uefau17.com

16 Wisata Jepara yang Wajib Dikunjungi, dari Destinasi Alam hingga Bangunan Bersejarah - Hot

, Jakarta Wisata Jepara terkenal dengan destinasi alam yang indah, terutama pantainya. Hal ini ditambah dengan adanya Pulau Karimunjawa yang namanya sudah terkanal dimana-mana, membuat Jepara semakin diminati wisatawan. 

Jepara juga terkenal sebagai tempat kelahiran Pahlawan Nasional Indonesia yang menjadi pelopor kebangkitan perempuan, yaitu R.A. Kartini. Tidak heran wisata Jepara juga memiliki destinasi budaya dan sejarah yang tak kalah menarik. 

Wisata Jepara kaya dengan destinasi alam dari pantai hingga perbukitan. Selain itu, kamu juga tidak bisa mengesampingkan wisata budaya dan sejarah yang penuh nilai edukasi. Kamu tingga memilih wisata alam atau sejarah, karena Jepara menawarkan destinasi wisata yang lengkap.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Jumat (7/5/2021) tentang wisata Jepara.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Jepara Pulau

Pulau Karimunjawa

Wisata Jepara yang pertama kali harus kamu kunjungi tentunya adalah Pulau karimunjawa. Siapa sih yang tidak tahu Pulau Karimunjawa? Meski terpisah dari Jepara, pulau ini masih termasuk dalam kabupaten Jepara. Kepulauan yang memiliki jarak tempuh 2-5 jam dari pelabuhan Jepara ini memiliki daya pikat yang luar biasa bagi para traveler dalam maupun luar negeri.

Karimunjawa dikenal karena keindahannya alamnya, bawah lautnya yang eksotis, serta pemandangannya yang sangat indah. Taman Nasional ini berfungsi sebagai cagar alam laut yang dilindungi.

Di salah satu wisata Jepara ini, kamu juga bisa menikmati pesona pantainya yang jernih dan cocok untuk scuba diving atau snorkeling. Ditambah dengan pasir putihnya yang eksotis di sekeliling pulau Karimunjawa. Selain itu, kamu juga bisa trekking di Hutan Mangrove sambil menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan.

Kepulauan ini ditetapkan sebagai salah satu Taman Nasional pada 2001. Tempat wisata di Jepara ini merupakan bagian dari salah satu kecamatan di Jepara dan berjarak cukup jauh, yaitu 83 kilometer di bagian utara kota Jepara. Liburan ke Jepara tentunya tidak akan lengkap bila kamu belum mengunjungi Pulau Karimunjawa ini.

Pulau Panjang

Pulau Panjang merupakan salah satu wisata Jepara yang menawarkan keindahan pulau, layaknya Karimunjawa. Kamu bisa menikmati pengalaman seru berada di pulau kecil tanpa penghuni ini. Pulau Panjang ini dapat dijangkau dari dua jalur, yaitu dari Pantai Bandengan dan Pantai Kartini dengan menaiki perahu kayu. Selama perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan laut yang sangat jernih.

3 dari 6 halaman

Wisata Jepara Pantai

Pantai Bandengan

Wisata Jepara berikutnya adalah Pantai Bandengan. Mengingat Jepara terletak paling utara di Jawa Tengah, tak heran jika kabupaten ini dikelilingi oleh pantai di sebagian besar sisinya. Salah satu pantai di Jepara yang terkenal akan keindahannya adalah Pantai Bandengan.

Pantai Bandengan identik dengan pasir putihnya yang memukau. Selain itu, kamu juga dapat menikmati indahnya pemandangan terbenamnya matahari di ufuk barat. Kamu bisa duduk di area publik di pantai atau sambil menikmati kudapan ringan di restoran-restoran yang ada di sisi laut.

Pantai Kartini

Salah satu pantai di Jepara diberi nama Pantai Kartini sebagai bentuk apresiasi dan rasa bangga yang ditujukan kepada Ibu Kartini. Di sini terdapat bangunan berbentuk kura-kura besar, yang didalamnya berisi akuarium berisi berbagai jenis ikan, kura-kura dan karang laut. Di dalamnya juga terdapat wahana bermain anak dan bioskop 3D yang cocok dijadikan alternatif tempat wisata Jepara bagi keluarga.

Pantai Bondo

Pantai ini terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri dan lebih dikenal dengan sebutan Pantai Ombak Mati. Mengapa dijuluki begitu? Karena pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang.

Bahkan sering kali pantai ini hanya terlihat seperti genangan air tanpa derai ombak sedikit pun. Kelebihannya tak cuma itu, Pantai Bondo juga memiliki sunset yang luar biasa indah.

4 dari 6 halaman

Wisata Alam Bukit dan Hutan

Bukit Ragas

Bukit Ragas merupakan wisata Jepara yang menawarkan pemandangan ala danau Kelimutu. Di sini terdapat beberapa kolam dengan warna yang berbeda-beda, yang tentunya sangat instagramable. Bukit kapur yang menjulang tinggi dan danau berwarna-warni membuat tempat ini menjadi destinasi favorit. Lokasinya berada di Desa Clering, Kecamatan Donorojo.

Hutan Sreni

Wisata Jepara selanjutnya adalah Hutan Sreni, hutan pinus yang memiliki keindahan tersendiri. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan suasana bak musim gugur. Hutan Sreni yang berlokasi di Kecamatan Nalumsari ini menawarkan pemandangan ribuan pohon pinus yang menyejukkan. Pemandangan hutan lindung ini tentunya bikin perasaan lebih tenang.

Bukit Bejagan

Bukit Bejagan adalah wisata Jepara yang menawarkan pemandangan dari ketinggian. Memiliki pemandangan alam yang menakjubkan dan udara yang menyejukkan, membuat Bukit Bejagan menjadi destinasi wisata Jepara yang bisa membuat kamu tenang. Lokasinya berada di Desa Wisata Tempur, Keling, Jepara, Jawa Tengah

5 dari 6 halaman

Wisata Jepara Air Terjun

Air Terjun Njurang Nganten

Air terjun yang terdapat di Kecamatan Pakis Aji ini masih sepi pengunjung karena keberadaannya yang tidak terlalu diketahui orang. Oleh karena itu, kondisi alamnya pun masih sangat terjaga. Di sekitar wisata Jepara ini terdapat banyak batuan alami besar yang kian menambah kesan alami dan indah.

Air Terjun Kedung Bobot

Wisata Jepara berikutnya adalah air terjun Kedung Bobot, yang berlokasi di Somosari, Batealit, Kabupaten Jepara. Air terjun satu ini menyajikan pemandangan alam yang begitu mengesankan dengan air terjun yang deras dan tentunya menyegarkan. Ditambah dengan banyaknya pepohonan mengelilingi, membuat lokasi air terjun Kedung Bobot ini semakin memesona.

Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok berlokasi di Samosari, Batealit, Kabupaten Jepara. Tapi sayang, tempat wisata di Jepara ini aksesnya cukup sulit dan ekstrem. Kendaraan bermotor hanya bisa sampai di pemukiman warga saja, selebihnya pengunjung harus berjalan kaki. Meski medannya cukup sulit, tapi sebanding dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Air Terjun Gembong

Air terjun Gembong juga menawarkan pemandangan alam alami yang menawan. Bahkan di sini kamu bisa bebas bermain air. Berlokasi di Dukuh Papasan, Bangsri, Jepara, air terjun satu ini cocok dijadikan destinasi pelepas penat yang membuat kamu kembali segar. Apalagi lokasinya juga tidak begitu sulit ditempuh, dijamin kamu akan segar kembali setelah pulang dari sini.

6 dari 6 halaman

Wisata Jepara Bangunan Sejarah

Candi Bubrah

Candi ini ada di Desa Tempur, Kecamatan Keling. Desa Tempur memang dikembangkan sebagai desa wisata dengan beragam fasilitas dan objek wisata yang lengkap. Sesuai namanya, candi ini adalah bangunan setengah jadi namun memiliki nilai sejarah yang panjang.

Masjid Mantingan

Masjid Mantingan adalah salah satu masjid tertua di Kabupaten Jepara. Masjid ini dibangun sejak Kesultanan Demak. Letaknya ada di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, tepatnya 5 km dari pusat Kota Jepara. Masjid ini dikenal dengan arsitektur bangunan yang menggabungkan beberapa unsur keagamaan.

Lokasi masjid ini juga sangat mudah diakses. Masjid Mantingan dahulu menjadi pusat penyebaran agama Islam di pesisir utara Jawa. Di dalam masjid ini juga ada air keramat yang dipercaya dapat membuat peminumnya berkata jujur.

Benteng Portugis

Jepara tidak hanya terkenal akan pantainya saja, ada juga wisata bangunan benteng, yaitu Benteng Portugis yang terletak di tepi pantai sebagai salah satu tempat wisata di Jepara yang harus dikunjungi.

Jika kamu tertarik menelusuri peninggalan sejarah Indonesia, kamu wajib memasukkan Benteng Portugis ke dalam destinasi wisata Jepara. Benteng ini dibangun pada tahun 1923 silam. Kamu bisa mampir ke benteng ini setelah bermain-main di pantai.

Museum Kartini

Museum R. A. Kartini menjadi salah satu wisata Jepara yang wajib untuk dikunjungi. Sebagai tempat kelahiran perempuan yang mencetuskan ide tentang emansipasi perempuan, keberadaannya seakan bisa kamu rasakan di Museum Kartini ini. Terletak tidak jauh dari alun-alun Kota Jepara, museum ini menampilkan barang-barang dan cerita mengenai Kartini semasa hidup.

Luas bangunan museum 890 meter persegi, berdiri di atas tanah seluas 5.210 meter persegi. Museum ini menyimpan koleksi peninggalan RA Kartini serta foto semasa hidup beliau, peninggalan RMP Sosrokartono, benda-benda yang bernilai sejarah dan purbakala yang ditemukan di wilayah Jepara, antara lain arkeologi, keramik, hasil kerajinan Jepara yang terkenal, antara lain ukir-ukiran, batik troso, keramik, anyaman bambu, dan rotan.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat kerangka ikan raksasa Joko Tuo sepanjang 16 meter dan lebar 2 meter dengan berat 6 ton yang ditemukan di Karimun Jawa.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat