uefau17.com

7 Fungsi Kalsium Bagi Tubuh, dari Tulang Sampai Otak - Hot

, Jakarta Fungsi kalsium bagi tubuh adalah bagian penting untuk banyak fungsi dasar. Kalsium memainkan berbagai peran dalam tubuh. Fungsi kalsium bagi tubuh berperan penting bagi kesehatan secara keseluruhan.

Tubuh membutuhkan kalsium untuk mengedarkan darah, menggerakkan otot, dan melepaskan hormon. Fungsi kalsium bagi tubuh juga membantu membawa pesan dari otak ke bagian lain dari tubuh. Fungsi kalsium bagi tubuh bersama dengan vitamin dan mineral lainnya, membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Tubuh tidak menghasilkan kalsium. Fungsi kalsium bagi tubuh bisa didapat dari makan makanan bergizi. Makanan yang tinggi kalsium meliputi susu dan produk olahannya, beberapa jenis ikan, sayur berdaun hijau gelap, hingga kacang-kacangan.

Fungsi kalsium bagi tubuh perlu dipenuhi setiap hari. Berikut fungsi kalsium bagi tubuh dan sumber terbaiknya, dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Jaga kesehatan tulang

Fungsi kalsium bagi tubuh yang pertama adalah menjaga kesehatan tulang. Sekitar 99% kalsium dalam tubuh manusia disimpan di tulang dan gigi. Kalsium sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. Saat anak-anak tumbuh, kalsium berkontribusi pada perkembangan tulang. Setelah berhenti tumbuh, kalsium terus membantu menjaga tulang dan memperlambat kehilangan kepadatan tulang.

Tubuh membutuhkan kalsium untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. Tulang diibaratkan sebagai penampung kalsium. Jika tidak mendapatkan cukup kalsium dalam makanan, tubuh akan mengambilnya dari tulang. Ini bisa menyebabkan masalah tulang seperti osteoporosis.

3 dari 9 halaman

Jaga kekuatan gigi

Gigi merupakan bagian dari tulang. Ini membuat gigi memerlukan kalsium untuk menjaga kekuatannya. Kalsium memainkan peran penting dalam pembentukan dan pemeliharaan kesehatan gigi dan gusi baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Kalsium berperan dalam membuat tulang rahang sehat dan kuat untuk menahan gigi pada tempatnya. Dalam hal ini kalsium membutuhkan fosfor untuk memaksimalkan manfaat penguatan tulangnya. Klsium memperkuat kulit terluar gigi yang disebut enamel dan membantu gigi melawan erosi. Konsumsi kalsium yang cukup mencegah gigi keropos dan berlubang.

4 dari 9 halaman

Dukung fungsi otak

Fungsi kalsium bagi tubuh yang tak kalah penting selanjutnya adalah untuk fungsi otak. Tubuh membutuhkan kalsium untuk mengedarkan darah, menggerakkan otot, dan melepaskan hormon. Kalsium juga membantu membawa pesan dari otak ke bagian lain dari tubuh. Kalsium adalah pembawa pesan universal dari sinyal ekstraseluler dalam berbagai macam sel.

Kalsium mengatur beberapa fungsi saraf, seperti sintesis dan pelepasan neurotransmitter, rangsangan saraf, fosforilasi, dan sebagainya. Kalsium juga terlibat dalam proses jangka panjang, seperti memori.

5 dari 9 halaman

Kontraksi otot

Kalsium membantu mengatur kontraksi otot. Saat saraf menstimulasi otot, tubuh melepaskan kalsium. Kalsium membantu protein dalam otot melakukan pekerjaan kontraksi. Saat tubuh memompa kalsium keluar dari otot, otot akan mengendur.

Fungsi kalsium bagi tubuh ini bermanfaat saat olahraga. Kalsium penting untuk kontraksi otot dan metabolisme energi. Tubuh membutuhkan kalsium untuk mengontraksikan otot dengan benar, jadi sangat penting untuk memiliki cukup kalsium dalam tubuh untuk berolahraga dengan baik.

6 dari 9 halaman

Sehatkan sistem kardiovaskular

Kalsium memainkan peran kunci dalam pembekuan darah. Proses pembekuan ini melibatkan berbagai bahan kimia, termasuk kalsium. Peran kalsium dalam fungsi otot termasuk menjaga kerja otot jantung.

Kalsium mengendurkan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah. Partikel kalsium memasuki sel otot jantung selama setiap detak jantung dan berkontribusi pada sinyal listrik yang mengoordinasikan fungsi jantung.

7 dari 9 halaman

Turunkan tekanan darah

Berbagai penelitian menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara konsumsi kalsium yang tinggi dan tekanan darah yang lebih rendah. Menurut Harvard Health Publishing, kalsium terlibat dalam penyempitan dan pelebaran (atau relaksasi) pembuluh darah, menjadikannya pemain kunci dalam menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Kalsium penting untuk tekanan darah yang sehat karena membantu pembuluh darah mengencang dan rileks saat dibutuhkan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asupan kalsium yang lebih tinggi dapat mengontrol tekanan darah bahkan pada orang yang tidak menderita hipertensi.

8 dari 9 halaman

Redakan gejala PMS

Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kalsium dapat meredakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Studi ini menyimpulkan bahwa wanita dengan gejala PMS memiliki asupan kalsium dan magnesium yang lebih rendah, serta kadar serum yang lebih rendah.

Konsumsi kalsium efektif dalam mengurangi gejala PMS. Wanita usia 19 hingga 50 tahun harus mengonsumsi 1.000 miligram kalsium sehari, dan target wanita di atas 50 tahun adalah 1.200 miligram per hari.

9 dari 9 halaman

Sumber terbaik kalsium

Susu dan produk turunannya

Susu adalah sumber terbaik dari kalsium. Makanan utama yang kaya kalsium adalah produk susu seperti susu, keju, dan yogurt.

Salmon

Tak hanya sumber protein, salmon juga kaya akan kalsium lebih dari segelas susu. Salmon baik yang dalam kondisi segar maupun kaleng keduanya memiliki lebih banyak kalsium.

Sarden

Makan tiga ons sarden akan memberi Anda 370 miligram kalsium. Selain itu, karena sarden adalah ikan, makanan ini merupakan sumber asam lemak omega-3 dan vitamin D.

Almond

Kacang almond dikemas dengan vitamin, mineral, protein, dan serat, dan dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Hanya dengan beberapa butir almond, mengandung seperdelapan dari kebutuhan protein harian.

Sayuran hijau helap

Sayuran hijau adalah sumber kalsium yang bagus. Sayuran terutama sayuran hijau seperti bayam, daun sawi, bok choy, lobak hijau, dan kale membuat tubuh menyerapnya lebih baik daripada susu.

Edamame dan tahu

Edamame dan tahu adalah merupakan sumber protein yang baik dan memberikan semua folat harian. Kedua bentuk kedelai ini juga tingg akan kalsium.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat