uefau17.com

14 Obat Ketombe Alami, Redakan Gatal dan Perih di Kulit Kepala - Hot

, Jakarta Ada banyak macam obat ketombe alami yang cocok untuk mengobati sekaligus mencegahnya datang kembali. Obat alami ini bekerja mengurangi minyak, melembapkan, dan meredakan penyebab ketombe lainnya.

Ketombean merupakan kondisi ketika kulit kepala mengalami pengelupasan berlebih, bikin gatal dan perih. Penyebab lain yang mendasari ketombe adalah jamur, eksim atopik, alergi, dan peradangan kronis.

Nah, obat ketombe alami mampu bekerja menghilangkan penyebab ketombe lain ini. Khasiatnya berasal dari sifat antiinflamasi, antijamur, antiperadangan, antiseptik, abrasif, dan sitotoksik. Lalu kandungan vitamin E, C, dan berbagai mineral lain.

Bahan yang digunakan untuk obat ketombe alami dan memiliki kemampuan luar biasa pada kulit kepala mudah sekali ditemukan. Hanya terdiri dari minyak essensial, bumbu dapur, dan tanaman herbal.

Berikut ulas obat ketombe alami dari berbagai sumber, Senin (14/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Obat Ketombe Alami

Minyak Zaitun

Minyak zaitun tak hanya digunakan untuk masak, tapi juga perawatan rambut terutama. Terutama untuk mengobati masalah ketombe basah dan kering.

Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala lalu pijat lembut kepala hingga minyak zaitun meresap. Lalu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kecantikan. Salah satunya untuk mengobati masalah ketombe. Lidah buaya akan bekerja menyegarkan kulit kepala sekaligus menghilangkan ketombe.

Caranya adalah dengan menghaluskan daging lidah buaya, lalu ratakan ke permukaan kulit kepala dan pijat kelapa. Biarkan lidah buaya meresap selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

Minyak Almond

Kandungan vitamin E yang ada pada minyak almond kerap digunakan untuk mengatasi masalah kulit kepala dan rambut. Tak heran jika minyak almond banyak digunakan sebagai obat ketombe alami. Kemampuan minyak almond untuk meredakan kekeringanlah yang membuatnya bisa dijadikan obat ketombe.

Aplikasikan minyak almond secara merata ke kulit kepala. Pijat kulit kepala dengan lembut dan perlahan sampai minyak almond terasa meresap. Biarkan hingga 30 menit. Terakhir, bilas menggunakan air hangat.

3 dari 7 halaman

Obat Ketombe Alami

Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya vitamin C, B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, magnesium, dan masih banyak lagi. Vitamin yang terdapat dalam jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut dan juga membantu untuk membasmi ketombe.

Jeruk nipis akan bekerja menyerap produksi minyak berlebih pada rambut, sehingga masalah ketombe teratasi dengan baik. Caranya, dengan mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air secukupnya dan mengoleskan pada kulit kepala. Biarkan selama beberapa saat lalu bilas menggunakan air bersih.

Bawang Merah

Bawang merah merupakan obat ketombe alami yang mudah ditemukan di rumah. Bawang ini memiliki kemampuan menutrisi kulit kepala dengan baik. Tidak hanya itu, tetapi juga bagus untuk menguatkan folikel rambut.

Cara menghilangkan ketombe dengan bawang merah sudah di pakai sejak jaman nenek moyang terdahulu. Penerapannya cukup haluskan bawang merah, lalu oleskan ke kulit kepala dan bilas hingga bersih.

4 dari 7 halaman

Obat Ketombe Alami

Cuka

Cuka yang biasa digunakan sebagai bahan masakan, kini juga bisa menjadi cairan untuk obat ketombe alami. Cuka yang bersifat abrasif mampu menghilangkan kulit mati yang terkelupas di kulit kepala.

Namun, jangan gunakan cuka terlalu banyak, batasi penggunaannya karena cukup keras. Siapkan 1 sdt cuka. Oles secara merata ke seluruh kulit kepala. Diamkan dahulu selama beberapa saat. Bilas menggunakan air hingga bersih.

Garam

Garam adalah salah satu obat ketombe alami yang sangat efektif. Bumbu dapur yang satu ini memiliki kemampuan untuk eksofoliasi kulit dengan baik. Jika digunakan pada kulit kepala, maka kerak akibat ketombe bisa dihilangkan.

Penerapannya sangat mudah. Hanya perlu menggosokkan kulit kepala dengan sedikit garam, lalu bilas kepala hingga bersih. Garam bersifat scrub sehingga mampu menganggkat kulit mati.

5 dari 7 halaman

Obat Ketombe Alami

Minyak Jarak

Minyak jarak memiliki sifat mengurangi peradangan. Minyak ini cocok dijadikan sebagai obat ketombe alami yang disebabkan oleh dermatitis seboroik. Selain itu, mengoleskan minyak jarak ke kulit kepala akan membantu melembapkan kulit yang kering dan teriritasi dan dapat membantu mengurangi pengelupasan.

Kulit membutuhkan waktu untuk menyerap minyak jarak sepenuhnya, tetapi mengencerkan minyak dapat meningkatkan penyerapan ke dalam kulit. Minyak jarak bisa diencerkan dengan minyak zaitun atau minyak almond. Aplikasikan minyak ini ke kulit kepala sambil dipijat ringan.

Minyak Jojoba

Minyak alami untuk atasi ketombe yang terakhir adalah minyak jojoba. Selain memperkuat folikel rambut, kandungan asam oleat dan vitamin E minyak jojoba membantu mencegah kulit kepala kering dan mengelupas.

Kemampuan-kemampuan itulah yang membuat minyak jojoba cocok digunakan untuk obat ketombe alami. Minyak inipun baik untuk psoriasis pada kulit kepala. Minyak jojoba juga aman diaplikasikan langsung ke kulit atau dicampurkan pada sampo.

6 dari 7 halaman

Obat Ketombe Alami

Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah minyak esensial yang berasal dari tanaman Melaleuca alternifolia. Minyak ini mengandung senyawa yang disebut terpinen-4-ol yang memiliki sifat antimikroba yang kuat. Sifat ini yang menjadikannya efektif untuk obat ketombe alami.

Menggunakan tea tree oil dapat membantu mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala. Caranya dengan campur satu sendok makan tea tree oil. Tambahkan dalam satu cangkir air hangat, lalu semprotkan ke area kepala.

Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki salah satu kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu acetogenin. Kandungan acetogenin pada daun sirsak merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik.

Tanaman herbal yang satu ini dikenal sangat beracun untuk serangga dan kutu. Kemampuan ini yang membuatnya dapat dijadikan obat ketombe alami. Kulit kepala terhindar dari berbagai serangan serangga pemicu ketombe.

Siapkan beberapa lembar daun sirsak. Tumbuk hingga halus. Tambahkan air sedikit. Oles merata di seluruh bagian rambut. Diamkan 30 menit. Bilas menggunakan air bersih.

7 dari 7 halaman

Obat Ketombe Alami

Minyak Serai

Minyak serai memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi ketombe. Ada sebuah studi yang terbit tahun 2015, tonik rambut yang mengandung 10 persen minyak serai dapat mengurangi ketombe hingga 81 persen setelah dua minggu.

Seperti tea tree oil, minyak serai dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi jika seseorang mengoleskannya langsung ke kulit. Minyak serai harus diencerkan terlebih dahulu atau dicampur dengan sampo atau kondisioner.

Minyak Argan

Minyak argan memiliki sifat anti jamur. Ini bisa membantu mengatasi ketombe yang disebabkan oleh jamur. Minyak argan bersifat anti inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit.

Sifat ini baik dijadikan obat ketombe alami yang disebabkan kondisi psoriasis dan dermatitis seboroik. Minyak argan bisa diaplikasikan langsung ke kulit kepala. Bisa juga dicampur ke dalam masker rambut, sampo, atau kondisioner.

Minyak Kayu Cedar

Minyak kayu cedar mengandung anti-septic dan anti-sboroik, membuatnya efektif dijadikan sebagai obat ketombe alami. Penerapannya baik digunakan ketika malam hari sebelum tidur.

Campurkan 6 tetes minyak kayu cedar dengan 6 tetes minyak esensial rosemary dan 4 tetes minyak cypress. Bisa juga dengan menambahkan 50 ml minyak zaitun sebagai campuran.

Aplikasikan ke kulit kepala sambil lakukan pijatan secara lembut. Biarkan semalaman. Bilas sekaligus keramas di pagi hari. Lakukan dengan teratur agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat