uefau17.com

6 Tugas Bridesmaid dan Groomsmen yang Perlu Diketahui, Bukan Hanya di Hari Pernikahan - Hot

, Jakarta Tugas bridesmaid dan groomsmen mungkin masih banyak dipertanyakan oleh sebagian orang. Bridesmaid tentunya bukan saja pendamping pengantin saat berfoto saja, namun menjadi pendamping pada hari-hari pernikahan.

Bridesmaid dan groomsmen tidak hanya membantu di hari pernikahan saja, tetapi juga membantu persiapan sebelum pernikahan. Bridesmaid dan groomsmen biasanya adalah orang terdekat pengantin, seperti sahabat, saudara, atau bisa juga kakak dan adik dari pengantin.

Bridesmaid dan groomsmen adalah pengiring pengantin. Bridesmaid adalah pengiring pengantin wanita, sedangkan groomsmen adalah pengiring pengantin pria. Jumlah orang yang ditunjuk untuk menemani pengantin wanita  biasanya bervariasi dari berjumlah lima orang hingga sepuluh orang.

Tugas bridesmaid dan groomsmen perlu dipahami setiap orang. Pasalnya, masih banyak orang-orang yang menganggap tugas mereka hanya mendampingi penganti di hari pernikahan saja. Padahal, tugas bridesmaid an groomsmen lebih dari sekadar di hari pernikahan saja.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Minggu (21/5/2023) tentang tugas bridesmaid dan groomsmen.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Membantu Persiapan Pernikahan

Tugas bridesmaid dan groomsmen yang paling utama adalah membantu persiapan pernikahan. Mereka harus siap kapan pun dan di mana pun saat kedua mempelai membutuhkan bantuan. Bridesmaid dan groomsmen berperan sebagai support system kedua pengantin. Hal ini dimulai dengan merencanakan semua acara dan upacara pra-pernikahan, serta menghadiri seluruh acara, seperti pesta pertunangan, pesta bujangan, dan lainnya.

Biasanya, pengantin juga akan memberikan tugas rinci yang berkaitan dengan pernikahan, seperti membantu fitting baju, membeli perlengkapan, mencari make-up artist, membantu menyebar undangan, dan lainnya.

3 dari 7 halaman

2. Menyiapkan Bridal Shower

Bridal shower atau pesta lajang biasanya digelar beberapa hari sebelum tanggal pernikahan tiba. Meskipun bukan hal wajib, pesta ini kerap digelar sebagai bentuk pelepasan masa lajang kedua pengantin. Tugas bridesmaid dan groomsmen adalah menjadi tuan rumah pesta lajang tersebut dan memastikan seluruh rangkaian acaranya menyenangkan. Acara ini bisa diadakan di mana saja, baik di rumah, kafe, atau lokasi lainnya.

4 dari 7 halaman

3. Memberi Dukungan Mental

Sebelum mengikat janji suci, pasangan suami istri biasanya merasakan kecemasan berlebih sebelum pernikahan. Kondisi tersebut menjadi bentuk ujian sebelum menikah yang membuat calon pengantin merasa gamang. Bisa saja calon mempelai justru akan lebih sering bertengkar. Hal ini dapat menambah stres di sela persiapan pernikahan.

Tugas bridesmaid dan groomsmen adalah menenangkan keduanya dan memberikan dukungan mental. Caranya dengan mendengarkan curahan hati calon pengantin dan memberikan ketenangan sebagai orang terdekat mereka. Sebagai orang yang dipercaya, mereka juga harus menerima curhat dari calon pengantin. Dan memberikan solusi yang positif.

5 dari 7 halaman

4. Menjaga Barang Pengantin di Hari Pernikahan

Tugas bridesmaid dan groomsmen berikutnya adalah menjaga barang pengantin. Contoh tugas ini yaitu dengan menjaga barang-barang pengantin, seperti ponsel, tas, dompet, dan lainnya. Selain demi keamanan, hal ini juga untuk mempermudah pengantin jika sewaktu-waktu membutuhkan barang tersebut di tengah acara. Di hari H, calon pengantin pasti kewalahan dengan barang bawaannya. Tugas bridesmaid adalah mengurus hal-hal penting seperti ponsel dan dompet pengantin tersebut.

6 dari 7 halaman

5. Memastikan Kedua Mempelai Tidak Kelaparan

Pada hari pernikahan, kedua calon mempelai akan sibuk menyapa para tamu yang hadir. Terkadang mereka lupa memperhatikan asupan makanan mereka sendiri. Tugas bridesmaid dan groomsmen adalah memastikan asupan makanan agar mereka tidak kelaparan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan terkait kesehatan yang justru akan mengacaukan acara pernikahan.

Biasanya, makanan dan minuman merupakan hal terakhir yang dipikirkan oleh pengantin. Pasalnya, mereka sibuk menyambut para tamu dan bersalaman. Maka dari itu, bridesmaid harus memastikan pengantin terjaga makan dan minumnya saat acara pernikahan berlangsung.

7 dari 7 halaman

6. Ikut Memberi Saran

Selain itu, bridesmaid dan groomsmen juga bisa ikut memberikan nasihat ataupun saran tentang tentang persiapan pernikahan. Hal ini biasanya terjadi sebelum pernikahan dimulai. Bisa satu bulan atau satu minggu sebelum acara. Sering kali, semua pengantin membutuhkan nasihat tentang detail yang berkaitan dengan persiapan pernikahan dan lain-lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat