uefau17.com

Langkah Pertama yang Dilakukan dalam Membuat Poster adalah Menentukan Topik dan Tujuan - Hot

, Jakarta Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat poster adalah suatu hal yang penting kamu pahami. Poster merupakan media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai.

Poster biasanya dipasang di tempat-tempat umum yang dianggap strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya. Informasi yang ada pada poster umumnya bersifat mengajak masyarakat.

Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat poster adalah menentukan topik dan tujuan. Untuk membuat poster yang baik dan benar, kamu tentu perlu memperhatikan cara membuat poster yang tepat.

Poster umumnya ditempel di dinding atau permukaan yang relatif datar di tempat-tempat umum yang ramai agar informasi dan pesan yang ada di dalam poster tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat. Berikut rangkum dari modul pada laman lmsspada.kemdikbud.go.id, Jumat (24/11/2023) tentang langkah pertama yang dilakukan dalam membuat poster.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Langkah Pertama yang Dilakukan dalam Membuat Poster adalah Menentukan Topik dan Tujuan

Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat poster adalah suatu hal yang sangat penting diperhatikan sebagai cara membuat poster. Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat poster adalah menentukan apa yang ingin dibahas dalam poster tersebut, apakah membahas produk kecantikan, kegiatan sosial, atau sebuah film animasi.

Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat poster adalah mencakup pula menentukan alasan kamu membuat poster tersebut. Apakah kamu membuatnya untuk promosi atau hanya sekedar sosialisasi. Tentunya, poster-poster promosi lebih membutuhkan riset serius dalam hal gambar, kata-kata, dan peletakan daripada sebuah poster sosialisasi program.

Jadi, telah jelaslah bahwa langkah pertama yang dilakukan dalam membuat poster adalah menentukan topik atau pembahasan dan tujuan atau alasan kamu membuatnya.

3 dari 6 halaman

Langkah Selanjutnya

Setelah menyelesaikan langkah pertama yang dilakukan dalam membuat poster adalah menentukan topik dan tujuan, kamu dapat melanjutkan ke langkah-langkah berikutnya. Berikut cara membuat poster yang tepat setelah menentukan topik dan tujuan:

Langkah Kedua, Buat Kalimat Singkat dan Bersifat Mensugesti

Cara membuat poster selanjutnya yaitu membuat kalimat singkat dan bersifat mensugesti. Poster biasanya dibaca secara sekilas oleh pengunjung. Sedikit sekali pejalan kaki atau pengendara yang berlama-lama di suatu tempat, hanya untuk membaca sebuah poster.

Untuk itu, buatlah kalimat yang singkat agar bisa dibaca hanya dalam waktu beberapa detik saja. Nantinya, melalui bahasa singkat tersebut, maka pesan yang ditulis oleh para pembuat poster bisa tersampaikan dengan baik.

Tetapi, jangan sampai kata-kata tersebut malah ambigu dan membuat para pembaca kebingungan. Buatlah kalimat yang jelas serta mensugesti orang untuk membeli atau melakukan sesuatu (terutama ketika kamu membuat poster promosi produk).

Langkah Ketiga, Gunakan Gambar

Gambar merupakan alat penyampai pesan yang paling menarik. Inilah mengapa berbagai poster saat ini menggunakan gambar dengan proporsi jauh lebih besar dibandingkan dengan tulisan. Gambar dengan warna-warna mencolok adalah jenis yang sebaiknya kamu gunakan demi pengunjung yang lebih banyak.

Langkah Keempat, Gunakan Media yang Tepat

Media (tempat ditempelnya poster) akan menentukan apakah poster kamu banyak dilihat atau tidak. Jika kamu menempelkan poster di dinding-dinding yang ada di pasar, kemungkinan poster tersebut jauh lebih 'laris' ketimbang jika ditempel pada dinding-dinding perkampungan.

Jadi, langkah pertama yang dilakukan dalam membuat poster adalah menentukan topik dan tujuan, kemudian dilanjutkan dengan membuat kalimat singkat dan bersifat mensugesti, setelah itu menggunakan gambar, dan terakhir menggunakan media yang tepat.

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Poster

Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat poster adalah menentukan topik dan tujuan, yang tentunya kamu bisa buat dengan memperhatikan ciri-cirinya. Inilah beberapa ciri poster yang harus kamu ketahui:

  1. Desain grafis dari poster harus memuat komposisi yang terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain yang berukuran besar.
  2. Biasanya poster mengandung unsur-unsur warna yang mencolok, tujuannya supaya dapat menarik perhatian.
  3. Berisikan kalimat-kalimat yang cukup singkat, jelas dan mudah dimengerti pembaca
  4. Poster biasanya selalu mengandung unsur gambar yang menarik, agar membuat banyak orang penasaran untuk melihat dan membaca informasi yang ada didalamnya.
  5. Biasanya poster di pasang ditempat yang strategis supaya dapat diketahui banyak orang, misalnya ditempat yang ramai seperti alun-alun kota, pasar dan lain-lain.
  6. Pesan yang ingin disampaikan sebaiknya disertai dengan gambar.
5 dari 6 halaman

Syarat Poster

Selain itu, ada beberapa syarat yang diperlukan saat membuat poster, yaitu:

  1. Bahasa atau kalimat yang digunakan harus mudah dipahami oleh banyak orang.
  2. Kalimat pada poster harus singkat, jelas dan padat.
  3. Mengkombinasikan antara gambar yang menarik dengan tulisan.
  4. Dibuat semanarik mungkin, supaya menarik perhatian banyak orang.
  5. Poster harus ditempelkan atau dipajang di tempat-tempat yang ramai.
  6. Bahan-bahan untuk membuat poster harus yang memiliki kualiatas yang baik, supaya tidak cepat rusak.
6 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Poster Berdasarkan Isinya

Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat poster adalah menentukan topik dan tujuan, terlepas dari jenis poster apa pun yang ingin kamu buat. Jenis-jenis poster dapat dibagi berdasarkan isinya. Berikut beberapa jenis-jenis poster berdasarkan isinya:

1. Poster Niaga

Jenis-jenis poster berdasarkan isinya yang pertama adalah poster niaga. Poster niaga adalah poster yang berisikan tentang menjual dan mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

Poster ini berisi mengenai suatu produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Poster niaga ini banyak digunakan oleh para produsen kepada masyarakat. Poster ini sering digunakan produsen untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat umum dengan harapan akan bisa meningkatkan penjualan.

2. Poster Layanan Masyarakat

Poster Layanan Masyarakat adalah sebuah poster yang berisikan informasi tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti poster layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

3. Poster Kegiatan

Poster kegiatan adalah poster yang berisikan tentang informasi pada suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, supaya kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan orang-orang tersebut dapat menghadiri kegiatan yang akan dilaksanakan.

4. Poster Karya Seni

Poster karya seni merupakan poster yang sifatnya ekspresif dan belum tentu diartikan sama antara orang satu dengan orang lainnya.

5. Poster Pendidikan

Poster pendidikan adalah poster yang berisikan tentang informasi yang dapat memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat