uefau17.com

Persatuan adalah Kunci Perdamaian, Kenali Manfaat dan Prinsipnya - Hot

, Jakarta Persatuan adalah salah satu upaya untuk memaknai perbedaan. Dalam kehidupan sosial, persatuan adalah kebalikan dari perpecahan. Persatuan adalah cara untuk melawan perpecahan.

Melalui persatuan, akan terbentuk kesatuan dalam masyarakat. Persatuan adalah komponen penting bagi masyarakat dan sebuah bangsa. Kekuatan sebuah bangsa selalu dibangun dengan persatuan.

Dalam bermasyarakat, persatuan adalah lambang dari kebersaaan. Oleh karena itu persatuan dan kebersamaan selalu berdiri beriringan. Persatuan adalah pembawa kehidupan harmonis bagi semua lapisan masyarakat.

Di sisi lain, masih banyak masyarakat yang belum memahami pentingnya menjaga persatuan. Padahal, persatuan adalah konsep yang harus dimiliki untuk menciptakan perdamaian. Berikut pengertian tentang persatuan, dirangkum dari berbagai sumber, Senin(25/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa itu persatuan?

Persatuan adalah komitmen untuk besatu atas misi yang sama, rasa solidaritas, kurangnya konflik, dan sikap yang umumnya positif terhadap orang lain dalam kategori sosial seseorang. Menurut KBBI, persatuan adalah gabungan beberapa bagian yang sudah bersatu.

Persatuan adalah perihal bersatu yang bisa berwujud ikatan, kumpulan, dan sebagainya. Banyak cerita dan kejadian nyata yang membuktikan bahwa persatuan selalu membawa kehidupan yang harmonis dan memuaskan bagi semua. Persatuan adalah salah satu pendukung pembangunan nasional.

Manusia harus berdiri bersama karena persatuan tidak hanya memberi kekuatan tetapi juga penting untuk kelangsungan hidup. Jika masyarakat tetap bersatu, sebuah masyarakat tidak akan mudah terpecah.

3 dari 7 halaman

Perbedaan persatuan dan kesatuan

Persatuan merupakan istilah yang selalu beriringan dengan kesatuan. Meski sama-sama berkonsep tentang satuan, keduanya memiliki makna berbeda. Menurut KBBI, kesatuan adalah keesaan atau yang bersifat tunggal.

Jika persatuan merupakan proses bersatunya masyarakat, kesatuan adalah wujud dari bersatunya masyarakat. Singkatnya, persatuan adalah hasil dari kesatuan yang sudah terbentuk.

4 dari 7 halaman

Keuntungan persatuan

Adanya bantuan dan dukungan

Dengan persatuan, orang-orang saling membantu dan memberikan dukungan moral serta finansial ketika dibutuhkan. Di sisi lain, hidup dalam keterasingan akan membuat siapa pun merasa insecure dan introvert.

Adanya bimbingan yang baik

Dengan persatuan, tiap individu akan saling membantu. Ini membuktikan, jika tetap bersatu, maka seseorang bisa bimbingan dari orang lain baik untuk urusan pribadi maupun profesional.

Pertumbuhan yang tepat

Persatuan baik untuk pertumbuhan masyarakat. Persatuan juga juga bisa menjadi pembangun bangsa. Ini juga baik untuk keluarga khususnya dan perkembangan anak secara menyeluruh.

5 dari 7 halaman

Keuntungan persatuan

Sumber motivasi

Ketika bekerja sama, seseorang termotivasi dan didorong untuk bekerja lebih keras. Juga, persatuan mendorong satu sama lain untuk mencapai tujuan dan ini berfungsi sebagai faktor motivasi yang hebat.

Prestasi yang lebih besar

Ketika bekerjasama dan bersatu sebagai sebuah tim, seseorang mampu mencapai tujuan yang lebih besar yang mungkin tidak mungkin dilakukan sendirian.

Memerangi perpecahan

Memerangi perpecahan menjadi lebih mudah ketika ada lebih banyak orang yang terlibat. Banyak kejahatan sosial dan praktik tidak adil telah diperangi dan diberantas di masa lalu hanya karena persatuan di antara orang-orang.

6 dari 7 halaman

Pentingnya persatuan

Menjadi pelindung

Persatuan melindungi dari semua perbuatan jahat. Dalam bermasyarakat, sebagai manusia harus saling membantu dan bersama-sama. Inipenting untuk melawan dan menghadapi hal-hal jahat dan negatif.

Persatuan memberi keberanian

Setiap kali melihat ketidakadilan, kamu mungkin merasa ingin melawan. Tetapi pada saat yang sama kamu merasa takut. Tetapi pada saat yang sama ketika mendapat dukungan, kamu menjadi berani dan berdiri melawan ketidakadilan itu dan menghadapinya. Kamu mendapatkan keberanian itu karena tahu bahwa kamu memiliki orang-orang yang berdiri di belakangmu. Persatuan akan mendukung melawan ketidakadilan itu.

Membuat perubahan

Persatuan memberi kebebasan, persatuan menciptakan menang, persatuan membuat semua bisa bekerja. Di dunia ini kamu akan bertemu orang yang berbeda. Setiap orang yang berbeda akan mengetahui sesuatu yang tidak diketahui maka dengan saling memahami orang dapat belajar melalui satu sama lain.

Membantu tumbuh

Tidak ada yang bisa tumbuh sendiri, jika kamu ingin mengembangkan sesuatu, kamu menginginkan anggota tim, jika ingin mencapai sesuatu yang besar dalam hidup, kamu harus berjalan bersama. Seperti yang dikatakan jika ingin tumbuh dan ingin pergi jauh maka kamu harus bergerak bersama.

7 dari 7 halaman

Prinsip persatuan dan kesatuan di Indonesia

Dirangkum dari Bola.com, prinsip dalam arti penting persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia adalah:

Bhinneka Tunggal Ika

Di Indonesia, salah satu prinsip persatuan adalah Bhinneka Tunggal Ika. Melalui Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia akan menjauhkan diri dari sikap-sikap mementingkan kelompok sendiri, sukuisme, dan fanatisme yang berlebihan sehingga dapat terhindar dari perpecahan bangsa.

Nasionalisme

Nasionalisme adalah salah satu prinsip untuk mewujudkan persatuan. Melalui penerapan prinsip nasionalisme, seseorang akan rela berkorban, mendahulukan kepentingan bersama dari kepentingan pribadi atau kelompok/golongan, serta menempatkan sikap persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi.

Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Kebebasan yang bertanggung jawab berarti setiap orang diberikan kebebasan untuk bertindak dan bersikap sesuai dengan kemauannya, tentunya tanpa menyalahi Hak Asasi Manusia sehingga orang yang melakukan kebebasan tersebut harus bisa bertanggung jawab dan tidak sampai merugikan orang lain.

Wawasan Nusantara

Melalui wawasan nusantara, Bangsa Indonesia ditempatkan dalam kerangka satu kesatuan politik, sosial, budaya, serta pertahanan keamanan. Dengan begitu, Bangsa Indonesia akan merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa, dan setanah air, serta memiliki satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.

Semangat Persatuan untuk Mewujudkan Cita-cita Proklamasi

Di dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, terdapat wujud cita-cita proklamasi. Cita-cita tersebut adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dalam wadah NKRI. Untuk mewujudkan cita-cita proklamasi tersebut, dibutuhkan persatuan dan kesatuan dari seluruh warga Indonesia.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat