa menanyakan seseorang atau benda, perbuatan, situasi dan lain sebagainya.

Kata tanya dalam sebuah kalimat ada enam, antara lain, kapan, bagaimana, apa, siapa, di mana, dan kenapa. Kata tanya tersebut memiliki peran atau fungsi masing-masing yang penting dalam sebuah kalimat, salah satunya kata tanya kapan. 

Kata tanya kapan digunakan untuk menanyakan apa? Hal ini sering kali muncul dalam soal bahasa Indonesia di sekolah. Kata tanya kapan digunakan untuk menanyakan waktu atau waktu terjadinya suatu kejadian. 

Agar lebih paham, berikut ulas mengenai kata tanya kapan digunakan untuk menanyakan apa yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/12/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Definisi Kata Tanya

Kata tanya adalah kata yang digunakan untuk menanyakan informasi atau meminta klarifikasi tentang suatu hal. Sedangkan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kata tanya adalah kata yang dipakai sebagai penanda pertanyaan dalam kalimat tanya.

Kata tanya dalam sebuah kalimat ada enam, antara lain, kapan, bagaimana, apa, siapa, di mana, dan kenapa. Kata tanya tersebut memiliki peran atau fungsi masing-masing yang penting dalam sebuah kalimat, salah satunya kata tanya kapan. Pengertian kata tanya bertujuan untuk mengungkapkan pertanyaan terhadap suatu hal. Bisa menanyakan seseorang atau benda, perbuatan, situasi dan lain sebagainya.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Kata Tanya

Setelah mengetahui pengertian kata tanya. Kenali juga ciri-ciri kata tanya. Ada beberapa ciri-ciri kata tanya yang biasa digunakan, di antaranya seperti berikut:

  1. Kata tanya diawali dengan menggunakan huruf kapital dan selalu diakhiri dengan tanda tanda tanya (?)
  2. Memiliki intonasi yang tinggi untuk kalimat tanya dengan jawaban yang singkat, dan intonasi yang rendah untuk kalimat tanya dengan jawaban yang panjang.
  3. Biasanya kata tanya juga menggunakan partikel –kah (siapakah, dimanakah, dan sebagainya.
  4. Kata tanya mengandung 5W + 1 H ( Apa, Siapa, Di mana, kapan, mengapa, dan Bagaimana)
4 dari 6 halaman

Pengertian Kata Tanya Kapan

Setelah memahami pengertian kata tanya, jenis kata tanya dalam sebuah kalimat ada enam yakni, kapan, bagaimana, apa, siapa, di mana, dan kenapa. Kata tanya kapan merupakan salah satu jenis kata tanya dalam bahasa Indonesia yang digunakan untuk menanyakan informasi tentang waktu atau waktu tertentu.

Kata tanya kapan digunakan untuk menanyakan berbagai situasi, mulai dari menanyakan tentang waktu suatu kejadian terjadi hingga menanyakan waktu seseorang akan melakukan sesuatu. Dalam penggunaannya, kata tanya kapan biasanya diposisikan di awal kalimat, kemudian diikuti oleh subject dan verb. Selain itu, biasanya penulisan kata tanya  kapan dalam sebuah kalimat akan diakhiri dengan pemberian tanda tanya (?).

Kata tanya kapan juga dapat digunakan untuk menanyakan periode waktu tertentu.Kata tanya kapan memiliki peran yang penting dalam komunikasi sehari-hari, terutama dalam memahami waktu dan jadwal kegiatan. Dengan menggunakan kata tanya kapan, seseorang dapat meminta kejelasan terkait waktu dan merencanakan kegiatan atau pertemuan dengan lebih terstruktur.

5 dari 6 halaman

Fungsi Kata Tanya Kapan

Kata tanya kapan digunakan untuk menanyakan waktu atau saat terjadinya suatu kejadian. Kata tanya kapan biasanya ditempatkan di awal kalimat atau setelah subjek dalam pertanyaan. Setelah kapan biasanya diikuti oleh kata kerja atau kejadian yang ingin diketahui waktunya.

Penggunaan kata tanya kapan sangat penting dalam berkomunikasi sehari-hari untuk mengetahui waktu atau jadwal suatu kegiatan atau peristiwa. Dengan menggunakan kata tanya ini, kita dapat lebih jelas dalam menanyakan waktu yang diinginkan atau waktu yang dijadwalkan. Oleh karena itu, pembicaraan atau pertanyaan yang menggunakan kata tanya kapan haruslah tepat dan akurat untuk mendapatkan informasi yang sesuai. Dalam penulisan, kata tanya kapan diakhiri dengan tanda tanya (?) untuk menandai bahwa itu merupakan pertanyaan tentang waktu.

6 dari 6 halaman

Contoh Penggunaan Kata Tanya Kapan

Berikut ini terdapat beberapa contoh penggunaan kata tanya kapan dalam percakapan sehari-hari, yakni:

  1. Kapan beliau berangkat ke Bandung?
  2. Kapankah kita dapat bertemu lagi?
  3. Kapan kamu membeli tas baru?
  4. Kapan kejadian kecelakaan siswa di depan sekolah tersebut?
  5. Kapan kamu akan pulang dari kantor?
  6. Kapan kita bisa bertemu untuk membahas proyek ini?
  7. Kapan acara ulang tahunmu?
  8. Kapan film tersebut akan tayang di bioskop?
  9. Kapan kamu akan mengirimkan laporan itu kepada saya?
  10. Kapan mereka akan mulai memperbaiki jalan raya ini?
  11. Kapan kamu akan datang ke acara makan malam kami?
  12. Kapan kamu akan datang ke acara ulang tahun saya?
  13. Kapan kita bisa mulai rapat besok?
  14. Kapan film itu akan tayang di bioskop?
  15. Kapan kamu mulai merasa sakit?
  16. Kapan kita bisa bertemu untuk membicarakan proyek ini?
  17. Kapan seharusnya saya mengirimkan laporan itu?
  18. Kapan kamu akan selesai mengerjakan tugas itu?
  19. Kapan kita bisa pergi liburan bersama lagi?
  20. Kapan tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan ini?
  21. Kapan kita harus mulai menyiapkan persiapan untuk pesta tersebut?
  22. Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi museum ini?
  23. Kapan sebaiknya saya memesan tiket pesawat untuk perjalanan ini?
  24. Kapan kita akan dapat hasil dari tes yang sudah kita ikuti?
  25. Kapan rencana pernikahan kamu dan dia akan dilaksanakan?
  26. Kapan kita bisa bicara dengan bos untuk membahas kenaikan gaji kita?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat