uefau17.com

Kepanjangan dari HIV Adalah Human Immunodeficiency Virus, Ini Informasi Lengkapnya - Hot

, Jakarta Pentingnya pemahaman terhadap istilah medis menjadi kunci dalam menjaga kesehatan masyarakat. Salah satu istilah yang sering kali menjadi perbincangan adalah HIV. Kepanjangan dari HIV adalah Human Immunodeficiency Virus. Virus ini telah menjadi sorotan utama dalam dunia kesehatan global karena dampak seriusnya terhadap sistem kekebalan tubuh manusia.

Kepanjangan dari HIV adalah Human Immunodeficiency Virus, nama ini mencerminkan sifat dasar virus ini yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Hal ini memberikan gambaran tentang betapa merusaknya dampak HIV terhadap kemampuan tubuh dalam melawan infeksi. Pemahaman akan arti dari HIV menjadi langkah awal kesadaran akan bahayanya.

Dalam perjalanan sejarahnya, kepanjangan dari HIV adalah Human Immunodeficiency Virus, telah menjadi sorotan penelitian dan perhatian global. Melalui pemahaman mendalam mengenai karakteristik virus ini, kita dapat mengembangkan strategi pencegahan yang lebih efektif dan memperkuat upaya untuk mengendalikan penyebaran HIV. 

Untuk itu, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pengertian, gejala, tahapan, penyebab dan pengobatan HIV yang perlu diketahui, Jumat (17/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa Itu HIV?

HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang menyerang sel-sel yang membantu tubuh melawan infeksi, sehingga membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit lain. Penyakit ini ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh tertentu dari pengidap HIV, paling umum selama hubungan seks tanpa kondom (hubungan seks tanpa kondom atau obat HIV untuk mencegah atau mengobati HIV), atau melalui berbagi peralatan suntik.

Jika tidak diobati, HIV dapat menyebabkan penyakit AIDS (acquired immunodeficiency syndrome). Tubuh manusia tidak dapat menghilangkan HIV dan tidak ada obat HIV yang efektif. Jadi, begitu Anda mengidap HIV, Anda akan mengidapnya seumur hidup.

Untungnya, pengobatan yang efektif dengan obat HIV (disebut terapi antiretroviral atau ART) telah tersedia. Jika diminum sesuai resep, obat HIV dapat mengurangi jumlah HIV dalam darah (juga disebut viral load) ke tingkat yang sangat rendah. Ini disebut penekanan virus. 

Jika viral load seseorang sangat rendah sehingga laboratorium standar tidak dapat mendeteksinya, hal ini disebut memiliki viral load tidak terdeteksi. Orang dengan HIV yang meminum obat HIV sesuai resep dan mendapatkan serta mempertahankan viral load tidak terdeteksi dapat berumur panjang dan sehat serta tidak akan menularkan HIV ke pasangannya yang HIV-negatif melalui hubungan seks .

Selain itu, ada metode efektif untuk mencegah penularan HIV melalui hubungan seks atau penggunaan narkoba, termasuk profilaksis pra pajanan (PrEP), obat yang diminum oleh orang yang berisiko HIV untuk mencegah tertular HIV melalui hubungan seks atau penggunaan narkoba suntikan, dan profilaksis pasca pajanan (PEP), obat HIV yang diminum dalam waktu 72 jam setelah kemungkinan terpapar untuk mencegah penyebaran virus.

3 dari 6 halaman

Apa Itu AIDS?

AIDS adalah tahap akhir infeksi HIV yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh rusak parah akibat virus tersebut.

Di AS, kebanyakan orang dengan HIV tidak mengembangkan AIDS karena meminum obat HIV sesuai resep dapat menghentikan perkembangan penyakitnya.

Seseorang dengan HIV dianggap telah berkembang menjadi AIDS jika:

  • Jumlah sel CD4 mereka turun di bawah 200 sel per milimeter kubik darah (200 sel/mm3). (Pada seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat, jumlah CD4 adalah antara 500 dan 1.600 sel/mm3.)
  • Mereka mengembangkan satu atau lebih infeksi oportunistik tanpa memandang jumlah CD4 mereka.

Tanpa obat HIV, penderita AIDS biasanya bertahan hidup sekitar 3 tahun. Begitu seseorang mengidap penyakit oportunistik yang berbahaya, harapan hidup tanpa pengobatan turun menjadi sekitar 1 tahun. Pengobatan HIV masih dapat membantu orang pada tahap infeksi HIV ini, dan bahkan dapat menyelamatkan nyawa. Namun orang yang memulai pengobatan HIV segera setelah mereka tertular HIV merasakan lebih banyak manfaat, itulah mengapa tes HIV sangat penting.

4 dari 6 halaman

Apa Saja Gejala HIV?

Anda bisa tertular HIV tanpa gejala apa pun. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menjalani tes meskipun Anda tidak merasa sakit.

Terkadang Anda akan mengalami gejala mirip flu saat pertama kali terinfeksi HIV. Ini dapat mencakup:

  • Demam.
  • Panas dingin.
  • Kelelahan.
  • Sakit tenggorokan.
  • Nyeri otot.
  • Berkeringat di malam hari.
  • Ruam.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Luka di mulut.

Apa saja tahapan HIV?

Tahap 1: HIV Akut

Beberapa orang mengalami gejala mirip flu satu atau dua bulan setelah mereka terinfeksi HIV. Gejala-gejala ini seringkali hilang dalam waktu seminggu hingga sebulan.

Tahap 2: Tahap kronis/latensi klinis

Setelah tahap akut, Anda dapat tertular HIV selama bertahun-tahun tanpa merasa sakit. Penting untuk diketahui bahwa Anda masih dapat menularkan HIV kepada orang lain meskipun Anda merasa sehat.

Tahap 3: AIDS

AIDS adalah tahap infeksi HIV yang paling serius. Pada tahap ini, HIV telah melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dan infeksi oportunistik lebih mungkin membuat Anda sakit.

Infeksi oportunistik adalah infeksi yang biasanya dapat dilawan oleh seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ketika HIV telah berkembang menjadi AIDS, penyakit ini memanfaatkan sistem kekebalan tubuh Anda yang melemah.

Anda lebih mungkin terkena kanker tertentu ketika Anda menderita AIDS. Kanker dan infeksi oportunistik ini disebut penyakit terdefinisi AIDS.

Untuk dapat didiagnosis mengidap AIDS, Anda harus terinfeksi HIV dan memiliki setidaknya satu dari hal berikut:

  • Kurang dari 200 sel CD4 per milimeter kubik darah (200 sel/mm3).
  • Penyakit terdefinisi AIDS.
5 dari 6 halaman

Bagaimana Seseorang Bisa Tertular HIV?

HIV ada di dalam darah, air mani, cairan vagina, dan ASI orang yang terinfeksi. Penyakit ini dapat menyebar melalui paparan cairan tubuh berikut:

  • Seks anal atau vagina tanpa kondom tanpa kondom
  • Berbagi peralatan suntik narkoba
  • Tato, tindik dan prosedur lainnya dengan jarum atau peralatan yang tidak steril
  • Penularan dari ibu ke bayi selama kehamilan, persalinan atau menyusui
  • Seks oral, meskipun hal ini jarang terjadi
  • Cedera benda tajam (petugas kesehatan secara tidak sengaja tertusuk jarum)

Penting untuk diingat bahwa HIV tidak menyebar melalui aktivitas seperti berciuman, berbagi cangkir dan peralatan makan, kontak sosial biasa, dudukan toilet atau nyamuk . Anda berisiko lebih tinggi tertular HIV jika:

  • Anda berhubungan seks atau berbagi jarum suntik dengan orang lain yang berisiko tertular HIV
  • Anda menyuntikkan obat-obatan terlarang dan berbagi jarum suntik
  • Anda pernah membuat tato atau tindikan lainnya di luar negeri dengan menggunakan peralatan yang tidak steril
  • Anda mengidap Infeksi Menular Seksual (IMS). Orang dapat tertular beberapa IMS yang berbeda secara bersamaan. Mengidap IMS dapat mempermudah tertular HIV dan menularkannya kepada pasangan seksual.
  • Anda pernah menjalani transfusi darah di negara yang persediaan darahnya tidak aman.
6 dari 6 halaman

Bagaimana Cara Pengobatan HIV?

Tidak ada vaksin atau obat untuk infeksi HIV. Namun, terdapat pengobatan efektif yang dapat mencegah penularan HIV dan perkembangan menjadi AIDS, serta membantu memastikan harapan hidup mendekati normal.

Perawatan ini dikenal sebagai terapi antiretroviral (ART) . Bahan-bahan tersebut menghentikan virus untuk berkembang biak, sehingga menurunkan viral load. Perawatannya melibatkan kombinasi obat yang digunakan bersamaan.

Orang HIV-positif yang memakai ART setiap hari, persis seperti yang diresepkan dan mencapai (dan mempertahankan) viral load tidak terdeteksi tidak dapat menularkan virus secara seksual kepada pasangannya yang HIV-negatif.

Berkat kemajuan pengobatan, infeksi HIV kini menjadi penyakit kronis yang dapat ditangani oleh banyak orang di berbagai negara seperti Australia.

Bagaimana cara melindungi diri saya agar tidak tertular HIV?

Cara terbaik untuk mencegah infeksi HIV adalah dengan:

  • Gunakan kondom dan pelumas berbahan dasar air untuk seks anal dan vagina
  • Jangan pernah berbagi jarum suntik atau alat suntik lainnya
  • Pastikan semua prosedur pembuatan tato, tindik, dan lainnya menggunakan peralatan yang sudah disterilkan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat