uefau17.com

Doa untuk Pernikahan agar Pasangan Rukun dan Sejahtera, Baca ketika Akad atau Hadir di Resepsi - Hot

, Jakarta Doa untuk pernikahan adalah sebuah doa yang bisa diamalkan ketika kita sedang menghadiri acara pernikahan kerabat atau teman. Selain itu, ada pula doa untuk pernikahan yang bisa diamalkan pengantin sendiri untuk mengharapkan kehidupan rumah tangga yang rukun dan sejahtera.

Seperti yang telah kita ketahui dalam ajaran agama Islam, menikah artinya menyempurnakan agama. Menikah adalah ibadah yang berlangsung lama hingga maut memisahkan. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai kerabat, atau sebagai pengantin sendiri, memanjatkan doa untuk pernikahan agar diberikan keberkahan dalam rumah tangganya.

Terlebih lagi, kehidupan rumah tangga bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Akan tetapi jika kita mengikuti apa yang diperintahkan Allah SWT, isnyaallah, kehidupan rumah tangga akan membawa kedamaian di hati kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca doa untuk pernikahan agar diberikan keberkahan dan kelancaran dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Sebenarnya ada beberapa bacaan doa untuk pernikahan yang bisa kita amalkan, baik bagi orang yang menghadiri acara pernikahan maupun pengantin itu sendiri. Berikut adalah sejumlah bacaan doa untuk pernikahan, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Doa untuk Pernikahan yang Pernah Dibaca Rasulullah SAW

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa bacaan doa untuk pernikahan yang bisa kita baca. Dan apabila kita menghadiri acara pernikahan, sebagai tamu kita bisa membaca doa untuk pernikahan dan mengharapkan kebaikan pada pasangan yang menikah. Hal ini juga pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW, ketika menghadiri suatu acara pernikahan.

Diantara doa untuk pernikahan yang sudah masyhur adalah doa yang terdapat pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. Doa tersebut adalah,

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Bârakallâhu laka wa bâraka 'alaika wa jama'a bainakumâ fî khairin.

Artinya: Semoga Allah memberkahimu dalam suka dan duka dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua di dalam kebaikan. (HR. Abu Dawud no. 2130)

3 dari 6 halaman

Doa untuk Pernikahan dan Akad Nikah

Selain doa untuk pernikahan yang diajarkan rasulullah, ada pula doa pernikahan yang bisa dipanjatkan oleh pengantin sendiri ketika akad nikah. Adapun bacaan doa untuk pernikahan ketika akad nikah adalah sebagai berikut,

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ هٰذَا الْعَقْدَ عَقْدًا مُبَارَكًا مَعْصُوْمًا وَأَلْقِ بَيْنَهُمَا أُلْفَةً وَقَرَارًا دَائِمًا وَلَا تَجْعَلْ بَيْنَهُمَا فِرْقَةً وَفِرَارًا وَخِصَامًا وَاكْفِهِمَا مُؤْنَةَ الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ

Allâhummaj'al hâdzal 'aqda 'aqdan mubârakan ma'shûman wa alqi bainahumâ ulfatan wa qarâran dâiman wa lâ taj'al bainahumâ firqatan wa firâran wa khishâman wakfihimâ mu'natad dunyâ wal âkhirah.

Artinya: Ya Allah, jadikanlah akad ini sebagai ikatan yang diberkahi dan dilindungi, tanamkan di antara keduanya kerukunan dan ketetapan yang langgeng, jangan Engkau jadikan di antara keduanya perpecahan, perpisahan dan permusuhan, dan cukupi keduanya bekal hidup di dunia dan akhirat.

4 dari 6 halaman

Doa untuk Pernikahan agar Pasangan Rukun

Membentuk keluarga yang sakinah, yang dapat membawa kedamaian bagi pasangan pengantin merupakan tujuan dari sebuah pernikahan. Akan tetapi, kedamaian tentunya akan sulit terwujud jika pasangan tidak akur. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca doa untuk pernikahan agar pasangan akur. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut,

اَللّٰهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ اٰدَمَ وَحَوَّاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَسَارَةَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ سَيِّدَنَا يُوْسُفَ وَزُلَيْخَاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَيِّدَتِنَا خَدِيْجَةَ الْكُبْرَى وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا عَلِيِّ وَسَيِّدَتِنَا فَاطِمَةَ الزَّهْرَاءَ

Allâhumma allif bainahumâ kamâ allafta baina Adam wa Hawwa, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Ibrâhîm wa Sârah, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Yûsuf wa Zulaikha, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Muhammadin shallallâhu 'alaihi wa sallama wa sayyidatinâ Khadîjatal kubrâ, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ 'Aly wa sayyidatinâ Fâthimah az-Zahrâ.

Artinya: Ya Allah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Adam dan Hawa, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Ibrahim dan Sarah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Yusuf dan Zulaikha, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Baginda Nabi Muhammad shallallâhu 'alaihi wa sallama dan Khadijah Al-Kubra, dan rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Ali dan Fathimah Az-Zahra."

5 dari 6 halaman

Doa untuk Pernikahan untuk Pasangan

Terhindar dari sifat pasangan yang buruk tentu menjadi sebuah harapan bagi setiap orang yang mau menikah. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca doa untuk pernikahan agar mendapatkan kebaikan dari pasangan dan dihindarkan dari kejelekan pasangan. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allahumma inni as'aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa 'alaih. Wa a'udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha 'alaih.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

6 dari 6 halaman

Doa untuk Pernikahan agar Rumah Tangga Sejahtera

Faktor ekonomi seringkali menjadi ujian dalam pernikahan. Namun jika kita membaca doa untuk pernikahan dan meyakini bahwa Allah SWT akan melimpahkan rezeki, isnyaallah, pasangan pengantin akan dapat melalui cobaan tersebut dan dapat membangun keluarga yang sejahtera. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut,

اللّٰهُمَّ رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Allahumma robbanaa anzil alaina maaidatamminassamaaa'i takuunu lana iidalli'aqolina wa'akhirina wa'ayatamminka wa'urzukna wa'anta khoirurroziqin.

Artinya: Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki Yang Paling Utama. (QS. Al-Ma'idah: 114)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat