uefau17.com

Bacaan Rodhitu Billahi Robba dan Artinya, Kenali Doa-Doa Sebelum Belajar - Hot

, Jakarta Rodhitu billahi robba merupakan salah satu doa sebelum belajar yang cukup populer. Doa mau belajar ini bisa kamu lafalkan agar pelajaran mudah dimengerti dan menjadi berkah. Dengan berdoa, kamu menjadi lebih fokus dan proses belajar akan semakin lancar.

Belajar sebagai proses menuntut ilmu adalah suatu hal yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Bahkan, dalam sebuah hadis disebutkan bahwa orang yang menuntut ilmu akan dimudahkan jalannya menuju surga. Orang yang menuntut ilmu juga termasuk orang yang berada di jalan Allah SWT.

Rodhitu billahi robba adalah doa agar diberikan pemahaman yang baik dalam belajar.  Doa ini juga menjadi permohonan seorang muslim agar ilmu yang dipelajari memberi manfaat kelak, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/10/2023) tentang rodhitu billahi robba.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rodhitu Billahi Robba dan Artinya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bacaan rodhitu billahi robba merupakan salah satu doa sebelum belajar yang cukup sering dipraktikkan di sekolah. Sebagai doa sebelum belajar agar diberikan pemahaman yang baik, tak heran bacaan rodhitu billahi robba sering dipraktikkan di sekolah. Berikut bacaan rodhitu billahi robba:

Bacaan rodhitu billahi robba tulisan Arab:

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

Bacaan rodhitu billahi robba Latin:

Rodhitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi'a warzuqni fahma.

Arti bacaan rodhitu billahi robba: 

“Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad saw sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik.”

3 dari 4 halaman

Doa-Doa Sebelum Belajar Lainnya

Selain rodhitu billahi robba, ada beberapa doa sebelum belajar lainnya yang bisa kamu lafalkan. Pada dasarnya, semua doa sebelum belajar ini bisa kamu ucapkan setiap belajar. Berikut beberapa doa sebelum belajar:

1. Doa Agar Ditambahkan Ilmu

Berikut doa mau belajar agar ditambahkan ilmu:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin.

Artinya: “Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya. Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang sholeh.”

 

2. Doa Agar Mudah Memahami Pelajaran

Berikut doa mau belajar agar mudah memahami pelajaran:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

 

3. Doa Agar Mendapatkan Ilmu yang Bermanfaat

Berikut doa mau belajar agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat:

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin.

Artinya: “Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu.”

4 dari 4 halaman

4. Doa Agar Dihindarkan dari Ilmu yang Tidak Bermanfaat

Berikut doa mau belajar agar terhindar dari ilmu yang tidak bermanfaat:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ, وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ, وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ, وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

Allahumma innii a'uudzu bika min 'ilmin laa yanfa'u wa qolbin laa yakhsya'u wa du'aa-in laa yusma'u wa 'amalin laa yurfa'u.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, doa yang tidak didengar, dan amal yang tidak diterima.”

 

5. Doa Agar Makin Memahami Perintah Allah SWT

Berikut doa mau belajar agar makin memahami perintah Allah SWT:

اَللّٰهُمَّ اَلْهِمْنَاعِلْمًانَفْقَهُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَنَوَاهِيَكَ وَارْزُقْنَافَهْمًانَعْلَمُ بِهٖ كَيْفَ نُنَاجِيْكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَا. اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَافَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ وَاِلْهَامَ الْمَلاَءِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma alhimnaa 'ilman nafqatu bihi awaa miraka wa nawaahiyaka warzuqnaa fahman na'lamu bihii kaifa nunaa jiika birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Allaahummar zuqnaa fahman nabiyyiina wa hifdhal mursaliina wa ilhaamal malaa ikatil muqarrabiina birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Artinya: “Ya Allah, berilah kami ilham berupa ilmu, yang dengannya aku dapat memahami segala perintah dan larangan-Mu, dan karuniailah kami pemahaman, yang dengannya kami dapat mengetahui bagaimana kami bermunajat kepada-Mu, wahai Dzat yang Paling Pengasih.

 

6. Doa Mau Belajar Agar Tidak Dilingkupi Keraguan

Berikut doa mau belajar agar tidak dilingkupi keraguan:

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah 'alainaa bima'rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin.

Artinya: “Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karuniaMu bagi kami, wahai Dzat yang Maha Pengasih.”

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat