uefau17.com

12 Manfaat Clay Mask untuk Kecantikan, Bersihkan Kulit - Hot

, Jakarta Ada banyak jenis masker kecantikan yang bermanfaat untuk kulit. Salah satu jenis masker yang sedang populer adalah clay mask. Clay mask merupakan jenis masker yang terbuat dari tanah liat seperti kaolin atau bentonit.

Clay mask punya banyak kelebihan untuk membersihkan dan menyehatkan kulit. Masker ini banyak tersedia dengan berbagai merek di toko offline atau online. Tanah liat komponen utama dalam clay mask, dapat menyerap kotoran dan membantu menyembuhkan masalah kulit. 

Clay mask dinilai punya banyak manfaat bagi kulit seperti menyerap minyak berlebih, membantu mengatasi kulit kering, dan mencegah timbulnya jerawat. Ini membuat clay mask jadi andalan untuk merawat kulit.

Bagi kamu pencinta masker, manfaat clay mask penting diketahui. Berikut 12 manfaat clay mask untuk kecantikan, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis(10/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat clay mask untuk kecantikan

Atasi jerawat

Clay mask mampu menyerap minyak dari kulit dan mencegah bentuk jerawat ringan, seperti jerawat, komedo, dan komedo putih. Jenis jerawat ini terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh kotoran dan minyak yang berlebihan.

Untuk mengatasi jerawat, disarankan untuk mencampur clay mask dengana air hangat. Panas membantu meningkatkan keringat dan jumlah minyak dan kotoran dilepaskan kulit.

Bersihkan pori-pori tersumbat

Menggunakan clay mask bisa menghilangkan minyak berlebih dari pori-pori. Ion bermuatan negatif di tanah liat, bisa menarik debu, kotoran, minyak, dan bahkan membuka pori-pori.

Jika kamu memiliki kulit berminyak alami, mengoleskan clay mask secara teratur sekali atau dua kali seminggu dapat membantu mengatasi minyak berlebih.

3 dari 8 halaman

Manfaat clay mask untuk kecantikan

Hilangkan racun di kulit

Dilansir dari Healthline, tanah liat biasanya memiliki muatan listrik negatif. Penelitian menunjukkan bahwa muatan negatif ini dapat membantunya mengikat racun bermuatan positif dan logam berat seperti merkuri dan timbal yang bisa ada di kulit. Ini membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan kesehatan kulit.

Angkat sel kulit mati

Clay mask juga bisa digunakan untuk mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi. Clay mask seperti bentonit bertindak sebagai abrasif yang mengikis sel-sel mati dari lapisan atas kulit. Ini membantu membersihkan kulit dari kotoran.

4 dari 8 halaman

Manfaat clay mask untuk kecantikan

Lembutkan kulit

Clay mask bisa membuka pori-pori, menghilangkan komedo, dan mengatasi jerawat. Hasilnya kulit akan terasa lembut dan lembap. Perbedaan akan sangat terasa setelah menggunakan perawatan clay mask.

Cerahkan kulit

Selain melembutkan, menggunakan perawatan clay mask juga bisa membantu mencerahkan kulit. Clay mask bisa membersihkan pori-pori, mengurangi munculnya bekas luka, dan mengangkat sel kulit mati. Gabungan manfaat ini bisa membuat kulit tampak cerah dan jauh dari kusam.

5 dari 8 halaman

Manfaat clay mask untuk kecantikan

Samarkan bekas jerawat atau luka

Selain mengatasi jerawat, clay mask juga bisa menyamarkan bekas jerawat dan luka. Clay mask bisa mengurangi munculnya bekas jerawat yang membandel. Clay mask bisa membersihkan residu yang dapat menimbulkan bekas luka.

Meregenerasi kulit

Tanah liat bisa menyembuhkan jaringan kulit yang rusak dan membantu regenerasi sel kulit baru. Dengan cara ini, clay mask membantu menghilangkan kerutan dan garis halus dengan mengencangkan kulit. Menggunakan clay mask bisa membantu mengurangi tanda penuaan dini dan membuat kulit tampak muda dan segar.

6 dari 8 halaman

Manfaat clay mask untuk kecantikan

Cegah komedo

Clay mask mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, yang dapat menyebabkan komedo. Masker membersihkan komedo yang ada dan juga mencegah munculnya komedo muncul kembali.

Kecangkan kulit

Berkat sifat pengelupasannya, clay mask menghilangkan komedo dan kotoran yang membandel. Ini mempertahankan kelembapan dan menghilangkan minyak berlebih. Clay mask membuat kulit terasa lebih kencang dari biasanya.

7 dari 8 halaman

Manfaat clay mask untuk kecantikan

Atasi kulit kering

Menurut sebuah studi tahun 2016, ketika tanah liat mengeras, ia menciptakan lapisan yang dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan. Efek ini bisa didapat setelah menggunakan clay mask secara rutin. Clay mask bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan membantu mencegah kulit kering.

Atasi masalah kulit lainnya

Menurut review studi tahun 2017, lotion yang mengandung bentuk clay bentonit yang disebut bentonit quaternium-18 berpotensi mengurangi gejala dermatitis yang disebabkan oleh poison ivy dan poison oak.

Menerapkan bentonit ke ruam popok juga terbukti lebih efektif daripada pengobatan tradisional calendula. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa masker tanah liat dapat meningkatkan produksi serat kolagen yang dapat mengurangi kerutan dan meningkatkan kekencangan kulit.

8 dari 8 halaman

Efek samping clay masker

Meski punya beragam manfaat, clay mask juga punya beberapa efek samping. Efek ini mungkin bisa muncul pada beberapa orang. Namun, biasanya efek samping clay mask tidak sampai serius.

Jika kamu membiarkan clay mask terlalu lama atau menggunakannya terlalu sering, kulit bisa menjadi kering atau teriritasi. Sebaiknya batasi penggunaan perawatan ini tidak lebih dari dua kali per minggu.

Beberapa masker tanah liat mungkin mengandung zat lain yang dapat mengiritasi kulit, seperti asam glikolat. Jadi pastikan mengetahui bahan-bahan apa saja yang ada pada produk clay mask. Efek samping yang paling mungkin terjadi dari penggunaan masker tanah liat meliputi kulit kering, gatal, kemerahan, dan ruam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat