uefau17.com

6 Makanan Bebas Laktosa, Aman Dikonsumsi Penderita Intoleransi Laktosa - Hot

, Jakarta Meski susu memiliki berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya, namun banyak orang yang tidak dapat mengonsumsi susu serta olahannya. Hal ini biasanya disebabkan karena ada intoleransi laktosa yang menyebabkan harus menghindari makanan dengan kandungan susu di dalamnya.

Intoleransi laktosa sendiri merupakan sebuah gangguan sistem pencernaan, di mana tubuh secara alami tidak mampu memproduksi enzim laktase yang cukup pada usus halus. Padahal adanya enzim tersebut sangat berguna dalam mengurai laktosa. Sedangkan laktosa sendiri merupakan gula alami yang terkandung dalam susu serta produk turunannya.

Di dalam tubuh manusia, laktosa sudah seharusnya bisa diurai menjadi glukosa dan galaktosa yang bentuknya lebih sederhana. Tapi karena enzim laktase tidak cukup, laktosa menjadi tidak dapat diurai dan akhirnya menyebabkan berbagai gangguan. Itulah mengapa, jika Anda menderita gangguan kesehatan tersebut, ada baiknya untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan bebas laktosa.

Ada berbagai jenis makanan bebas laktosa yang bisa dikonsumsi. Selain itu, berbagai kandungan di dalam jenis makanan bebas laktosa tersebut masih dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari.

Berikut ini telah merangkum dari berbagai sumber mengenai apa saja ragam makanan bebas laktosa yang bisa menjadi pilihan, Senin (12/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Sayuran Hijau

Makanan bebas laktosa yang pertama merupakan jenis sayuran hijau. Ada berbagai jenis sayuran hijau seperti bayam, brokoli, daun singkong, dan lain sebagainya. Makanan bebas laktosa tersebut juga sangat kaya akan kandungan kalsium serta zat besi yang dibutuhkan tubuh.

Dengan mengonsumsi sayuran tersebut, maka bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi tubuh yang biasanya terkandung pada jenis produk olahan susu. Sebagai contoh, di dalam satu cangkir daun bayam matang, Anda bisa menikmati kira-kira 250 miligram kalsium, atau setara dengan satu gelas susu sapi.

3 dari 8 halaman

2. Kacang-Kacangan

Biasanya makanan ringan seperti kue, cokelat, dan beberapa makanan lain yang mengandung keju, memang menjadi pilihan menarik untuk dikonsumsi. Padahal, jenis-jenis makanan tersebut bisa saja mengandung susu dan produk turunannya seperti keju.

Maka dari itu, bagi Anda penderita intoleransi laktosa dan sejenisnya, akan lebih bijak jika memilih jenis camilan seperti kacang-kacangan. Sebab makanan bebas lakstosa tersebut selain aman dikonsmsi, juga dapat memenuhi kebutuhan akan protein, kalsium, erta mineral penting yang dibutuhkan tubuh. 

4 dari 8 halaman

3. Agar-Agar

Kemudian, jenis makanan bebas laktosa selanjutnya yaitu agar-agar. Biasanya agar-agar dibuat dari rumput laut, itulah mengapa agar-agar sangat aman dikonsumsi orang yang mengalami intoleransi laktosa. Namun, sayangnya banyak saat ini sajian agar-agar yang diberi tambahan susu dan sejenisnya. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk dikonsumsi ada baiknya memastikan jika agar-agar tersebut tidak memiliki campuran susu sama sekali.

5 dari 8 halaman

4. Sorbet

Biasanya, bagi para penderita intoleransi laktosa, tidak dapat mengonsumsi es krim. Sebab makanan tersebut dibuat dari susu dan berbahaya jika dikonsumsi penderita intoleransi laktosa. Tapi tidak perlu khawatir, sebab meski mengalami intoleransi laktosa, tetap bisa menikmati makanan dingin seperti sorbet.

Makanan bebas laktosa ini biasanya terbuat dari jus buah-buahan tanpa susu. Selain aman dikonsmsi oleh penderita intoleransi laktosa, sorbet juga kaya akan kandungan berbagai vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh.

6 dari 8 halaman

5. Ikan

Kemudian, makanan bebas laktosa ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Sebab, di dalam ikan terdapat kalsium yang sangat memabantu penderita intoleransi laktosa agar tercukupi nutrisi hariannya.

Ada berbagai jenis ikan yang kaya akan kalsium, seperti sarden, salmon, serta tuna. Jenis ikan tersebut diketahui memiliki kandungan kalsium dan vitamin D yang sangat tinggi. Bahkan dalam setengah kaleng ikan sarden mengandung kurang lebih 300 miligram kalsium.

Itulah mengapa, ada baiknya para penderita intoleransi laktosa untuk mengonsumsi ikan serta hidangan laut lainnya supaya kebutuhan kalsium hariannya dapat terpenuhi. Tapi jangan lupa juga, untuk memastikan jika proses pengolahan ikan tersebut tidak terdapat bahan campuran yang berasal dari susu atau sejenisnya. Salah satu yang perlu dihindari yaitu mentega.

7 dari 8 halaman

6. Susu dari Kacang-Kacangan

Makanan bebas laktosa yang terakhir merupaan jenis susu yang berasal dari sumber kacang-kacangan. Apakah susu tersebut bebas laktosa? Ya, sebab kandungan laktosa hanya umum ditemukan pada produk-produk susu yang berasal dari sapi, kambing, kuda, serta domba.

Beda halnya dengan jenis susu yang dihasilkan dari nabati atau kacang-kacangan, seperti kedelai, almond, dan mete. Itulah mengapa para penderita intoleransi laktosa tidak perlu sedih, sebab masih sangat mungkin mencampurkan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi dengan susu dari kacang-kacangan tersebut.

8 dari 8 halaman

Gejala Intoleransi Laktosa

Biasanya ada beberapa gejala intoleransi laktosa yang dikeluhkan, setelah konsumsi produk susu dan turunannya, antara lain:

- Diare

- Mual dan muntah

- Kram perut

- Kembung

- Perut bergas

- Perut melilit

Namun sayangnya hingga kini tidak ditemukan pengobatan spesifik yang bisa dilakukan untuk mengobati intoleransi laktosa. Maka dari itu, lebih baik hindari produk-produk susu dan turunannya yang mengandung laktosa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat