uefau17.com

ISO adalah Standarisasi Internasional, Kenali Fungsi dan Cara Kerjanya - Hot

, Jakarta ISO adalah istilah yang sering ditemukan ketika ingin mengetahu standar sebuah industri. Sebenarnya, ISO adalah sebuah federasi internasional yang diakui dunia. Istilah ISO kemudian digunakan untuk menyebut standar tertentu.

ISO adalah badan yang sangat berguna untuk menentukan standar dalam industri. ISO adalah organisasi yang memainkan peran penting dalam memfasilitasi perdagangan dunia dengan menyediakan standar umum di antara berbagai negara. Ketika mendengar kata ISO, sertifikasi juga akan disebut.

Sertifikasi ISO adalah jaminan badan sertifikasi bahwa layanan, produk atau sistem memenuhi persyaratan standar. ISO adalah organisasi yang memberi sertifikasi yang diterima secara internasional. Berikut pengertian tentang ISO, cara kerja, fungsi, dan tahapan pembentukannya, dirangkum dari berbagai sumber, Senin(13/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal ISO

ISO merupakan singkatan dari International Organization of Standards atau Organisasi Standardisasi Internasional. Dikarenakan singkatan dari masing-masing bahasa berbeda, para pendiri organisasi ini menggunakan singkatan ISO yang diambil dari bahasa Yunani 'isos' yang berarti 'sama'. Penamaan ini karena ISO memiliki anggota dari lebih dari 160 negara. Akronim ini sesuai dengan tujuan ISO untuk membawa semua anggota ke pijakan yang sama menggunakan manfaat perdagangan dan keselamatan.

ISO adalah organisasi non-pemerintah yang terdiri dari badan standar dari lebih dari 160 negara. ISO terdiri dari satu badan standar yang mewakili setiap negara anggota. ISO adalah organisasi non-pemerintah yang menjembatani antara sektor publik dan swasta dan merupakan organisasi standarisasi terbesar di dunia.

Lebih dari dua puluh ribu standar telah ditetapkan, mencakup segala hal mulai dari produk dan teknologi manufaktur hingga keamanan pangan, pertanian, dan perawatan kesehatan. Anggota ISO adalah organisasi standar nasional yang berkolaborasi dalam pengembangan dan promosi standar internasional untuk teknologi, proses pengujian ilmiah, kondisi kerja, masalah sosial, dan banyak lagi.

Anggota ISO bertemu setiap tahun di Majelis Umum untuk membahas tujuan strategis organisasi. Selain itu, ada dewan yang beranggotakan 20 orang dengan keanggotaan bergilir yang memberikan bimbingan dan tata kelola bagi organisasi.

3 dari 5 halaman

Cara kerja ISO

ISO merupakan lembaga nirlaba internasional, pada awalnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standardisasi internasional untuk apa saja. Standar yang sudah dikenal antara lain standar jenis film fotografi, ukuran kartu telepon, kartu ATM Bank, ukuran dan ketebalan kertas dan lainnya.

ISO mengembangkan dan menerbitkan standar untuk berbagai macam produk, bahan, dan proses. Katalog standar organisasi dibagi menjadi sekitar 97 bidang, yang meliputi teknologi perawatan kesehatan, teknik perkeretaapian, perhiasan, pakaian, metalurgi, senjata, cat, teknik sipil, pertanian, dan pesawat terbang. Selain menghasilkan standar, ISO juga menerbitkan laporan teknis, spesifikasi teknis, spesifikasi yang tersedia untuk umum, corrigenda teknis, dan panduan.

Standar ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa produk dan layanan aman, andal, dan berkualitas baik. Untuk pengguna akhir dan konsumen, standar ini memastikan bahwa produk bersertifikat sesuai dengan standar minimum yang ditetapkan secara internasional.

4 dari 5 halaman

Tahapan pengembangan standar oleh ISO

Melansir TechTarget, ISO memiliki enam tahap untuk mengembangkan standar. Tahapan tersebut antara lain sebagai berikut:

Tahap proposal

Langkah pertama dalam mengembangkan standar baru dimulai ketika asosiasi industri atau kelompok konsumen mengajukan permintaan. Komite ISO yang relevan menentukan apakah standar baru memang diperlukan.

Tahap persiapan

Sebuah kelompok kerja dibentuk untuk mempersiapkan draft kerja standar baru. Kelompok kerja ini terdiri dari pakar materi pelajaran dan pemangku kepentingan industri; ketika draf dianggap memuaskan, komite induk kelompok kerja memutuskan tahap mana yang terjadi selanjutnya.

Tahap panitia

Ini adalah tahap opsional di mana anggota komite induk meninjau dan mengomentari draf standar. Ketika panitia mencapai konsensus tentang konten teknis dari draf, itu dapat pindah ke tahap berikutnya.

Tahap penyelidikan

Draft standar pada tahap ini disebut Draft International Standard (DIS). Ini didistribusikan kepada anggota ISO untuk komentar dan, pada akhirnya, pemungutan suara. Jika DIS disetujui pada tahap ini tanpa perubahan teknis, ISO menerbitkannya sebagai standar. Jika tidak, itu pindah ke tahap persetujuan.

Tahap persetujuan

Draft standar diajukan sebagai Final Draft International Standard (FDIS) kepada anggota ISO. Mereka memilih untuk menyetujui standar baru.

Tahap publikasi

Jika anggota ISO menyetujui standar baru, FDIS diterbitkan sebagai standar internasional resmi.

5 dari 5 halaman

Fungsi ISO

Penggunaan standar membantu terciptanya produk dan layanan yang aman, andal, dan berkualitas baik. Standar membantu bisnis meningkatkan produktivitas sambil meminimalkan kesalahan dan pemborosan. Dengan memungkinkan produk dari pasar yang berbeda untuk dibandingkan secara langsung, mereka memfasilitasi perusahaan dalam memasuki pasar baru dan membantu dalam pengembangan perdagangan global secara adil.

Standar juga berfungsi untuk melindungi konsumen dan pengguna akhir produk dan layanan, memastikan bahwa produk bersertifikat sesuai dengan standar minimum yang ditetapkan secara internasional. Sertifikasi ISO menyatakan bahwa sistem manajemen, proses manufaktur, layanan, atau prosedur dokumentasi memiliki semua persyaratan untuk standarisasi dan jaminan kualitas.

Selain menghasilkan standar, ISO juga menerbitkan laporan teknis, spesifikasi teknis, spesifikasi yang tersedia untuk umum, corrigenda teknis, dan panduan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat