uefau17.com

Arti Syukron dan Cara Menjawabnya, Berikut Cara Penggunaannya - Hot

, Jakarta Arti syukron dalam bahasa Arab adalah terima kasih. Syukron merupakan kosakata dalam bahasa Arab yang dikatakan seseorang untuk mengungkapkan rasa terima kasih ketika diberi sesuatu atau mendapatkan bantuan dari orang lain.

Meski syukron merupakan kosakata dalam bahasa Arab, namun kata ini sudah cukup sering terdengar, bahkan digunakan dalam percakapan bahasa Indonesia. Arti syukron sendiri adalah ungkapan rasa terima kasih sebagai balasan terhadap budi baik yang telah dilakukan seseorang. Ini juga bisa menjadi pengingat untuk senantiasa selalu bersyukur.

Bagi Anda yang saat ini sedang belajar bahasa Arab, tentu sangat penting untuk memahami beberapa kosakata sederhana yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, salah satunya syukron. Untuk lebih memahami arti syukron dan bagaimana cara menggunakannya dalam sebuah kalimat, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti Syukron

Jika diterjemahkan dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, arti syukron adalah terima kasih. Arti syukron juga bisa dipahami sebagai rasa syukur. Sedangkan jika dilihat dari akar katanya dalam bahasa Arab, syukron berasal dari syakaro - yaskuru - syukron. Kata tersebut sering digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih.

Rasa terima kasih sendiri dapat dimaknai sebagai balasan terhadap budi baik dari seseorang bisa juga menjadi pengingat agar Anda tak lupa untuk selalu bersyukur. Mengucapkan syukron artinya terima kasih dan Anda bisa terhindar dari kufur nikmat.

Mengucapkan syukron setelah menerima kebaikan dari orang merupakan salah satu perintah, yang disebutkan dalam salah satu hadis Nabi Muhammad SAW berikut ini,

"Siapa pun yang mendapat kebaikan dari orang lain, hendaklah dia membalasnya. Jika Anda tidak dapat menemukan sesuatu untuk membalasnya, sebaiknya dia memuji orang tersebut, karena jika ia telah memujinya maka dia telah mensyukurinya. Jika dia menyembunyikannya, itu berarti bahwa "Dia menyangkal kebaikannya. Seseorang yang dihiasi dengan (kebaikan) yang tidak dia miliki, seolah-olah dia mengenakan dua helai pakaian kepalsuan." (HR. Tirmidzi)

Berdasarkan hadis tersebut, dapat dipahami bahwa arti syukron selain ungkapan rasa terima kasih adalah pujian atas kebaikan orang lain, pengakuan terhadap perbuatan baik orang lain.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Ungkapan Terima Kasih dengan Kata Syukron

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, arti syukron adalah terima kasih. Selain memiliki arti sebagai ungkapan rasa terima kasih, arti syukron juga menunjukkan sebuah pujian atas kebaikan yang telah dilakukan orang lain, serta pengakuan terhadap budi baik orang lain terhadap diri kita.

Kata syukron sendiri memang sudah cukup sebagai ungkapan rasa terima kasih. Namun masih ada beberapa ungkapan lainnya yang biasa digunakan dalam percakapan bahasa Arab yang juga dapat mewakili ungkapan rasa terima kasih. Berikut beberapa ungkapan terima kasih lainnya dalam bahasa Arab dengan menggunakan kata syukron:

  1. Syukron jazilan: Terima kasih banyak.
  2. Syukron ala: Terima kasih atas kebaikannya.
  3. Syukron ala du'aiki: Terima kasih atas doamu (untuk wanita).
  4. Syukron ala du'aiha: Terima kasih atas doanya (untuk wanita).
  5. Syukron yaa habibati: Terima kasih sayangku (untuk pria).
  6. Syukron laki: Terima kasih untukmu (untuk wanita).
  7. Syukron Laka: Terima kasih untukmu (untuk pria).
  8. Syukron ala du'ai'ihi: Terima kasih atas doanya (untuk pria).
  9. Syukron yaa habibi: Terima kasih sayangku (untuk wanita).
  10. Syukron ala du'aika: Terima kasih atas doamu (untuk pria).
4 dari 5 halaman

Ungkapan Terima Kasih Selain dengan Kata Syukron

Arti syukron adalah terima kasih. Namun, selain menggunakan kata syukron, rasa terima kasih dalam bahasa Arab juga dapat menggunakan ungkapan lain. Salah satu cara untuk membalas dan mengakui budi baik orang lain adalah dengan mendoakan kebaikannya berbalik kepada pelakunya. Maka tidak mengherankan jika ketika seseorang merasa berterima kasih, dia juga bisa mengatakannya dengan ungkapan “jazakallah khairan”. Arti jazakallah khairan terdiri dari dua kata yakni jazakallah dan khair. Jazakallah adalah istilah bahasa Arab yang digunakan untuk mengucapkan terima kasih.

Jazakallah artinya "semoga Allah membalasmu". Sementara khair atau khairan berarti kebaikan. Jadi, arti jazakallah khairan adalah "semoga Allah membalas kebaikanmu". Jazakallah khairan merupakan ungkapan terimakasih kepada orang yang berbuat baik termasuk juga bentuk syukur kepada Allah SWT. Tak hanya sekadar berterima kasih, di dalam kalimat ini terselip doa yang baik.

Pengucapan kalimat jazakallah khairan berbeda peruntukannya sesuai dengan orang yang ingin diucapkan. Jika laki-laki pengucapannya Jazakallah Khairan, jika perempuan Jazakillah Khairan, jika banyak orang Jazakumullah Khairan. Jazakallah Khairan diucapkan saat seseorang mendapan nikmat atau bantuan dari orang lain.

Selain mengungkapkan rasa terima kasih, jazakallah khairan juga menjadi doa bagi orang yang menerimanya. Jazakallah khairan bahkan bisa juga diberikan pada orang yang membenci, mencela, atau menghina. Ini bisa jadi cara menghadapi kebencian dengan kebaikan. Jazakallah Khairan biasanya diucapkan setelah seseorang mendapat ucapan tabarakallah. Secara harfiah arti tabarakallah adalah "semoga Allah memberkahimu". Arti Tabarakallah juga merujuk pada kekaguman yang ditujukan untuk segala makhluk ciptaan Allah SWT. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

Cara Membalas Ucapan Syukron

Arti syukron adalah terima kasih. Kata tersebut biasanya diucapkan oleh seseorang yang baru saja menerima perbuatan baik dari orang lain. Syukron dikatakan sebagai bentuk balasan atau pengakuan atas budi baik orang lain. Lalu bagaimana kita harus membalas ungkapan tersebut jika orang lain mengatakannya?

Sebagaimana dalam bahasa Indonesia, di mana ucapan "terima kasih" dibalas dengan ucapan "sama-sama" atau "terima kasih kembali," ucapan syukron pun hendaknya juga dibalas dengan jawaban yang baik. Arti syukron adalah terima kasih, dan balasan untuk ucapan tersebut adalah  “afwan”. Afwan artinya adalah sama-sama, dan bisa digunakan sebagai jawaban dari ucapan syukron dalam komunikasi. Afwan juga bisa digunakan untuk menunjukkan kerendahan hati sebagai orang yang menerima ucapan terima kasih.

Sementara itu, jika kamu mendapat ucapan jazakallah khairan, penting untuk membalasnya dengan ungkapan baik pula. Apalagi, kamu paham arti jazakallah adalah “Semoga Allah membalas kebaikanmu”.

Oleh karena itu, kamu bisa membalas atau menjawabnya dengan kalimat wajazakallahu khairan yang artinya semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan.

Selain itu, kamu juga bisa menjawab dengan kalimat Wa iyyaka (untuk laki-laki) yang "artinya dan kebaikan untukmu juga" atau wa iyyaki untuk perempuan. Selain kalimat ini kamu juga bisa mengamini kalimat jazakallah khairan, karena itu merupakan doa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat