uefau17.com

Robbi Zidni Ilma Warzuqni Fahma adalah Doa Belajar, Pahami Keutamaan Menuntut Ilmu - Hot

, Jakarta Robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa sebelum belajar yang tentu sudah familier bagi para pelajar. Doa ini bisa kamu lafalkan agar pelajaran mudah dimengerti dan menjadi berkah. Melafalkan doa sebelum belajar akan membuatmu lebih fokus dan proses berjalan akan semakin lancar.

Doa sebelum belajar merupakan permohonan seorang muslim agar ilmu yang dipelajari memberi manfaat kelak, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, kamu tentunya perlu mengenali doa sebelum belajar agar apa dipelajari dapat bermanfaat dan menjadi berkah.

Robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa sebelum belajar yang paling populer. Melafalkannya sebelum belajar tentu sangat baik, apalagi menuntut ilmu sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa orang yang menuntut ilmu akan dimudahkan jalannya menuju surga.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/6/2023) tentang robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa belajar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Robbi Zidni Ilma Warzuqni Fahma adalah Doa Sebelum Belajar

Robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa untuk belajar bagi umat Islam. Robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa yang biasanya dilafalkan sebelum belajar. Robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa agar ditambahkan ilmu oleh Allah SWT.

Robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa belajar, berikut tulisan Arabnya:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin.

Artinya: “Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya. Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang sholeh.”

3 dari 5 halaman

Doa Sebelum Belajar Lainnya

Selain robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa sebelum belajar, ada beberapa doa lainnya yang juga bisa kamu lafalkan. Berikut beberapa doa sebelum belajar yang bisa kamu lafalkan:

1. Doa Agar Mudah Memahami Pelajaran

Robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa yang familier di telinga banyak orang, begitu pula dengan doa agar mudah memahami pelajaran ini.

Berikut doa agar mudah memahami pelajaran:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbissrohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

2. Doa Agar Diberikan Pemahaman yang Baik

Berikut doa mau belajar agar diberikan pemahaman yang baik:

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

Roditu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi'a warzuqni fahma.

Artinya: “Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad saw sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik.”

4 dari 5 halaman

3. Doa Agar Mendapatkan Ilmu yang Bermanfaat

Berikut doa mau belajar agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat:

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin.

Artinya: “Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu.”

4. Doa Mau Belajar Agar Tidak Dilingkupi Keraguan

Berikut doa mau belajar agar tidak dilingkupi keraguan:

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah 'alainaa bima'rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin.

Artinya: “Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karuniaMu bagi kami, wahai Dzat yang Maha Pengasih.”

5 dari 5 halaman

Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Islam

Robbi zidni ilma warzuqni fahma adalah doa sebelum belajar yang perlu kamu lafalkan. Dalam Islam, menuntut ilmu adalah salah satu ajaran utama yang sangat dianjurkan. Menuntut ilmu memiliki keutamaan tersendiri bagi umat Islam. Orang yang menuntut ilmu akan diberi ganjaran surga. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Barangsiapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

Orang-orang yang berilmu juga merupakan orang yang memiliki derajat tinggi di mata Allah SWT. Hal tersebut disampaikan dalam firman-Nya melalui surat Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “ Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “ Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadalah: 11).

Ilmu juga menjadi amalan yang tak akan terputus, bahkan setelah seseorang tersebut meninggal dunia. Ini tertuang dalam hadis yang berbunyi:

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat