uefau17.com

Surah Penenang Hati dalam Al-Qur'an, Janji Allah untuk Mengangkat Segala Kesulitan - Hot

, Jakarta Sebaik-baiknya bacaan adalah Al-Qur'an, sebab di dalamnya terdapat ilmu pengetahuan, nilai moral, tata cara ibadah, dan pedoman bagi kehidupan manusia. Tidak hanya itu, Alquran juga memiliki sejumlah surah penenang hati. Surah penenang hati ini jika dibaca akan memberikan ketenangan batin.

Apa yang membuat Al-Qur'an memiliki banyak surah penenang hati, karena di dalamnya terdapat janj-janji Allah SWt mengenai balasan yang luar biasa bagi orang-orang yang beriman. Tidak hanya itu, di dalam Al-Qur'an juga terdapat berbagai macam solusi untuk mengatasi berbagai macam permasalahan dalam hidup.

Sebab apa yang sering membuat hati kita tak tenang adalah masalah-masalah yang sering kita hadapi dalam hidup yang kita tidak ketahui bagaimana cara menyelesaikannya. Dengan membaca surah penenang hati, bukan tidak mungkin jika hati yang berkecamuk akibat banyaknya masalah, bisa menjadi tenang karena telah menemukan solusinya dari Al-Qur'an.

Bahkan jika tidak tahu apa yang membuat hati kita menjadi tidak tenang pun, membaca surah penenang hati tetap dapat meredakan suasana hati yang berkecamuk. Sebab, Allah SWT juga telah berjanji akan menyelesaikan segala urusan bagi orang yang bertawakal.

“Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluannya).“ (Ath-Thalaq: 3)

Dari penggalan ayat tersebut kita bisa memahami bahwa setelah melakukan upaya sedemikian rupa, kita tidak perlu memikirkan segala masalah yang kita hadapi sampai membuat hati tidak tenang. Setelah mengupayakan segala hal, kita hanya perlu percaya bahwa Allah SWT akan mengurus sisanya.

Jika hal itu tidak cukup membuat hati merasa kita tenang, berikut adalah sejumlah surah penenang hati yang bisa kita baca saat gundah gulana, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (5/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Surah Al-Fatihah

Setiap serat dalam Alquran sebenarnya adalah surah penenang hati. Namun memang ada beberapa surah yang memang diutamakan untuk dibaca dalam keadaan gundah gulana sehingga disebut sebagai surah penenang hati. Adapun surat pertama dalam Alquran yang disebut sebagai surah penenang hati adalah Al-Fatihah.

Surat yang memiliki banyak keutamaan atau fadhilah ini disebut juga sebagai Ummul Quran. Dengan izin Allah, ini akan menjadi surat penenang hati yang dapat mengobati kegundahan.

Rasulullah SAW bersabda: “Demi Zat Yang Jiwaku ada di Tangan-Nya, Allah SWT tidak menurunkan surah yang setara dengan surah Al Fatihah dalam Taurat, Injil, dan Zabur, bahkan dalam Alquran.” (HR Bukhari dan Muslim).

Untuk menenangkan hati, seseorang bisa membaca Al-Fatihah sebanyak 7 kali dengan perlahan dan sungguh-sungguh.

3 dari 5 halaman

2. Surah Yasin

Surah penenang hati berikutnya adalah surah Yasin. Surah Yasin memang dikenal memiliki banyak keutamaan. Bahkan surah ini sering dibaca untuk berbagai macam keperluan, termasuk untuk mendoakan orang yang telah meninggal.

Namun bukan itu saja manfaat dari surah Yasin. Jika dibaca dengan sungguh-sungguh, surah Yasin juga dapat menjadi surah penenang hati. Usai membaca Surah Yasin, dianjurkan untuk memanjatkan doa berharap agar perasaan gelisah dan keresahan hati dapat segera dihilangkan, karena waktu terbaik untuk membaca doa adalah setelah membaca Al-Qur'an.

3. Surah Yusuf

Surah penenang hati berikutnya adalah surah Yusuf. Salah satu hal yang sering membuat kita merasa tidak tenang kadang adalah masalah yang datang bertubi-tubi. Padahal tidak ada orang beriman, kecuali imannya diuji. Hal itulah yang digambarkan dalam surah Yusuf.

Surah Yusuf memiliki isi kandungan yang mengisahkan tentang Nabi Yaqub AS dan Nabi Yusuf AS yang mengalami rasa sakit dan penderitaan di dunia, serta bagaimana Allah SWT mengangkat derajat mereka berdua karena kesabarannya.

Dalam surat Yusuf diceritakan juga ketika Nabi Yaqub AS yang sangat sedih menangis hingga buta karena kehilangan buah hatinya, serta cerita tentang Nabi Yusuf AS yang difitnah menodai perempuan. Sesungguhnya Allah SAW tak pernah meninggalkan hambanya dan selalu memberi ketenangan.

4 dari 5 halaman

4. Surat Al-Insyirah

Surah penenang hati berikutnya adalah surah Al-Insyirah. Bahkan surah ini turun sebagai pelipur lara bagi Nabi Muhammad SAW, ketika mendapat tentangan dari kaumnya. Jika kesedihan Nabi Muhammad SAW saja bisa terhapuskan dengan surah ini, tentu saja surah ini juga bisa menghabiskan kesedihan di hati kita.

Setiap orang pasti menghadapi kesulitan dalam hidupnya. Bahkan sering sekali kita merasa bahwa kesulitan yang kita hadapi tak kunjung usai. Namun Allah berjanji bahwa setelah kesulitan pasti akan datang kemudahan.

إِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرٗا

Artinya: “Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,” (QS Al-Insyirah: 6).

5. Surah Thaha

Surah penenang hari berikutnya adalah surah Thaha. Surah ini mengisahkan tentang salah satu dari 25 nabi, yaitu Nabi Musa AS. Mendapat tugas yang mudah kepada sosok yang berkuasa saat itu, yakni Firaun, tentu tidak mudah. Keselamatan jiwa menjadi taruhannya.

Meski demikian, Nabi Musa As tetap menjalankan tugasnya dengan penuh kesabaran. Dikisahkan pula bagaimana Nabi Musa memohon kemudahan untuk dirinya. Kemudian, Allah SWT telah memberi banyak kemudahan dari sebelum ia menyadarinya.

5 dari 5 halaman

6. Surah Al-Baqarah

Dalam surah Al-Baqarah terdapat banyak ayat yang dapat menenangkan hati. Maka tidak mengherankan jika Al-Baqarah menjadi salah satu dari banyaknya surah penenang hati. Berikut adalah ayat-ayat dalam surah Al-Baqarah yang dapat menenangkan hari ketika dibaca,

a. Ayat 255 ini banyak disebut sebagai ayat kursi atau ayat sapujagat. Sebab, ayat ini bisa diamalkan sebagai penyembuh, sebagai doa, dan sebagai penenang hati. Allah SWT akan memelihara orang yang membacanya dari seluruh kejahatan, keburukan, dan penyakit. Ayat ini sangat disarankan untuk dibaca pada saat pagi dan sore hari sebagai dzikir pagi dan petang.

b. Dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah juga direkomendasikan sebagai ayat-ayat untuk menenangkan hati. Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah malam hari, maka Allah akan melindunginya dari berbagai keburukan, penyakit, rasa khawatir, dan gelisah."

c. Ayat 250 juga menjadi ayat dalam surat penenang hati yang bisa dibaca saat resah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat